Powered by Blogger.
RSS

Tuesday, September 17, 2013

jjampong / jjambong korea ala mie tektek jasmin's Kitchen

Posted by mimie at 4:09 PM


fotonya dulu ya.....
ini juga gara2 mb rina audie postongin mie goreng mawut yang bikin eikeh kalut pengen nyebur ke laut.... #halllahhhh
saya cari wansit dl ke gunung salak buat nambah semangat ngetik2.....eheheh


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
deg..gedeg....gedeg...... gedek......... eikeh turun dari guning salak......
hahahha..... kebiasaan ya.... uplot foto trus ngacir nggak nulis resep.....
okeh2.....  kali ini saia cerita soal si jjambong ini dulu.
awalnya nonton acara variety show korea Running Man dengan guess BIGBANG...
ada yang tau bigbang..... hehehhe
mungkin yang tau cuma mega dan ayu aja ya...
di acara itu ada yang req jjambong....
makanan korea yang berwarna merah menyala.. ada mie, dan aneka sea food.
dan tentunya pedes... eh...bener nggak ya... ???
setidaknya begitu yang saia baca di ajeossi gugel.... :P


karena lihat jjambong tersebut, langsung terngidam ala emak2 lagi hamil muda...
apa daya.... cabe khas korea nggak ada ,jadi saia menggunakan cabe kering agar warna merahnya menyala...
terhasillah.... jjambong ala saya..... jjambong versi derhaka.... KW 10 ....ehehehh

motreknya kali ini pake tabur2 aja bahan2nya.... 
yang penting kayak dapur mau pecah gitu ceritanya... tapi aslinya sih nggak jauh beda ,,,, :P    

    

jangan lupa...beli mie kuning yang agak besar ya.
di tempatku banyak pabrik mie.... tapi ada satu pabrik di jln Gajah mada yang dari dulu terjamin rasanya.
kalau yang lain agak bau/rasa kapur sirih ...

campurannya bisa menggunakan ayam, kerang, jamur atau tahu kayak aku.... 

bisa juga sosis atau bakso.
penggunaan kecap ikan dan saos tiram juga menambah rasa.
untuk pedasnya disesuaikan selera....

cekibrotttttt resepnya :

bahan :

1/2 kg mie  kuning besar
jamur hioko kering ( rendam air panas, iris2)
daging ayam ( potong kotak)
bakso (belah dua)
tahu goreng (iris2)
1 batang bawang prai (iris serong)
1/2 buah bawang bombai (potong2 kotak kecil)
2 sdm mentega untuk menumis
1 sdm tepung terigu
1 sdm kecap ikan
1 sdm saos tiram
1 sdm kecap manis
air secukupnya (jika ingin kuah lbh banyak, lebihkan air)

bumbu halus :

2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 sdt merica
1/4 pala
5 buah cabe kering ( rendam air panas)
5 buah cabe merah keriting




cara membuat :

1. tumis bawang prai, bawang bombai hingga wangi. masukkan bumbu halus, tumis hingga harum.
2. masukkan saos tiram, minyak ikan , kecap manis dan terigu. tuang air.
3. masukkan bahan2 pelengkap seperti ayam , jamur , tahu dan sosis. biarkan ayam hingga matang.
tuang air lagi bila air menyusut.lakukan tes rasa.
4. masukkan mie. aduk2 sebentar.
5. hidangkan panas...







18 comments on "jjampong / jjambong korea ala mie tektek jasmin's Kitchen "

Bunda Calista on September 17, 2013 at 4:40 PM said...

wah, jauh banget cari wangsitnya mba...? heee...

Maydina Safitri on September 17, 2013 at 5:14 PM said...

selalu menggoda lihat mie, jadi kepingin >_< ehhee

Rina Audie on September 17, 2013 at 5:50 PM said...

aku mulu ya yang jadi biang keroknya, hehehe...
emang sengaja manas-manasin biar rajin motret gitu...^_^

Ayu Mardiyani on September 17, 2013 at 11:19 PM said...

jam 11 malem main ke sini dan liat mie itu bukan tindakan yang baik. tiba2 lapeeeeerrr (lagi). kuahnya manteeepp. ayo segera posting resep, biar bisa dicoba :D

Lina IbunyaAzRaf on September 18, 2013 at 8:12 AM said...

ngeledek banget nih mie nya... Pake ada yg ngelawir lagi... Hmmmm... Tak comot baru tau rasa ya...!!!

*mupeng...

Ummu Fatima on September 18, 2013 at 9:36 AM said...

jadi lapeerr...

mimie on September 18, 2013 at 10:00 AM said...

to Bunda Calista :

hahhah.... iya mb...biar semangat ngeblog nih...

mimie on September 18, 2013 at 10:00 AM said...

to Maydina Safitri :

ayo ke dumai,,,saia bikinin... ^_^

mimie on September 18, 2013 at 10:01 AM said...

to Rina Audie :

iya nih...mb rina selalu manas2in sm resep2 ajibnya...
bawaanya laper kalau ke dapur manis ..eheheh

mimie on September 18, 2013 at 10:02 AM said...

to Ayu Mardiyani :
udah tuh resepnya....
nyok di coba yu... pilih mie yg kualitas bagus ya... :)

mimie on September 18, 2013 at 10:03 AM said...

to : Lina IbunyaAzRaf

monggo di comot mbak.... ^_^

mimie on September 18, 2013 at 10:04 AM said...

to Ummu Fatima :

kalau lihat nama ummi jadi ingat punya utang ttg mie udon ...
hihihi.... keder baca step2 nya umm...jadi batal deh niat ber'udon ria...

Eby Prabowo on September 18, 2013 at 1:43 PM said...

Haaaaahhhhh...bigbang,,,,luv yu,,,
olahan apapun dalam bentuk mie,,,saiyah sukkya...
nomou..nomou,,,masta,,,,

mimie on September 20, 2013 at 9:37 AM said...

to Eby Prabowo :

wahhh..... ketemu fans bigbang... :)

analisa on September 22, 2013 at 5:13 PM said...

mba mimie... sumpeehhh fotonya beniinggg.... ajarin donk T.T

mimie on September 23, 2013 at 9:40 AM said...

to ANALISA ;
wahhh...bu dokter... kangennn #PelukHarmonisasi
hallahhh.... jangan muji2 . ntr hidung mb mimie kembang nggak pake kempes...eheheh

Ummu Fatima on October 7, 2013 at 10:52 PM said...

hehehe....ga usah diinget2 udon nya Mbak....ntar malah jadi ga selera makan mie ini :p

mimie on October 10, 2013 at 8:42 AM said...

to Ummu Fatima : hehe.....jadi malu... bersemangat ria beberapa waktu lalu mau bikin udon.. tp nggak jadi... :)

Post a Comment