Powered by Blogger.
RSS

Monday, August 26, 2013

Green banana curry aka gulai pisang muda

Posted by mimie at 10:29 AM

Assalammualaikum wwb....
alhamdullilahhhhh..... hari senin lagi ya.... kok kayaknya cepet bener waktu berlalu .
setelah beberapa waktu lalu body nggak fit, sekarang udah sehat bener .alhamdullilah.. mood ngeblog juga lagi kenceng2nya...xixixi

so , semalam lagi duduk2 ngobrol sama temen di samping rumah.
entah kenapa mataku tertuju ke rimbunan pisang kepok di sudut tanah kami. 
ada pisang yang hampir cukup umur buat di tebang. bagian atasnya saja yang semu kekuningan,
bagian paling bawah masih hijau banget. 
langsung terbayang gulai pisang deh... 

langsung minta bapak tebang tuh pisang. 
satu sisir ku buat gulai.... enakkkkk.
yang belum pernah nyoba...rasanya sedikit mirip kentang, tapi khas rasanya.

untuk jenis pisang yang bisa di gulai, hanya pisang2 tertentu saja.
seperti pisang lidi, pisang mas, pisang lemak manis dan pisang kepok.
pilih pisang yang masih muda ya. jangan yang mateng.
kalau udah mateng mendingan di kolak aja...ehehehe ... :P




tips agar pisang tidak menghitam ketika di kupas kulitnya :
rendam pisang yang telah di kupas di air yang telah di campuri garam dan air jeruk nipis. stelah itu cuci dan langsung rebus.
siat kulit tipis terluarnya saja. sisakan kulit yang bagian dalam. 
kulit bagian dalam tersebut memberi rasa khas pada pisang...

agar tangan dan pisau tidak terkena getah pisang, lumuri tangan dan pisau dengan minyak makan ya.
atau kalau terlanjur terkena, setelah selesai lumuri saja dengan minyak tanah. lap yang bersih dan kering. baru cuci dengan sabun hingga bau minyak tanah hilang.


GULAI PISANG MUDA
 resep : jasmin kitchen

BAHAN :

1 sisir pisang kepok muda ~ buang kulit tipis terluarnya.
2 ekor ikan cencaru ~ potong sesuai selera
500 ml santan kental
2 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
2 batang serai ~keprek
5 cm lengkuas ~keprek
1 sdm bumbu kari bubuk

BUMBU HALUS :

50 gr cabe merah keriting
50 gr cabe kering ~ rendam air panas
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 sdm ketumbar
1/2 sdm merica
1/2 buah pala
1 sdt jintan 
2 buah kemiri
1 kapulaga
3 buah cengkeh
3 cm kayu manis
garam

cara membuat :

1. kupas/siat   kulit tipis bagian  terluar pisang. rendam di air garam dan jeruk nipis.potong sesuai selera. rebus hingga matang.

2. tumis bumbu halus , masukkan daun salam, daun jeruk, serai lengkuas. tumis hingga wangi.

3. masukkan santan dan bumbu kari bubuk dengan api kecil, aduk2 agar santan tidak pecah. masak hingga mendidih.

4. masukkan ikan dan pisang. masak hingga ikan matang. taburi bawang goreng.

5. hidangkan




8 comments on "Green banana curry aka gulai pisang muda"

Rina Audie on August 26, 2013 at 5:45 PM said...

nggak kebayang sebelumnya kalo pisang bisa dimasak gulai gini. pasti nyamleng nih...

mimie on August 26, 2013 at 8:06 PM said...

TO MB RINA AUDIE :

enak lho mbak.... tapi sepertinya ini kuliner melayu mbak.kalau di daerah riau, gulai pisang muda mah biasa mb....

Ayu Mardiyani on August 28, 2013 at 9:46 AM said...

iya, keluarga kami belum pernah nyobain olahan pisang muda yang digulai, biasanya sih disambal krispi gitu. kayaknya enak ya mbak.. :D

mimie on August 29, 2013 at 9:32 AM said...

TO AYU MARDIYANI :

ini kuliner melayu lho yu... enakkk... ^_^
malah ng pernah denger pisang muda di sambel...ehehe

Ayu Mardiyani on August 31, 2013 at 2:48 PM said...

Haa.. Ayo tukeran resep. Hihi.. Jd pisang kepok muda dipotong kayak batang korek api trus digoreng kering lalu disambal manis asem gitu. Mirip sama sambal kentang krispi untuk makan nasi uduk. Bisa dicampur teri yg juga digoreng kering atau kacang tanah goreng. Awalnya kami jg heran.. Karena ada tetangga yg hajatan trus masak beginian jd suka trus dicoba deh.. :D

mimie on September 1, 2013 at 1:38 PM said...

TO ayu mardiyani :

owhhh....baru ngeh mb mimie yu..
jadinya kripik pisang di sambel dong...hihi
sip..sip...kapan2 di coba...
di rumah sering panen pisang...
thanks yoooo

Lina IbunyaAzRaf on September 8, 2013 at 12:44 AM said...

dibikin urap enyak lho mba... Kassih terasi... Hmmm...
Favoritnya alm. Bapakku... ^_)'

mimie on September 9, 2013 at 5:39 PM said...

TO Lina IbunyaAzRaf : eh..br tau kalau bs di bikin urap mb ...

Post a Comment