Powered by Blogger.
RSS

Friday, January 14, 2011

siomay

Posted by mimie at 10:07 AM

jajanan khas bandung yang satu ini emang nggak pernah ada matinya....
buat ku yang tinggal di riau emang nggak pernah makan siomay yang asli dari bandung sono,kejauhan cinnnnn...
tapi sering banget beli di abang2 yang jualan pake gerobak dorong...
si abang tau aja...kalau lewat depan rumah,mukul tek2annya kenceng2 dan jalannya di perlambat..
heehee......biasa langganan sih......
tapi aku rasa kok kayak kurang sreg sama rasanya....kayak kurang kerasa ikannya.....ya,maklum namanya juga siomay murah meriah.....^_^
so mau coba2 buat sendiri........dapet resepnya dari NCC

aku share ya resepnya....
cekidot......

Bahan:
  • 500 gr Daging ikan tengiri dihaluskan
  • 100 gr Tepung sagu
  • 1 sdt Air jahe
  • 1/2 sdt Lada bubuk
  • 1/2 sdt Gula halus
  • 1 sdt Minyak wijen jika suka
  • 1 sdm Ebi disangan dan direndam (agar mudah lunak)
  • Garam secukupnya.


Cara membuatnya:

  • Campur semua bahan, aduk hingga rata dan kalis, balutkan pada tahu dan telur rebus sisanya bulatkan sesuai selera.
  • Kukus siomay di dalam kukusan hingga matang, jika suka tambahkan kol yang digulung dan pare(dapat diisi dengan siomay)


Sambal Kacang

  • 250 gr Kacang tanah digoreng
  • 3 siung Bawang putih digoreng
  • 4 buah Cabe merah dibuang bijinya digoreng
  • 1 sdm Gula pasir
  • 1/2 sdt Garam
  • 400 ml Air matang
  • Kecap manis dan jeruk limo secukupnya.
  • Haluskan semua bahan dengan diulek atau diblender hingga halus kecuali kecap manis dan jeruk limau.

Pelengkap penyajian:

  • Jeruk limau
  • Kecap manis
  • Saos tomat

Cara menghidangkan:

  • Ambil siomay yang telah matang dari dalam kukusan (kondisi masih panas), potong sesuai selera.
  • Siram siomay dengan sambal kacang, beri kecap manis dan air jeruk limo (kulit jeruk dapat dimasukkan ke dalam siomay, agar aroma lebih harum).
  • Siomay pun siap dihidangkan.




0 comments on "siomay"

Post a Comment