Powered by Blogger.
RSS

Wednesday, January 4, 2012

gulai jengki (jengkol).....

Posted by mimie at 1:51 PM
assalamualaikum WWB....
jam 14.00 WIG (waktu indonesia bagian galau).....:P
eheheh...... ^_^
gimana???? udah bersantap siang ????
hari ini lauknya gulai jengki...
itu mah bahasa gaholnya.....kalau bahasa pasaran mah gulai jengkol..
heuuuuuu...hari gini yah.... seleranya masih aja ndeso.... ahahahah..... #tepok jidat
walaupun jengkol ini termasuk makanan yang dimakhruhkan...
karna ada sisi negatifnya,tapi buat kami orang sumatra,nggak pernah lepas dengan yang namanya jengkol.

ternyata banyak orang nggak suka dengan jengkol ini.
mungkin karena baunya ya.....hihihi.
tapi banyak juga yang demen lho #nunjuk tangan
sebenernya supaya meminimalisir bau jengkol ada beberapa cara :

1. di rebus dengan ditambahkan abu gosok.
setelah empuk abu gosoknya di cuci.jangan ikut di masak cinnn..ntar bisa keselek dan langsung ke UGD....:P
2. di rebus berulang2.
maksudnya di rebus berulang kali.buang airnya.ganti air yang baru dan rebus.
3. bisa juga di pendam beberapa hari di tanah.
jangan kelamaan.takutnya sekali di bongkar udah bertunas....wew...haru biru
4. men'keprek'' jengkol setelah di rebus juga bisa mengurangi baunya

buat yang suka makan jengkol, nafasnya pasti bau naga tuh...
cara nguranginnya bisa mengunyah beras. atau makan buah2an.
tapi yang terpenting sih ...''gosok gigi''....eheheheh

yang penting mah,segala sesuatunya jangan berlebihan.
kalau makan 5 keping mah masih ok2 aja rasanya.
tapi kalau makan 20 biji yg setara 40 keping.... hadjuh bukkkk....
hati2...ntar ''jengkolan''
karna jengkol ada zat ''jengkolat acid''.
zat ini akan di buang ke ginjal dan seterusnya menjadi urine.
karna zat ini sangat susah larut di air,takutnya mengendap didalam ginjal dan menyebabkan ''jengkolan''.
jengkolan ini menyebabkan susah buang air kecil....
so..... kembali lagi ke kitanya....
jangan terlalu nafsu makan jengkol ya bukkkkkk......



GULAI JENGKOL

bahan :

10 buah jengkol di rebus berulang2 hingga baunya berkurang.(belah 2.keprek)
1 bh bawang bombai, cincang halus
2 bh tomat potong 4
4 siung bawang putih
*
5 siung bawang merah
*
1 ruas jari jahe
*
1 ruas kunyit *
4 bh cengkih
1 sdm ketumbar, haluskan
*
1 sdt jintan
*
100 gr cabai merah kering .rendam air panas
*
100 gr cabai giling fresh **sesuai selera**
*
½ sdm kari bubuk
500 ml santan kental
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 batang serai
4 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam

cara membuat:

1. haluskan semua bahan yang bertanda
*
2. tumis bawang bombay hingga layu. masukkan bahan2 yang tlah di haluskan
3. masukkan cengkih kari bubuk serai dan merica. tuang kaldu bubuk.
4. tumis hingga harum,masukkan jengkol .
5. masukkan santan daun jeruk dan daun salam.
6. terahir masukkan tomat.
7. masak hingga matang

0 comments on "gulai jengki (jengkol)....."

Post a Comment