Powered by Blogger.
RSS

Wednesday, April 27, 2011

kue mangkok

Posted by mimie at 9:15 AM 0 comments Links to this post

kue yang satu ini emang nggak mati ditelan zaman...
dari zaman kuda gigit besi ampe sekarang masih ada..
rasanya pulen,dan nggak seberapa manis menurut ku....
hehheh...suka banget ama nih kue......
sok....coba2 buat,......resepnya dapat dari sini

Bahan:

350 g tepung beras yang bagus
250 g tapai singkong yang masak dan lembut, buang seratnya, haluskan
600 ml air hangat
300 g gula pasir
60 g tepung terigu berprotein rendah
2 sdt baking powder
pasta pandan

Pelengkap:
100 g kelapa setengah tua, kupas, parut, kukus dengan sedikit garam

Cara membuat:

# Campur tepung beras dengan tapai singkong dan 200 ml air hangat. Aduk-aduk dengan tangan hingga lembut.
# Tambahkan gula sedikit-sedikit sambil uleni dengan tangan selama 20 menit hingga tercampur rata.
# Masukkan tepung terigu dan baking powder, Aduk rata.
# Tuangkan sisa air, aduk hingga tercampur rata. Istirahatkan adonan selama 30 menit.(aku diamkan ampe 6 jam)
# Bagi adonan menjadi 2 bagian. Bubuhi masing-masing dengan pewarna, aduk rata.
# Panaskan cucing/mangkuk kecil/cetakan kue mangkok dalam dandang panas hingga cetakan panas benar.
# Tuangkan adonan ke dalam mangkuk hingga penuh. Bungkus tutup dandang dengan selembar serbet bersih. Tutup dandang.
# Kukus kembali dengan api besar selama 30 menit. Angkat dan dinginkan.
# Lepaskan dari cetakan. Sajikan dengan kelapa parut.

Tuesday, April 26, 2011

bakwan sayur...

Posted by mimie at 9:35 PM 0 comments Links to this post
semalam nggak tau kenapa....
pengen banget makan bakwan....
kebayang tuh enaknya kalau makan sama cabe rawit...beeuuhhhh
sebenernya tinggal beli sih di simpang sono.....
tapi rasanya kurang enak,truss......minyak buat menggorengnya itu lho yang buat aku ilpil..
kagak tau dah...udah berapa abad...msh dipake juga...
jadi takut.....sok.....lebih baik buat sendiri deh....enak,lebih hegienis dan dapat banyak pula...
sok....cekidot galllss......
ini aku share resepnya.....sekalian buat bahan jeprat jepret ku..




bahan:

1 buah wortel serut kasar
1/4 kol di hiris halus
toge kalau suka
1 buah daun bawang,iris halus
1 buah telur
250 gr terigu

bahan halus:

2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 sdm merica
sedikit jahe (seujung kuku)
kunyit kira kira 2 cm
masako satu bungkus
sedikit gula
garam secukunya
air seperlunya

cara membuat :

campur semua jadi satu.beri air sampai tidak terlalu kental,juga tidak terlalu encer
panaskan minyak,rendam sendok sayur yg terbuat dr alumunium dlm minyak hga panas
angkat,beri adonan secukupnya....
masukkan keminyak yg telah panas hingga lepas sendirinya
ulangi hingga habis


nahhh...nih bakwan enak banget kalau dicocol ma saus sambal bangkok,atau cabe rawit..
mak nyusss.......
aku kmrn,abis 7 boo....
ehheh......#tersipu2 tak malu...





Monday, April 4, 2011

bolu kemojo

Posted by mimie at 10:25 AM 0 comments Links to this post
kue ini merupakan kue khas dari daerahku....ya ....riau tercinta ......
dan kue ini sangat mudah ditemui bila ramadhan tiba......di pasar2 ramadhan pasti selalu ketemu orang yang jual kue kemojo.

penampakannya seperti kelopak bunga.dan mempunya 5 kelopak biasanya.
sokkk.....jadi pengen buat kue ini.....
searching di mbah google dapat resepnya......
cekidott gallss ......

bahan2:

Telur ayam 6 butir

Santan 3 gelas ditambah air pandan

Margarin 250 gram

Tepung segitiga 300 gram

Gula 250 gram

garam 1/2 sendok teh

Vanili secukupnya


cara membuat :

  1. Telur dan gula diaduk;
  2. Masukan santan, tepung, dan margarin cair, aduk sampai rata;
  3. Panaskan cetakan;
  4. Tuangkan adonan kedalam cetakan dan dioven selama 45 menit pada suhu 175 derajat Celcius, dengan panas yang merata di atas dan bawah.

Sunday, April 3, 2011

pesanan ujik

Posted by mimie at 11:57 AM 0 comments Links to this post




2 april 2011
dapat pesenan dari ujik.....dia loyal costumer ku......50 buah brownis kukus di dalam cup dan 50 buah martabak mini kentang .....
sippp....laksanakan.....pesenan diambil jam 1 siang .....meskipun pesennya "ndadak"....
tapi alhamdullilah......semua siap sesuai waktunya
semoga suka ya jik....^_^
dan seperti biasa.......sebelum di jemput kuenya,ta' jepret dulu .......^_^"
masih keliatan banget ya....amatirrrrrr.........