Powered by Blogger.
RSS

Thursday, October 17, 2013

TAHU BRONTAK

Posted by mimie at 9:51 AM

Assalammualaikum wwb....
di kala rupiah melemah belakangan ini , mendorong harga barang harian meningkat tajam.
termasuk kedelai yang sebagian besar masih impor
mengakibatkan harga tempe dan tahu naik.
kalau di tempatku, tidak ada kenaikan harga tempe dan tahu,
hanya saja... tempenya jadi lebih kecil... #glodak ...sama aja....

beberapa hari lalu aku buat tahu brontak...
ngubek2 mbah gugel.ada 2 versi... ada yang menyebut tahu brontak dengan tahu isi. dan ada yg mirip tahu fantasi .
penasaran yang mirip tahu fantasi, ada penambahan miehun dan ayam.
aku menggunakan TAHU CINA. teksturnya halus dan lembut.
harganya sedikit lebih mahal dari tahu jawa . 
di tempatku sejenis tahu pong di panggil tahu jawa...eheheh

tahu brontak ini cucok deh di jadiin cemilan di sore hari...sambil nonton drama korea,,,,, :P
resepnya dari DETIK FOOD



 Bahan:
2 sdm minyak untuk menumis
10 potong tahu putih, haluskan
1 bungkus bihun jagung, rebus, tiriskan (aku pake 1/2 bks )
250 g daging sapi cincang
100 g wortel, potong dadu kecil
4 butir telur
250 ml minyak untuk menggoreng
2 butir telur ayam, kocok  untuk bahan celupan (aku pake putih telur )


 Haluskan:
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk

seujung kuku jahe (aku tambah)
garam dan gula secukupnya

Cara Membuat :

  • Siapkan loyang ukuran 30x10 cm, olesi minyak tipis lalu alasi dengan plastik bening.sedikit lebih lebar dari besar loyang. agar bisa diangkat.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai wangi.
  • Masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna.
  • Masukkan wortel, aduk sampai layu, tambahkan merica bubuk, garam dan sedikit gula pasir. masak sampai matang.
  • Campurkan tahu halus, bihun, dan adonan daging cincang.masukkan telur satu persatu sambil aduk rata.
  • Masukkan dalam loyang, padatkan. kukus selama 30 menit. Angkat lalu dinginkan.
  • Potong-potong adonan menjadi 12, celupkan dalam telur kocok. goreng sampai kuning kecokelatan.
  • Sajikan panans dengan sambal cocolan atau cabai rawit.


8 comments on "TAHU BRONTAK"

Rina Audie on October 17, 2013 at 2:39 PM said...

mau dong dikasih, ogah bikin nih, hihi.....

mimie on October 17, 2013 at 3:19 PM said...

to mb rina audie : hahha.... udah habis mbak.... buatnya beberpa hari yang lalu nih.

Lina IbunyaAzRaf on October 18, 2013 at 9:06 AM said...

never say no to GORENGAN...

heheheh... kalo dilapisi panir jadi nugget tahu dong ya mba...? ^^

mimie on October 18, 2013 at 9:55 AM said...

to Lina IbunyaAzRaf : kayaknya kalau di lapisi panir lebih enak ya bun.
jd ada krispy2nya gt.... wahhh lain kalai au di coba.. :)

Ayu Mardiyani on October 19, 2013 at 3:19 PM said...

Oh jadi ini tahu fantasi versi tahu brontak atau tahu brontak versi tahu fantasi? Hehe.. :p apapun itu, sama kayak bunda lina,gak pernah nolak mah sm yg namanya gorengan :3

mimie on October 19, 2013 at 5:29 PM said...

to Ayu Mardiyani : beda tipis kayaknya yu...
dua2nya enak buat cemilan... :)

Ummu Fatima on October 23, 2013 at 10:23 AM said...

klo di bondowoso, tahu isi disebut tahu berontak, Mbak.....

mimie on October 23, 2013 at 5:31 PM said...

to Ummu Fatima : owh beda2 ya um.
kalau di dumai , tahi isi itu tahu yang di isi miun atau sayur umm... :)

Post a Comment