Powered by Blogger.
RSS

Sunday, February 19, 2012

banana cake hongkong style......

Posted by mimie at 4:22 PM
ujung minggu......
selamat berujung minggu deh ..... ^_^
hari ini ceritannya saia jadi ''inem''....
mamak lagi nggak ada...
jadi dari pagi aku pul di rumah....
nyuci baju, bersihin kamar mandi ,beres2 rumah ampe masak .... saia yang ngerjain....
capekkk puollllll.....
dan mamak baru pulang selasa....
watttttt ???????
hadjuhhhh........ -____-''
untung masak cm buat 4 orang.....
ah..masak yang simple2 aja....
nggak pake ribet.... ^__^"

dan dalam sibuk2pun.....
sore ini masih sempet buat banana cake.
secara di rumah banyak pohon pisang...
nggak berhenti2 deh pisang mateng,...
jadi yah saia bikin kue aja....
dari pada meubazir..... :)
banana cake yang ini aku buat pake resep bolu hongkong yang pernah aku buat sebelum ini.
cuma aku modif2 dikit.
telornya aku buat jadi 6. dan tepungnya aku tambahin dikit.
dan yang pasti aku tambahin pisang mas.....



deg degan juga buatnya....
tapi bismillah aja...
ternyata..ngembang dan bagus banget...
lembutttt....
diresep awal,menambahkan tepung dengan cara di mixer pake kecepatan rendah.
tapi tadi aku ayakkan diatas adonan dan aku aduk balik aja.
pori2nya keliatan yah....nggak kaya yang di mixer.
tapi...kalau di aduk...volume adonan nggak turun.
kue pun jadi tinggi volumenya...:)


banana cake hongkong style
rujukan resep : umek didapur
modif : jasmin kitchen


bahan A :
ayak :
150 gr terigu
1/2 sdt baking powder

bahan B :
6 putih telur
70 gr gula halus
1/2 sdt cream of tar2

bahan C :
6 kuning telur
80 gr gula halus
1/2 sdt sp
1 sdm susu kental manis putih

bahan D :
6 butir pisang mas.haluskan

bahan E :
75 gr mentega di lelehkan


cara membuat :
1. oles loyang dgn mentega.lapisi kertas roti dan oles mentega sisihkan.
2. ayak bahan A .sisihkan
3. kocok putih telur hingga berbuih.masukkan cream of tar2 dan gula.masukkan gula sedikit demi sedikit. kocok hingga soft peak. jika mixer di angkat. putih telur akan berbentuk jambul,dan akan mengarah ke bawah.tapi tidak jatuh. sisihkan.
4. kocok bahan C hingga putih. masukkan susu kental manis.kocok hingga rata.
5. masukkan bahan kuning telur ke putih telur.kocok dgn kecepatan plng rendah.
6. ayakkan campuran terigu ke adonan. aduk balik perlahan2 menggunakan spatula hingga tercampur rata.
7. masukkan pisang aduk balik hingga benar2 rata.
8. masukkan mentega cair. aduk perlahan hingga rata.
9. bakar hingga matang. aku kurleb 50 menit.
sebab aku pake oven tangkring.

cake ini akan mengembang banget.
tapi lembut..kayak cake ciffon.
aku suka banget dengan teksturnya...nggak seret walaupun irit telur.... ^_^
selamat mencoba deh....
nggak bakalan nyesel..... :)





0 comments on "banana cake hongkong style......"

Post a Comment