Powered by Blogger.
RSS

Saturday, April 21, 2012

kue mangkok gula palem (apam eno)

Posted by mimie at 1:17 PM
 assalamualaikum wwb....
selamat berujung minggu....
jumat semalam .... aduhai... panassss.... serasa matahari 2 jengkal dari bumi...
mau ngapa2in nggak enak...bener2 panas... apalagi kota dumai yang terletak di pinggir laut.... bertambahlah hangit panasnya...:)
tapi anehnya.... subuh tadi hujan mencurah curah... sampai jam 1 siang masih gerimis mengundang...:)
cuaca memang lagi nggak menentu.... kalau udah kayak gini harus jaga2 kesehatan.
biasanya perubahan musim seperti ini, mengundang banyak penyakit.
entah itu diare atau flue.



hari ini juga menonaktifkan pesbuk....
kalau dulu, sewaktu baru2 bikin fb...setiap saat rasanya mau buka fb. update status.like dan komen sana sini... kata orang banci pesbuk...xixixi..
sehari tidak buka pesbuk seperti ''roma'' tanpa ''irama'' ,.....:P
tapi seiring berjalannya waktu.... jenuh melanda jiwa.

terkadang secara tak sadar kita mengeluh di jejaring sosial itu.
panas mengeluh di fb. hujan mengeluh di fb. bete, puyeng dan galau pun di update ke fb.
so... kayak mulai lupa kita seharusnya mengeluh ke yang khalik...
tapi di sebalik itu... di fb juga kita bertemu dengan teman2 maya... yang luar biasa.
walaupun tidak pernah bertentang mata.... namun dekat di hati...hallahhh..
iya kan... ??? #yang angguk2 masuk surga...xixixixi

sebut saja teman ku mega, icha, muzzy, rizty ,dan khoirul.
maaf yang tidak tersebut....
mereka adalah teman terbaikku.terima kasih telah menjadi temanku.
maaf jika ada senda gurau , kata2 yang tidak berkenan.
kalian tahu sendiri bagaimana saia. tidak ada sedikitpun niat di hati untuk mengguris perasaan kalian,
namun, saia tetap manusia biasa yang tidak luput dari khilaf.


sok atuh..... 
kita tinggalkan pesbuk dan segala ceritanya...
N3 ku hr ini kue mangkok atau apam eno. ku buat hari kamis kemaren.tapi baru sempat postingin hari ini.
sebelumnya aku pernah postingin di sini.
kali ini aku make gula palem.dan bener..... wangi banget....
berbaur dengan harum santan.... so heaven.... :)


KUE MANGKOK GULA PALEM (APAM ENO)


BAHAN:
250 gr tepung beras
200 gr gula palem
1 gelas air kelapa
1 gelas santan
1 gelas tape nasi
1 sdt baking powder
1 bungkus eno ( aku ganti ademsari)


CARA MEMBUAT :


1. tape nasi : dua gelas nasi di campur dengan 1/2 buah ragi bulat. simpan di tempat hangat selama 2 hari.


2. blender air kelapa , gula dan tape nasi hingga halus


3. campur santan ,baking powder dan tepung beras. aduk hingga tercampur rata. masukkan campuran air kelapa tadi. aduk hingga sebati.


4. diamkan 6-8 jam. adonan akan berbuih2. tidak apa2 jangan panik. memang seperti itu.


5. setelah di diamkan masukkan adem sari. aduk cepat.


6. kukus di api besar 10 menit.


7. sajikan dengan kelapa parut.


tips : jika kue mangkok masih tersisa...tdak habis...bungkus dengan plastik.supaya tidak kering.

0 comments on "kue mangkok gula palem (apam eno)"

Post a Comment