Powered by Blogger.
RSS

Monday, February 20, 2012

mengenal pengocokan telur

Posted by mimie at 8:16 AM

assalamualaikum WWB...
hari ini N3 nya bukan baking2an...
banana cake hongkong style yang ku buat kemaren masih setengah loyang....
jadi nggak ada N3 tentang kue yang ku buat...
tapi di list ada cake aurora yang harus aku coba....
abis...terpesona akan penampakan cake ini diblog che mat, kak ita masam manis dan blog ummi..
hisssss.... nggak sabar mau nyoba deh...
tapi nunggu cake kemaren abis dulu.... ^_^

hari ini ingin share tentang pengocokan putih telur aja...
dulu suka binggung,,,bagaimana putih telur soft peak atau hard peak itu....
nah....sekarang udah ngerti..jadi aku pengen sharing aja... ^_^




pic from food blog

gambar di atas adalah contoh dari pengocokan putih telur hard peak.
biasanya resep yang menggunakan hard peak ini adalah chiffon cake.
ciri2 hard peak adalah membentuk kerucut (jambul) bila mangkok di balik adonan tidak tumpah.
perlu diingat dalam pengocokan telur atau putih telur, wadah harus bebas lemak atau air.
jadi harus benar2 bersih agar mengembang sempurna.



pic from pastrypal

gambar di atas adalah SOFT PEAK
ciri2nya jika mixer diangkat, putih telur membentuk jambul dan seakan2 mau jatuh.tapi tidak jatuh.
jadi putih telurnya akan mengarah kebawah....
resep yang menggunakan soft peak biasanya adalah macaroons dan bolu hongkong yang sering aku buat.
kalau aku dalam mengocok putih telur , kocok putih telur dan cream of tar2 hingga berbuih.baru masukkan gula secara bertahap hingga habis.kocok sesuai dengan kekentalan yang diinginkan di resep...


demikian.....haduhh...aku nggak ada bakat buat nerangin...
bahasaku agak acakadut...tapi semoga bisa di mengerti yah...
semangaaaatttt...
happy baking......

2 comments on "mengenal pengocokan telur"

Yulia Sari on September 14, 2015 at 10:53 AM said...

Hai mba mimi, salam kenal, mba di dumai dimana ya? Yuli juga di dumai, ada ig atau line gak? Yuli juga hobi baking n baru suka dengan photography ni mba, boleh yuli tanya tanya ke mba soal photography, maklum mba yuli newbie

mimie on September 16, 2015 at 10:20 AM said...

to Yulia Sari : salam kenal mb yulia. . bisa ke twitter @jasmin_kitchen mb.

Post a Comment