Powered by Blogger.
RSS

Saturday, December 21, 2013

brownies ketan hitam

Posted by mimie at 12:54 PM


assalammualaikum wwb....
apa kabar sahabat jasmin kitchen.... ^_^
semoga selalu sehat hendaknya ...

udah hampir 3 minggu ya nggak jamah blog .
rindu terasa... ^_^

kali ini aku postingin bronketem . alias brownies kukus ketan hitam.
resep dari bunda rickhe yang memang udah terkenal di dunia baking2an,
hallo mbak rickhe yang di korea...anyeong haseyo...
sampaikan salamku ke BIGBANG yo.... xixixix

dan bener , seperti kata mbak rickhe...kue ini bikin termehek mehek...
enak...lembut.
dan menjadi salah satu barang daganganku juga.
ijin share resepnya ya mbak...
barakallah..... ^_^ 





BROWNIES KUKUS KETAN HITAM

resep : bunda rickhe


Bahan:
6 butir  telur
200 gr   gula pasir
1 sdt     emulsifier
1/4 sdt  garam
1 sdt     vanilla
2 sdm   susu kental manis
250 gr   tepung ketan hitam
20 gr     coklat bubuk
100 gr   dark cooking chocolate (DCC)
200 gr   minyak goreng/mentega dilelehkan
Coklat meises (rice chocolate) secukupnya untuk filling

Cara Membuat:
1.  Panaskan Kukusan, jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan serbet, karetin dah:)
2.  Lelehkan DCC. Masukkan SKM, aduk rata. Masukkan minyak goreng, aduk rata dan dinginkan.
3.  Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, kental dan berjejak.
4.  Ayak tepung ketan hitam, cokelat bubuk & vanili dan masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk 5. balik dengan spatula.
5.  Masukkan lelehan DCC bertahap sambil dikocok mixer kecepatan rendah sampai rata.
6.  Tuang 1/2 adonan ke dalam loyang 20x20x7 yang telah dioles margarin dan dialasi kertas roti.
7.  Kukus 10 menit, taburi dengan meises sampai rata secukupnya, tuang 1/2 bagian adonan sisa dan kukus kembali 20-25 menit hingga matang (tes tusuk)
8.  Angkat dan langsung keluarkan dari loyang. Biarkan dingin, potong-potong dan sajikan.






ini adalah sticker jasmin kitchen...
semoga lancar kedepannya.
hasil desain mas jujuk suwandono dari TEMPLATE MANIS
makasih mas...
love it.... ^_^



12 comments on "brownies ketan hitam "

Hana on December 21, 2013 at 2:35 PM said...

look so yummieee ^^

Lina IbunyaAzRaf on December 21, 2013 at 10:15 PM said...

permisiiiiii....

*bawa piring...

mimie on December 22, 2013 at 12:46 PM said...

to Hana : inded.....
beneran nggak nyesel nyoba resep bunda rikche,,,, :)

mimie on December 22, 2013 at 12:47 PM said...

to Lina IbunyaAzRaf : heheh..... silahkan antri ya bu.... ^_^

Rina Audie on December 22, 2013 at 12:48 PM said...

cetarrrr.....aku beberapa hari terakhir motret gelap, begitu liat pic di atas langsung mak byarrr, terang benderang.
Pic paling atas cakep komposisi letaknya. Seimbang gitu, atas bawah, kanan kiri, ok diliat. Kapan-kapan aku contek ya ide motretnya itu...

mimie on December 22, 2013 at 1:13 PM said...

to mb rina audie. :
aku kalau motrek yang terang gini malah mati gaya mbak...
ilang semua ide..nggak kayak motrek yg gelap2.... ^__^
aku tunggu fotonya mbak...pasti lebih cetar.... ^_^

Lina IbunyaAzRaf on December 22, 2013 at 7:59 PM said...

aku kan sabar mengantri... ^^
Itu topping'y WCC ya mba? cara'y gmn ya? Maklum, msh males macem2in cake... Hehehe...

zila norazila on December 23, 2013 at 1:23 AM said...

Mimie stickernye cantik..moga biz bertmbuh sucsess..fotonyapun akk suka..snang mata mmndg..

mimie on December 23, 2013 at 4:40 PM said...

to Lina IbunyaAzRaf : hehhe.... iya itu WCC, tinggal di cairkan dan di coret2kan di atas kek mbak... ^_^

mimie on December 23, 2013 at 4:41 PM said...

to kak zila norazila : amin...terima kasih kak zila... ^_^

Lina IbunyaAzRaf on December 25, 2013 at 7:24 PM said...

dicairkan dg cr double boiler gitu ya say? Ga d campur apa2? Trs lama ga mengeras'y?

*emak norak... :D

mimie on December 25, 2013 at 7:43 PM said...

to Lina IbunyaAzRaf :
iya mbak... pake tehnik itu.
hihii....tapi kalau coklat putih nggak boleh terlalu panas ya mbak airnya.
cukup hangat saja. sekitar 40 -50 derjat.
kalau terlalu panas airnya malah nggak mau cair coklatnya.

Post a Comment