Powered by Blogger.
RSS

Sunday, March 3, 2013

mpek mpek palembang (lagi)

Posted by mimie at 9:43 AM


Assalammualaikum wwb....
ahirnya..... ngeblog lagi...
kirain setelah kamera sony ku ngadat , bakalan op dulu...xixixi
hari ini berbeda...fotonya aku ambil menggunakan blackberry adekku.
yah..... seadanya.... nggak apa2 ya.
yang penting narsis....


ini juga dalam rangka ikutan nyetor PR group kulkas.
tema bulan maret ,mpek mpek palembang....
resepnya udah sering aku postingin.... di sini







EMPEK EMPEK PALEMBANG

BAHAN:

500 gr ikan, ambil dagingnya, haluskan  
150 gr tepung terigu (gandum)  
450 gr tepung tapioka  #di sesuaikan dengan adonan  
400 ml air mendidih  
1 bonggol bawang putih  
1 butir telur  
penyedap rasa  
garam secukupnya  
telur untuk isi


cara membuat :
haluskan bawang putih bersama garam, penyedap rasa dan telur hingga halus.(pake food processor atau di blender aja kayak aku).

setelah halus, masukkan daging ikan . tambahkan sedikit air agar memudahkan memblender. sisihkan.

sementara itu, campur jadi satu tepung terigu dan air mendidih .(sedikit demi sedikit). aduk2 hingga membentuk bubur . masukkan campuran daging ikan tadi ke dalam adonan terigu. aduk hingga tercampur rata.

masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga bisa di pulung. jangan terlalu keras. sedikit lengket2 di tangan tidak apa2. lumuri saja tangan dengan tapioka agar tidak lengket.

bentuk adonan sesuai dengan kehendak. bisa di bentuk mpek2 kapal selam yang berisi telur atau di bentuk lonjong saja.

rebus di air mendidih hingga mengapung. (jangan lupa air rebusannya di tambah sedikit minyak goreng agar mpek2 tidak lengket satu sama lain )
 
setelah mengapung, angkat .dan masukkan ke baskom yang berisi air dingin. biarkan sebentar. tiriskan dan goreng hingga kulitnya berwarna kekuningan.

hidangkan dengan kuah dan irisan timun.





kuah cuko

bahan :

500 ml air  
250 gr gula aren  
7 siung bawang putih  
5 sdm air asam jawa (sesuai selera)
5-10 butir cabe rawit (sesuai selera)

cara membuat :
haluskan semua bahan kecuali air. rebus hingga mendidih. lakukan tes rasa sesuai selera. sajikan.

4 comments on "mpek mpek palembang (lagi)"

Rina Audie on March 3, 2013 at 1:52 PM said...

kalo makan pempek di solo, selalu dilengkapi bihun ketika dimakan. Dicampur dengan pempek, kuah cuko dan timun dalam satu piring. Tapi kalo liat di internet kok gak ada ya yang pake bihun. Emang pempek itu gak pake bihun ya ?

mimie on March 3, 2013 at 2:07 PM said...

kalau di palembang pake mie kuning katanya mb..
tapi kalau di dumai , nggak pernah nemu pake mie kuning atau bihun... ehehe

Ayu Mardiyani on March 4, 2013 at 9:28 AM said...

Mbak, itu yg ditaburi di piring daun apa tho? Bukan daun pakis kan.. Hahaha..
#dilemparpakekamerasony

mimie on March 4, 2013 at 10:03 AM said...

ahahah...asli ketawa baca komen ayu...
ya nggak lah yu..itu daun sop...buat manis2 aja ..:P

Post a Comment