Powered by Blogger.
RSS

Sunday, June 2, 2013

GADO GADO PADANG

Posted by mimie at 8:28 PM

Assalammualaikum wwb...
kali ini postingannya gado2.
mungkin di tempat lain hampir sama saja gado gado.
potongan tahu, kentang kukus, selada timun, toge dan telur rebus. bumbunya pun di ulek(giling mentah) kecuali kacang tentunya.
tapi di tempatku sedikit berbeda. gado gado ada mie kuning nya.
dan bumbunya di masak bersama santan.
dan baru tau ternyata namanya gado2 padang. 
kirain semua gado2 sama namanya...eheheh

resepnya sih aku lihat di sajian sedap.
tapi aku modif sesuai cara di tempatku
cabe dan bawangnya aku goreng terlebih dahulu. baru di giling.
setelah itu di tumis dan tuangi santan dan kacang.
bumbu kacangnya menjadi sedikit berminyak dan kental.
hayukkkkkk mbaknyaaaa....di coba...
sebut namaku 3 kali... di jamin enak.....hihihihi... :P        





 GADO GADO PADANG
resep : sajian sedap

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

150 gram kol, diiris halus
5 lonjor kacang panjang, dipotong 3 cm, direbus
6 lembar daun selada, disobek-sobek
100 gram taoge, diseduh air panas sebentar
1 buah ketimun, dipotong 4 memanjang, dipotong-potong
100 gram kentang, dikukus, dipotong kotak
telur rebus, dipotong-potong
100 gram mi telur, direbus
kerupuk merah
bawang goreng untuk taburan 



Bahan Saus Kacang:
250 gram kacang tanah, digoreng, dihaluskan
5 buah cabai merah keriting
2 buah cabai merah besar
1/2 sendok teh terasi, digoreng (aku skip)
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica (aku skip)
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 1/2 sendok teh garam
2 sendok teh gula merah
2 sendok teh air asam, (dari 2 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air)
550 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis 





Cara Pengolahan:

  1. Saus kacang: haluskan cabai merah keriting, cabai merah besar, terasi, bawang merah, bawang putih, dan merica.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Tambahkan kacang tanah. Aduk rata.
  3. Masukkan santan, garam, gula merah, dan air asam. Masak sampai kental.
  4. Sajikan bahan dengan disiram saus kacang. Tabur bawang goreng dan kerupuk merah.


17 comments on "GADO GADO PADANG"

Rina Audie on June 3, 2013 at 5:26 AM said...

Gado gado pake santan pasti wuenak nih. Kalo di ciledug gado gadonya pake lontong. Makan seporsi langsung kenyang...

analisa on June 3, 2013 at 5:35 AM said...

lagi2 kagum sama kerjanya si mbep... beniingg....

mimie on June 3, 2013 at 9:23 AM said...

to mb RINA AUDIE : pake santan rasanya jadi lebih lemak mb rina...
kalau di tempatku pake mie kuning mbak..sama... makan sepiring langsung kenyang juga..hihii

mimie on June 3, 2013 at 9:24 AM said...

TO ANALISA : hihihi,,,,, jangan naksir mbep ya ....^_^

Annadina on June 3, 2013 at 1:08 PM said...

suka banget gado2, tapi belum pernah yg versi padang gini, kapan2 harus dicoba nih... :)

mimie on June 3, 2013 at 1:41 PM said...

TO ANNADINA : hayuk di coba mbak... :)

Ummu Fatima on June 3, 2013 at 6:34 PM said...

ga tahan klo liat gado-gado...bisa bolak balik makan :)

Ayu Mardiyani on June 3, 2013 at 8:28 PM said...

Lah di medan gado2 jg pake santen mbak. Baru tau ada gado2 bumbunya mentah. Hehe

mimie on June 4, 2013 at 9:12 AM said...

TO UMMU FATIMA : kalau di rumahku agak kurang umm. pada doyan pecel .eheheh ^_^

mimie on June 4, 2013 at 9:13 AM said...

TO AYU MARDIYANI :kalau di daerah jawa mentah yuk...pernah lihat di tv. kata mega juga gado2 di jakarta bumbunya mentah.

dwek on June 17, 2013 at 4:14 PM said...

mbak, alasnya dapet darimana ? mau dooong....
aku pengen alas ini udah sejak lama... tapi kalau gado-gado siiih... mau banget tapi jangan sepiring yaaa.... hahahaaa.....

mimie on June 18, 2013 at 10:27 AM said...

TO MBAK DWEK : wahahah..alasnya beli di warung. bekas karung kacang tanah mb dwek..
kalau deket aku kasi deh... aku punya 2...eheh

dwek on June 18, 2013 at 12:54 PM said...

maaaaauuuuuu.....
karung gonikah mbak ?
aku mau cari di pasar johar lupa & nggak sempat trus :D

mimie on June 18, 2013 at 1:48 PM said...

TO MBAK DWEK : iya...karung goni. pilih yang masih bersih mbak. di tempatku 2000 rupiah.

dwek on June 20, 2013 at 11:38 AM said...

2000 rupiah per karung goni ya ? kirain sampe 10rb-an alias mahal mbak....
btw mbak, fb nya ga aktif ta ?

mimie on June 21, 2013 at 9:40 AM said...

TO DWEK : iya mbak cuma 2000 rupiah... murah meriah. buanyakkk di warung2 grosir di tempatku mbak.
fb emang lg di nonaktifkan sementara mbak... ^_^

dwek on June 21, 2013 at 12:32 PM said...

murah ya mbak, kalo di semarang kata penjual di pasar, karung goni udah mahal mbak karena udah langka...

Post a Comment