Powered by Blogger.
RSS

Tuesday, December 21, 2010

mie ayam

Posted by mimie at 12:14 PM 6 comments Links to this post

udah beberapa minggu ini...ngidam banget mau makan mie ayam....tapi karna nggak ada waktu...(duilahh gayaku kaya pejabat aja)......buat sendiri aja....lebih hemat...lebih hegienis....dan pastinya lebih enak...


 
aku share deh resepnya...kayaknya dulu aku baca dari tabloid nova......
cekidott............MIE AYAM

1/2 kg mie ayam(mie keriting)
100 ml kecap manis 

500 gr daging ayam , potong kotak
3 sdm kecap manis
2 sdm kecap inggris
2 btg daun bawang, rajang
4 sdm saos sambal 

 

Bumbu halus:
3 bh bawang putih
5 bh bawang merah
1 sdt merica
1 sdt ketumbar

 2 cm kunyit
3 cm jahe
4 btr kemiri

50 gr gula merah

Bahan kaldu:
 

1 ltr air
1 sdt garam

1 sdm merica
seujung kuku jahe
sedikit pala
bawang prai iris serong
4 btr bawang putih
6 btr bawang merah

2 butir kemiri
1 buah bunga lawang *masukkan ketika air kaldu mendidih
1 buah kapulaga *masukkan ketika air kaldu mendidih

pelengkap:

1.minyak bawang,
(goreng bawang merah dan bawang prai,
minyak sisa menggoreng bisa di gunakan sebagai minyak bawang)

 
2.sawi caisim ,rebus sebentar

 
3.bawang goreng

 
4.sambal cabe rawit

 
5.daun sup


cara membuat: 

1. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang
2. Masukkan ayam, tumis hingga bumbu menyerap ke dalam ayam.masukkan kecap asin,saos sambal,kecap inggris(kalau suka),biarkan hingga matang dan bumbu terserap.sisihkan.
3.buat kaldu.tumis bawang putih dan bawang merah,pala dan merica yg telah dihaluskan hingga matang.
4.tuang air,biarkan mendidih.
5.lalu masukkan garam,tulang ayam,lada bubuk dan bawang prai
6.rebus hingga harum


penyelesaian....
campur mie ayam yg tlah di rebus dgn minyak bawang.
susun semur ayamnya.sawi rebus,dan sambal.......tuang kaldu.......
wallahhhh,.................

this is it......mie ayam  ala jasmin kitchen....
selamat mencoba......
^_^

Friday, December 17, 2010

donat kentang ...^_^

Posted by mimie at 1:41 PM 0 comments Links to this post
seperti biasa.....di rumah lagi nggak ada cemilan....secara brownies kemaren baru aja habis....
jadi memanfaatkan kentang yang kayaknya bakalan tumbuh akar karna kelamaan..heheheh
jadi..aku contek resepna donat kentang nya NCC.......
hasilnya cakep banget......montok2 dan tembem .....
tapi buatnya bo.......perlu perjuangan...sampai ku uli satu jam.....ampe kriting ni tangan......
kalau udah kayak gini baru ingat ama mixer idaman..si mixer kitchen aid heavy duty series itu........
heeuuuuu.....



ni aku share ya resepnya.....aku modif sana sini......
cekidot........

bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air

cara membuat:
  1. Campur air dan ragi biarkan mengembang dua kali lipatnya..Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.atau sampai dua kali dari besar semula....tidak terpatok waktu.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Tips sukses membuat donat..:
  • Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.
  • Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.
  • Haluskan kentang sampai benar-benar halus, kalau perlu pake blender, supaya adonan bisa licin dan gak gradakan :)
  • Setelah Halus Dinginkan kentang sebelum dibuat Donat. Terus kalau tidak dalam keadaan dingiiiinnn...waaa.., raginya langsung mati....^_^
  • Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah.
  • Istirahatkan adonan 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.Lubangi bagian tengahnya, goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam).


  • Menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.
  • Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.




Tuesday, December 14, 2010

penylane brownies**again and again**

Posted by mimie at 1:01 PM 0 comments Links to this post

brownies yang jadi favorit dirumah........secara gampang banget buatnya dan murah meriah......bikinnya emang harus di camkan dalam otak....*bantet*
ya ni kue emang kue bantet,so jgn harap ngembang kayak cake pada umumnya.....
so ini penampakannya,resepnya pernah dipostingin di entri sebelumnya......

so cekidotttttt.............

Thursday, December 9, 2010

muffin pisang coklat

Posted by mimie at 12:19 PM 0 comments Links to this post


hari ini kota dumai di guyur hujan dr jam 4 subuh ampe jam 12 siang.......
suasananya rekkk.....adem pisan......
dari pada benggong kedinginan.......aku ngobrak abrik isi kulkas....
nemu pisang yang udah kelewat mateng......
dari nggak kemakan....ku buat muffin pisang coklat aja....
yg buatnya cukup di aduk2 aja......
dan hasilnya sodara..sodara........enak.....pisang banget........heheh**narsisnya kumat**
aku share ya resepnya.......rugi kalau nggak coba......cucok bgt buat sarapan pagi......^_^


tuh...si adek ama ponakan lagi ngadep muffin yg baru mateng..**sebenernya mereka pengen narsis hueheheheheh**



cekidotttt

bahan:
A. 250 gr terigu
150 gr gula pasir
1 sdt soda
1 sdt baking powder
4 sdm coklat bubuk

B.100 ml susu cair
4 buah pisang di haluskan
100 ml minyak
pasta coklat secukupnya(1 sdm)

C.2 butir telur

D.coklat chips secukupnya

cara membuat:

1.ayak bahan A sisihkan
2.aduk bahan B dan C hingga gula larut memakai ballowisker
3.masukkan campuran terigu ke bahan cair.aduk perlahan hingga rata
4.terahir masukkan coklat chips
5.cetak di cup muffin hingga 3/4 tingginya
6.bakar dengan api sedang(190 C) hingga matang

tips.....
oven harus benar2 panas ketika adonan di masukkan
api sedang hampir besar supaya muffin bs tinggi menggunung.

sippppppppp..........selamat mencoba.......
semangat.......^_^

Saturday, December 4, 2010

pastel panggang

Posted by mimie at 7:37 PM 0 comments Links to this post


pengen banget buat camilan yang satu ini....
sering liat di milis2 kuliner.
so tadi sekalian buat risoles ya..buat pastel panggang sekalian.....
ternyata kulitnya tuh kayak kulit pai....dan rasanya lembut banget...
tapi.....heheeh....yang buat lebih suka pastel yang digoreng.....ekekkeek^_^

BTW aku share deh resepnya.....semoga aja kalian suka.....
cekidottt........

pastel panggang

bahan kulit:
500 gr terigu
250 gr margarin
2 kuning telur
5 sdm air es

bahan isi:

1 kg kentang potong kotak kecil2
1 buah wortel ukuran besar potong kotak kecil2
250 gr daging ayam tanpa kulit,di cincang
1 batang bawang prei di iris serong
4 butir bawang merah
2 butir bawang putih
1 sdm merica
penyedap rasa
garam secukupnya

cara membuat:
1.haluskan merica,bawang merah dan bawang putih.
2.tumis bawang prai hingga harum,masukkan bumbu yang telah di haluskan
3.masukkan ayam,tumis hingga matang.
4.masukkan kentang dan wortel .beri penyedap rasa.tumis hingga matang.

olesan:
2 butir kuning telur

cara membuat :
1.campur terigu dan mentega.(kalau aku ,ku mixer aja...^_^)
2.masukkan kuning telur
3.masukkan air es sedikit demi sedikit
4.giling tipis.bentuk bulat.
5.beri isi dan rapatkan.
6.olesin dengan kuning telur
7.panggang hingga matang.

risoles kribo

Posted by mimie at 7:30 PM 0 comments Links to this post
,
risoles ini ku buat untuk anter2 ke tempat sodara yang mau kenduri .
sebenernya risolesnya sama dengan yang lain.yang membedakan cuma risoles ini di balur pake tepung pangko kasar.jadi penampakannya kelihatan bergerindil gitu.
tapi soal rasa......mak nyos.....krispi bgt .....apalagi di maem anget2 plus cabe rawit......
resepnya pernah aku posting sebelumnya(martabak mini)

so ini penampakannya.......yuk di coba....

semangat........^_^