Powered by Blogger.
RSS

Sunday, September 8, 2013

Coffee Bun ,water roux bread

Posted by mimie at 8:41 PM


Assalammualaikum wwb...
september rain.....
kota dumai lagi musim hujan... setiap hari hujan....
adem...ayem...
mudah2an hujan yg membawa berkah ya...
setelah seminggu yang lalu banjir besar... dan 1 tewas karena hanyut... mudah2an ng terulang lagi deh...

kali ini ingin cerita soal roti yang ku buat semalam.
sering di pamerin temenku mega tentang roti pake metode water roux ini.
apalagi mb rina beberapa waktu lalu juga postingin roti juga...
nambah penasaran.
kata mega yang sering buat sih, rotinya lembut banget dan pori2nya halus,,,
so, semalam di bantu revi yang baik hati, aku bikin 1 resep.
dapat lumayan banyak dan aku buat aneka jenis roti.
tapi kali ini aku bahas tentang roti dengan aroma kopi atau biasa di panggil roti boy.

resepnya rotinya nyontek di blog mega.
dan toppingnya aku lihat di blog mb hesty....hatur nuhun mbaknyaaaaa...lopyu pulllll.
ada sedikit aku modif resepnya...
soalnya adonan water rouxnya jadi sisa banyak banget..so aku kurangin ya.
susu cairnya juga nggak aku masukin semua.
jadi kalau bikin.... jangan masukin cairan sekaligus. tuang sedikit demi sedikit.
jika adonan sudah cukup kalis, maka pemberian cairan di hentikan.
untuk topingnya aku menggunakan 1 bungkus kopi torabika kapucino.
mantep tenan.... persis kayak aslinya deh *ngareppp...ehhe
tapi sebaiknya di santap selagi hangat ya....coz kalau udah dingin topingnya agak lembek. 

buat mb rina yang cantikkkk *eheemmm , makasih banyak ngajarin edit tulisan ntu....
#lempar roti boy ke jakarta ....eheheheh  
      






Water roux:
50 gr tepung terigu
 
250 ml air

Cara buat:  
Campur air dan tepung terigu aduk hingga rata sampai tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental jangan sampai mendidih angkat sisihkan.


Bahan Roti:  
240 gr water roux  
200 ml susu cair ( aku hanya 100 ml)  
4 butir kuning telur  
500 gr tepung terigu cakra kembar
200 gr tepung terigu segitiga biru  
110 gr gula pasir
25 gr susu bubuk  
11 gr ragi instan
1/2 sdt garam  
60 gr margarine / butter

2btr kuning telur untuk olesan

bahan isi :
butter di campur sedikit gula halus  . bekukan
potong2 kotak.

 Cara buat:

Campur smua bahan kering kecuali garam aduk rata. 
Masukkan water roux, telur, susu cair uleni hingga tercampur rata. 
Masukkan butter dan garam uleni kembali hingga kalis. 
Diamkan adonan selama kurleb 45 menit atau hingga mengembang 2x lipatnya, tutup dgn serbet. Setelah mengembang kempiskan adonan dan bulat-bulatkan sesuai dengan besar roti yg d mau.
isi dengan butter beku .
fermentasikan kembali hingga mengembang 2 kali lipat ,kurleb 30 menit 
setelah mengembang, semprotkan adonan toping melingkar hingga menutupi permukaan  roti.
panggang dengan suhu 200 celcius selama 15 menit hingga matang.
simpan di wadah kedap udara . simpan di kulkas.

ketika akan di santap, panaskan di oven 5-7 menit hingga permukaan garing kembali.

TOPPING :

50 gr mentega
40 gr gula halus
50 gr terigu
38 gr telur kocok
1 sachet kopi torabika kapucino

kocok mentega, gula , telur dan kopi kapucino hingga kembang.
masukkan terigu, kocong hingga tercampur rata.
masukkan ke plastik segitiga






17 comments on "Coffee Bun ,water roux bread"

lavender on September 9, 2013 at 7:50 AM said...

Ftnya cm 2??? Yg laen mana??? Yg sozizzz... Qw mao......

Rina Audie on September 9, 2013 at 8:03 AM said...

yuhuuu...sama-sama. Ilmu harus ditularkan ok. Invest amal jariyah, insya Allah...
toppingnya menggoda euy sampai mbleber ke bawah gitu...pingin gigit...

mimie on September 9, 2013 at 9:16 AM said...

to mega lavender :
masuk entry berikutnya buuu.... ^_^

mimie on September 9, 2013 at 9:17 AM said...

TO MB RINA AUDIE:

hahai..... ayo buat lagi mbak...
aku pake kuning telur ini..lembyuttttt...ngopi banget....ehehhe

Ayu Mardiyani on September 10, 2013 at 9:58 AM said...

kirim ke Medan dooong... :3

mimie on September 10, 2013 at 10:48 AM said...

to ayu mardiyani

orang medan lah yang ke sini... :P

OM DEGE on September 11, 2013 at 12:02 PM said...

keliatannya enak, jadi laper :D

mimie on September 11, 2013 at 2:13 PM said...

to OM DEGE :

terimakasih

Ummu Fatima on September 15, 2013 at 10:42 PM said...

mirip meron pan topingnya ya Mbak...

mimie on September 16, 2013 at 11:34 AM said...

to Ummu Fatima :

meron pan itu opo umm...hihii..
ng mudeng.... tp enak lho umm.. ngupi banget rasanya....

ONY on October 3, 2013 at 9:39 PM said...

water roux itu yg kyk gimana ya? salam kenal . ony dr bagansiapiapi

mimie on October 6, 2013 at 7:16 PM said...

to ONY : water roux itu terigu yg di masak bersama air mbak.
kayak bubur gitu...
resepnya ada kok aku cantumkan di atas...
salam kenal jg dr kota dumai... ^_^

anita faulina on October 12, 2013 at 10:02 AM said...

Mbak ini jd berapa biji?

mimie on October 13, 2013 at 2:57 PM said...

to anita faulina : sekitar 13 biji ukuran sedang mbak vera

anita faulina on October 17, 2013 at 4:55 PM said...

Ok makasih infony....btw namaku anita mb....salam kenal ya ^_^

mimie on October 18, 2013 at 9:58 AM said...

anita faulina : slam kenal jg mb....heheh salah ketik nama kemaren.... :)

Devin Dwiarta on July 13, 2015 at 6:34 PM said...

permisi gan, jual mesin kopi + cara sukses usaha kefenya :)

Post a Comment