Powered by Blogger.
RSS

Tuesday, September 10, 2013

BITTERBALLEN

Posted by mimie at 5:00 PM


Assalammualaikum wwb....
alhamdullilahhh..... dumai turun salju..... dinginnya sesuatuh..... eheehe
sebenernya dumai mulai musim hujan nih....
tiap hari hujan....yah walaupun nggak lebat, tapi matahari seperti enggan menampakkan dirinya. #widih bahasaku.... -__-"

kalau nggak ingat harus cari sesuap nasi dan sekarung berlian .... serta oven gas dan mixer itu... eikeh udah nyungsep di bawah selimut.... hehehehh

tapi...apapun....alhamdullilah.... dari pada musim kabut asap ya mending musim hujan ya...  ^_^

Dan karna udaranya dingin2....
pengennya tentu gorengan yang hangat2... di cocol dengan saos sambal, atau yang ektrim ''ngeletak'' cabe rawit.... fuuuhhhh..... deliossooo tenan.....
pilihan jatuh ke bitterballen... makanan khas belanda katanya... 
aku juga baru sekali ini nyoba bikin...
awalnya baca resep mb rina dapur manis.... cuma aku agak nggak ngeh ketika di sebutkan terigunya di masak dengan air.... apa bisa di bentuk yo??... kan lembek.????

tapi dengan mengucapkan bismillah.... nekat aja.
ternyata tidak seperti dugaanku....
adonan bisa kalis...dan setelah dingin bisa di bentuk...
tetttttttt,,,,,,misi berhasil.... eheheh
izin copas yo mbak...
agak aku derhakakan dari resep asal...
bawang merah aku skip, aku ganti bawang bombay.. aku menggunakan sosis , wortel dan keju untuk campurannya.
juga menambahkan kecap ikan, saos tiram dan sedikit jahe.
hasilnya...... uenakkkkkkkk..... ^_^




BITTERBALLEN
resep : RINA AUDIE DAPUR MANIS
 
 Bahan :
100 ml susu cair
200 ml air kaldu
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1/4 sdt biji pala parut/bubuk
50 gr margarin
5 butir bawang merah, cincang kasar (aku pake 1/2 bawang bombay, cincang)
2 siung bawang putih, cincang halus
1 batang daun bawang, iris halus
150 gr tepung terigu
150 gr daging ayam/sapi, direbus, cincang halus (aku pake sosis, wortel,keju)

1 sdm kecap ikan
1 sdm saos tiram
sedikit jahe


pelapis :

1 butir telur ayam, kocok lepas (aku pk putih telur)
tepung roti/panir kasar secukupnya


 Cara membuat :

1. Dalam sebuah wadah campur susu cair, air kaldu, garam, merica bubuk, gula dan pala parut, aduk rata. Cek rasanya, sisihkan.
2. Masukkan terigu dalam sebuah wadah kemudian tuangi larutan susu dan kaldu tadi. Tuang pelan-pelan sambil diaduk rata sampai menjadi adonan yang licin. Sisihkan
3. Panaskan margarin sampai meleleh. Masukkan bawang merah, bawang putih dan daun bawang, aduk sampai wangi. Masukkan larutan terigu dan ayam cincang, aduk sampai rata. Masak adonan sampai agak kering/kalis. Jangan lupa supaya diaduk sampai ke dasar wajan supaya tidak berkerak. Matikan api dan dinginkan.
4. Ambil selembar plastik dan olesi minyak goreng. Letakkan adonan sebanyak 1/2-1 sdm, bentuk bulat/oval. Masukkan dalam telur kocok dan gulingkan dalam tepung panir. Biarkan selama minimal 30 menit supaya tepung panir melekat sempurna (saya simpan semalam di kulkas).
5. Panaskan wajan dengan minyak banyak. Goreng biterballen sampai kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.




9 comments on "BITTERBALLEN"

Rina Audie on September 11, 2013 at 10:08 AM said...

huwaaaa...lama banget nggak makan bitterballen nih. Uenak to buat cemilan. Dicocolin saus sambal atau diceplusin cabe rawit sama-sama endesss....

Rina Audie on September 11, 2013 at 10:10 AM said...

e iya picnya yang ini bikin cetar di mata. Biasanya agak gelap kali ini terang benderang...

mimie on September 11, 2013 at 2:08 PM said...

to mb RINA AUDIE :

uenakkk tenan mb...
dalamnya lembut tp luarnya krispi...aku abis 10 #bangga....ahahah
potonya kangen motrek sep ini mb..
udh lama ng pk reflektor... :)

Rina Audie on September 11, 2013 at 3:12 PM said...

wakkss !!! abis 10 biji ??? Alamak berarti itu biterballen enak bener ya ?

Ayu Mardiyani on September 11, 2013 at 3:38 PM said...

huwaaaa... mau mau mau ><
beberapa hari yang lalu liat program Makan Besar di Trans7, buat bitterballen juga. tapi yg ini gak pake keju ya mbak.. yg di tv pake keju cheddar+mozarella

mimie on September 12, 2013 at 8:33 AM said...

TO MB RINA AUDIE:

hahah...iya mb...soale ini pertama kali bikin dan langsung suka,,,, itu laper atau doyan ya.....eheheh

mimie on September 12, 2013 at 8:35 AM said...


TO AYU MARDIYANI :
mb juga kepincut liat acara ''makan besar'' yu.
langsung ingat resep mb rina...
ternyata uenakkkkkk.....
mb pake sosis, wortel dan keju quick melt
ayok di coba...

Ummu Fatima on September 15, 2013 at 10:39 PM said...

malam2 liat ini lapeerr >.<

mimie on September 16, 2013 at 11:32 AM said...

TO UMMU FATIMA :

udah habissss ummm..... ^_^

Post a Comment