Powered by Blogger.
RSS

Monday, May 6, 2013

Ayam Betutu Bali dan selamat ultah buat adekku RINI

Posted by mimie at 10:37 AM

assalammualaikum wwb...
salam hari senin ....
lihat berita di TV3.. malaysia telah mengadakan pemilu semalam.
dan seperti yang aku kira, BN menang . walaupun selangor kekal di tangan oposisi.
hehhe...seru lihat beritanya.... 
aikkk....kok larinya ke berita politik ya...
kita kembali ke judul asal.
sabtu kemaren bertepatan tanggal 4 mei, adekku yg bungsu menyambut hari kelahirannya.
tidak di rayakan. hanya bikin nasi tumpeng minimalis. sederhana saja.
lauknya urap sayur, gulai telur puyuh dan ayam betutu bali.
sudah lama ingin nyobain ayam betutu ini....
tapi sekarang baru kesampaian




hasilnya...ya enakkkk dong.....
ayam yang kaya rasa kalau aku bilang.
teksturnya pun lembut. dan istimewanya karna di panggang dan di bungkus daun pisang, ayamnya jadi wangi.
hanya saja, kalau ayam betutu asli bali ada daun singkong (daun ubi) yang di bumbui dari sisa bumbu. aku skip aja. karena urapnya udah menggunakan daun singkong.
resep di bawah aku pake ala jasmin kitchen.
bumbunya simpel, seperti bumbu kari biasa.

 


AYAM BETUTU BALI

RESEP:

1 ekor ayam, belah menjadi 4 bagian
4 siung bawang putih *
5 siung bawang merah
*
1 ruas jari jahe
*
1 ruas kunyit *
4 bh cengkih
1 sdm ketumbar, haluskan
*
1 sdt jintan
*
100 gr cabai giling fresh **sesuai selera**
*
½ sdm kari bubuk
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 batang serai
4 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam


cara membuat : 
1. potong ayam menjadi beberapa potongan besar. sisihkan

2. haluskan semua bahan yang bertanda *

3.tumis bumbu halus .masukkan cengkih,kari bubuk serai dan merica. tuang kaldu bubuk.


4. tumis hingga harum, bila perlu tambahkan air sedikit.


5. masukkan serai, daun jeruk dan daun salam.


6.masukkan ayam. ungkep (masak) hingga matang.


7. setelah ayam matang, bungkus daun pisang. jangan lupa lumuri dengan bumbu. bungkus lagi dengan alumunium  foil.

8. panggang di oven kurang lebih 1 jam. atau bisa juga di bakar di atas bara api.

8. hidangkan hangat
 

8 comments on "Ayam Betutu Bali dan selamat ultah buat adekku RINI"

Annadina on May 6, 2013 at 11:26 AM said...

Salam kenal mba Mimie, ayam betutunya menggoda bgt, udah lama pengen tapi belum kesampaian nih... pic nya cantik :)

Rina Audie on May 6, 2013 at 11:38 AM said...

aku juga mau dong diultahi kayak gini. Nggak perlu nunggu tanggal lahir deh,hehe....
itu yang menata daun di pinggir piring telaten amat yak. Jempol deh....

mimie on May 6, 2013 at 11:46 AM said...

to mbak annadina : salam kenal kembali mb..^_^
ayuk di bikin mb..enak lho...

mimie on May 6, 2013 at 11:48 AM said...

to mbak rina audie : hihi... ke dumai mbak,,,ntar aku bikinin deh...
itu kemaren nampannya kecil jadi ya di rajin2in bikin daun pisangnya.
nggak rapi... sering kagum sm tumpeng2 yg ada di gugel pic .... :)

analisa ummu abel on May 6, 2013 at 5:34 PM said...

ga ngerti musti ngomong apa , yg di sekitar nasi itu enak semua.... *mewek

mimie on May 7, 2013 at 8:44 AM said...

to analisa ummu abel : wahhhh.... hayuk di bikin bu dokter. ^_^

Ayu Mardiyani on May 11, 2013 at 6:45 AM said...

Ealaah... Bukan hal yg bijaksana ketika memulai pagi dgn berkunjung ke sini, lapeeeeeerrr..
:q
hahaha.. Kapan hari ya bikin ayam betutu ini,ngileer ah. Itu mbak panggang di oven mbak?

mimie on May 12, 2013 at 2:04 PM said...

hehhe.... iya.ini mbak panggang di oven...
enak lho yu.... :)

Post a Comment