Powered by Blogger.
RSS

Friday, August 15, 2014

sayur bobor kangkung

Posted by mimie at 5:21 PM
  

udah lama nggak upload resep masakan ya.
kali ini aku upload sayur bobor yang ku buat semalam.
ini pun masak karena mamak lagi pergi... kepaksa judulnya..
bener kata ayu...aku jarang bener upload resep masakan, ketauan kalau jarang masak... ^_^

sayur bobor ini sayur paling mudah deh .
terasa lemak gurih dan seger.  
bumbunya sederhana tidak menggunakan cabe sama sekali. jadi buat penyuka pedas, sebaiknya membuat sambal lain ya.
sayur yang di gunakan nggak hanya kangkung, bisa juga bayam, daun kacang panjang atau daun melinjo.
kadang di campur tempe.
kali ini aku nggak pake tempe, lagi males ke pasar.
aku tambahin cabe rawit utuh agar terasa seleyer2 pedes gitu.



SAYUR BOBOR KANGKUNG


Bahan-bahan/bumbu-bumbu : 
2 ikat kangkung, disiangi
1 cm lengkuas, dimemarkan
1 lembar daun salam 

1 batang serai. memarkan
1 liter santan

bumbu halus :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar 

cara membuat :

 tumis bumbu halus hingga wangi.
masukkan lengkuas, serai tumis sebentar.
masukkan santan, masak hingga mendidih.
setelah mendidih, masukkan sayuran.
masak hingga matang.
sajikan dengan pelengkap sambal .


12 comments on "sayur bobor kangkung"

Rina Audie on August 16, 2014 at 9:08 AM said...

kalo aku biasa bikin bobor bayem pake tempe semangit. Khas banget rasanya, trus ditemeni sambel trasi dan ikan asin walaaaahhhh suwargo donya rasane hahahaaa....

mimie on August 16, 2014 at 11:19 AM said...

to Rina Audie : tempe semangit itu tempe apa mbak ??
idem mbak...sayur bobor jodohnya emang sambal dan ikan asin..hihi

Lina IbunyaAzRaf on August 16, 2014 at 11:26 AM said...

wah... enak nih mba mimie... kalo aku pernah bikinnya pake daon singkong... hmmm.. mantep digado...
hihi...

*irit nasi

HM Zwan on August 16, 2014 at 12:19 PM said...

Q kemarin beli sayur asem tp q bikin bobor hahaha...enak ternyata,dicampur tempe juga...asik,kpn2 bikin dr kangkung ah hehe

Rina Audie on August 16, 2014 at 2:08 PM said...

tempe semangit tuh tempe yang umurnya lebih dari 3 hari. Biasanya buat bumbu lodeh atau sambel tumpang. Kalo pernah makan pake bumbu tempe semangit dan merasa enak bisa ketagihan lho...

mimie on August 16, 2014 at 2:30 PM said...

to Rina Audie : owalahhh.... kalau bapak bilang itu tempe bosok mbak..hehehe.
di rumah cm bapak yang doyan. biasa mamak masak tempe bosok itu super pedes mbak. cabe rawitnya fantastis bombastis... hahah

mimie on August 16, 2014 at 2:32 PM said...

to HM Zwan : iya... sayur asem jg enak di bobor say... apalagi ada ikan asin dan sambel...walllahhhhh....

mimie on August 16, 2014 at 2:33 PM said...

to Lina IbunyaAzRaf : kalau di tempat saya, daun singkong sering di masak dengan santan kental dan agak pedas mb.
malah kalau orang medan mereka tambahin kecombrang...

Ayu Mardiyani on August 19, 2014 at 8:20 AM said...

mbak'eee... kangeeen.. hehe..
kalau sayur bobor versi keluarga kami itu pake kencur mbak jadi harum dan bikin selera makan

mimie on August 19, 2014 at 2:04 PM said...

to Ayu Mardiyani : kangen jugaaaaaa....
ternyata sayur bobor itu banyak versinya ya yu.... :)

rumputilalang on June 14, 2015 at 11:28 PM said...

biasanya bobor bayam, baru tahu kangkung bisa juga di bikin sayur bobor.
maaf lama gak berkunjung

mimie on June 20, 2015 at 4:42 PM said...

rumputilalang : wahhh....harus di coba tahu kangkung mas... iya saya jg lama ng blog walking ke blog anda mas....apa kabar mas :)

Post a Comment