Powered by Blogger.
RSS

Friday, December 27, 2013

Sosis Solo suwiran ayam

Posted by mimie at 4:23 PM


assalammualaikum....
sosis solo ini salah satu panganan yang udah lama ingin aku buat.
mirip risoles tapi beda isi.
risoles berisi rogout dan kentang, kalau sosis solo berisi daging atau ayam.
sama sama enak... apalagi ini gorengan...
nggak ada yang nolak kalau di rumah.

resepnya nemu di blog bunda rikche.
hanya saja aku memodif sesuai seleraku.
aku menambahkan saos tiram dan kecap asin.
aku tambahin irisan wortel yang ku iris korek api. supaya lebih sehat... :)
juga mengganti air dengan santan.
hasilnya lemak gurih gimana gitu.
kulitnya lembut karena menggunakan telur lumayan banyak.
izin copy resepnya ya mbak rikhe... ^_^



SOSIS SOLO
rujukan resep : bunda rickhe

Bahan kulit :
300 gr tepung terigu segitiga/cakra
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk (aku nggak pake)
1 sdm gula pasir
4 bh telur ukuran besar, kocok lepas (aku pake 3)
700 ml air (aku pake santan cair)
3 sdm margarin, lelehkan

Bahan Isi:
500 daging sapi giling, haluskan (daging ayam direbus, suwir dan haluskan)
1 buah wortel. iris korek api
5 btr bawang merah,haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus
1,5 sdt garam (sesuai selera)
1 sdt gula pasir
1/4 merica bubuk
1/4 ketumbar bubuk
100 ml air (aku pake santan cair)
2 sdm minyak utk menumis
1 sdm kecap asin
1 sdm saos tiram

Pelapis:
1-2 butir telur, kocok lepas


Cara membuat:

Isi : Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna.
Tuang air, masukkan garam, gula, merica, ketumbar bubuk. Aduk rata.
Masak hingga airnya kering sambil sesekali diaduk.
Masukkan daun bawang, masak sebentar: Matikan api. Cicipi. Tambahkan bumbu jika ada yang kurang.

Kulit:
Campur terigu, garam, gula dan merica bubuk. Aduk rata.
Masukkan telur dan tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan hand whisk sampai halus. Saring biar tidak bergerindil.
Panaskan wajan anti lengket, oles dengan sedikit margarin, dadar adonan hingga habis.
Ambil selebar kulit, beri isi daging, lipat dan gulung. Celupkan ke kocokan telur, goreng hingga kekuningan..





8 comments on "Sosis Solo suwiran ayam"

Hana on December 27, 2013 at 6:08 PM said...

heummmm enakkk....lama g buat sosis solo^^

Rina Audie on December 28, 2013 at 9:59 AM said...

nyam-nyam....makan sosis sambil nyeplus cabe. Paling udah habis juga nih ^_^

mimie on December 28, 2013 at 1:48 PM said...

to Hana : ini juga pertama kali bikin sosis solo... ehehe
enak ternyata.... ^_^

mimie on December 28, 2013 at 1:48 PM said...

to mbak riana audie : hahah....iya mbak... sore langsung ludes... :)

Ummu Fatima on December 30, 2013 at 10:56 AM said...

nyam nyam...mau banget kalo dikirimin ^^

mimie on December 30, 2013 at 3:00 PM said...

to Ummu Fatima : udah habis umm... ^_^

zila norazila on January 7, 2014 at 10:20 AM said...

Kotaknya cantik la mimie..

mimie on January 8, 2014 at 3:33 PM said...

to zila norazila : heheh... buat sendiri tu kak.... ^_^

Post a Comment