Powered by Blogger.
RSS

Sunday, June 1, 2014

TEKWAN ....ahirnya

Posted by mimie at 1:54 PM

Assalammualaikummmmm....
postingan pertama di bulan juni....
mudah2an mood ngeblognya tetep ya....nggak males males lagi....
blogging blue....sana...sana...husss...hussss #mengusir cantik ala shahrini..... ahahhaha

orait.... balik lagi ke tekwan....
tadi malam smsan sama mb rina dapur manis... cerita bahwa aku berencana bikin tekwan. makanan khas orang palembang.
kata mb rina di jakarta harga ikan tengiri sampe 60an ribu ... 
alamakkkkk...... mihil bingittsss...
di tempatku paling mahal 30 rb. itupun lumayan besar ukurannya.
kalau ukuran sedang kadang bisa 25 rb.
tapi kali ini aku nggak pake ikan tengiri. aku pake ikan tete... dagingnya lebih banyak. dan berwarna putih.
sekilo cm 20 rb.... wew... ikan di dumai emang lagi banyak2nya.... ^_^

resepnya tekwan dr NCC...
tapi aku copas dari blog mb yulyan. izin copy ya mbak... ^_^
juga aku modif sesuai selera ku. bawangnya aku haluskan, agar lebih terasa.
aku juga menambahkan pala dan jahe sedikitttt....
abis ,,kalau cuma bawang dan merica rasanya kok rada ''cebleh'' .... agak adem, hambar gitu..eheh
hasilnya,,, enak dah... apalagi di tambah sambal cuka satu sendok besar...
wallahhhhh...... ^_^




 Tekwan  

Source : http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=677
rujukan resep : yulyan parwati

Bahan:
1 kg ikan tengiri
700 gr tepung sagu tani
500 ml air
30 gr garam
2 sdt kaldu bubuk
1 sdt lada
100 gr telur

Cara membuatnya:

  1. Haluskan daging ikan, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, beri tepung uleni hingga rata dan kenyal, beri garam dan kaldu bubuk, uleni rata.
  2.  
  3. Masak air dipanci hingga mendidih, ambil sedikit adonan dengan sendok teh, celupkan dalam air mendidih. Biarkan mengapung.angkat. 
  4.  

Bahan kuah soup :

Bahan:
250 gr udang, cincang (aku biarkan utuh )
250 gr bengkoang, potong kotek api
50 gr jamur kuping, rendam air panas, potong halus

50 gr bunga sedap malam, ikat simpul
100 gr su un, seduh air panas
15 bh bawang merah iris halus (aku 5 buah bawang merah di haluskan)
10 bh bawang putih, iris halus (aku 3 buah bawang putih ,di haluskan)
1 cm jahe haluskan (aku tambah)
1 cm pala haluskan (aku tambah )
2,5 ltr air (aku 1 liter air )
1,5 sdt lada halus (aku 1 sdt )
3 sdt kaldu bubuk bila suka
5 sdt garam
Sedikit minyak untuk menumis.
Bawang merah goreng, untuk taburan.
daun saledri (aku tambah)

Cara membuatnya:

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum (aku = tumis bawang putih dan bawang merah yang telah di haluskan) 

  2. Masukkan udang, masak hingga berubah warna.
  3.  
  4. Masukkan bengkoang, jamur kuping dan semua bumbu, aduk rata. (aku = bengkoang ,jamur kuping dan sedap malam aku rebus terpisah ,agar tidak cepat basi)
  5.  
  6. Tuangi air. Biarkan mendidih.
    Sajikan Sup Udang dengan tambahan Tekwan, mie soun, bengkoang jamur kuping dan sedap malam .taburi bawang merah goreng.
  7.  



10 comments on "TEKWAN ....ahirnya"

Novya Kp on June 1, 2014 at 2:44 PM said...

nice pict! :D
seneng bangeeet kalo misal disini harga tengiri juga segituan deh :')

jeani apriyanti on June 1, 2014 at 4:46 PM said...

Wahhh...ternyata mba mimi ini dr dumai yaaa...saya jeani di pekanbaru,btw dpkbr hrg tenggiri jg gak jauh beda dr jkt mba,sekilonya 50rb....

Rina Audie on June 1, 2014 at 5:05 PM said...

senengnya kalo tengiri dapat murah gitu. Makanya aku kalo mau bikin siomay atau pempek tengiri suka maju mundur karena tengirinya itu yang nggak nguati harganya.
Jadi ngiler sama tekwan. Dulu tetangga depan rumah suaminya orang palembang dan aku sering dapat semangkuk tekwan gratis. Sayang sekarang orangnya udah pindah...

mimie on June 1, 2014 at 8:23 PM said...

to Novya Kp : alhamdullilah... kota dumai lumayan murah harga ikannya mbak..
salam kenal dari saya... :)

mimie on June 1, 2014 at 8:24 PM said...

to jeani apriyanti : wah..... tetanggaan kota kita ya .... :)
di dumai dekat pelabuhan, mungkin itu sebabnya bs murah... :)

mimie on June 1, 2014 at 8:25 PM said...

to Rina Audie : mau ngirimin mb rina jauhhhh.... kalau depan rumah , tak anter semangkok mb... hhihi

HM Zwan on June 2, 2014 at 5:02 AM said...

iya ya mbk.di siak ikn tenggiri juga murmer hehe...tekwan itu segerrr aplgi pempek nyemmmmm....kl lbrn di batam pasti sering dpt suguhan tekwan sm pempek... ;)

mimie on June 2, 2014 at 9:23 AM said...

to HM Zwan : mungkin krn kita kota pelabuhan say.
di dumai ikan tengiri hasil tangkapan nelayan lokal...
emberrr.... tekwan emang enak bin seger... :)

SunDhe on June 3, 2014 at 1:33 PM said...

Wuaa.. akhirnya nemu resep tekwan maknyuss, ini yang lagi lagi Dhe cari selama ini.. makasiii mba utk resepnya :*

mimie on June 3, 2014 at 2:10 PM said...

to SunDhe : ayo di coba say.... :)

Post a Comment