Powered by Blogger.
RSS

Thursday, April 19, 2012

stick bawang

Posted by mimie at 10:20 AM
assalamuualaikum.....
saat entri ini di ketik...dumai gerimis mengundang......ehhe
kayak lagu slam aja ya.... ^_^
dari tadi malam gerimis ampe sekarang...ampir tengah hari, nggak berhenti2.
semoga hujan yang turun membawa segala berkah ya aminnn...

kali ini N3 ku stik bawang. atau kadang kami menyebutnya keripik malaysia.
aku buat minggu kemaren....cuma baru sempat postingin hari ini.....
bedanya kalau keripik malaysia berlapis. tapi stick bawang yang satu ini simpel aja.
cuma di aduk2, di uleni hingga kalis. di tipiskan dan potong2.goreng.....udah...

satu tips dariku, jangan terlalu lembek dalam menguleni adonan.
biarkan agak keras. memang agak sulit dalam menguleni, tapi hasilnya akan renyah banget.
dan ada jerawat2nya....kayak letusan2 gt. itu menandakan stick bawang yang dihasilkan, renyah.
satu lagi, kalau memotong menggunakan pasta machine, jangan biarkan adonan yang di potong jatuh bertumpuk2 di bawah. ia akan berlipat2,
pastikan tampung dengan telapak tangan, dan pindahkan ke tempat lain sebelum di goreng.
cara ini akan menghasilkan ctick bawang yang lurus cantik.tidak bengkok..eheehee


so cekidot ya....resepnya dari mamak ku.
happy baking...


stick bawang

bahan:
1 kg terigu
2 bonggol bawang putih haluskan
200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
1 1/2 sdm garam
25 gr daun seledri (daunnya saja,nggak pake batang) iris halus
2 butir telur
minyak buat menggoreng

cara membuat :
1. campur terigu dan daun seledri sisihkan
2. campur santan.garam. dan telur
3. masukkan kedua bahan di atas.sedikit demi sedikit
4.uleni.
5.sebaiknya bagi adonan jadi beberapa bagian agar mudah menguleninya
6.tipiskan dan potong2 sesuai selera (aku pk mesin pasta)
7.goreng hingga kuning kecoklatan

2 comments on "stick bawang"

Anonymous said...

ini jadinya ntar brp kg ya mbak?

mimie on August 21, 2013 at 10:32 AM said...

lumayan banyak mbak.. lupa berapa gram pastinya.

Post a Comment