Powered by Blogger.
RSS

Friday, May 15, 2015

Seblak Merapi

Posted by mimie at 5:56 PM


Assalammualikum wwb



kota dumai ahir2 ini mulai di turun hujan.
alhamdullilah.... 
jerebu jerebu manja itu tidak lagi menyeliputi kota tercinta.
udara pun terasa sejuk.... 
dan karena udara sejuk sejuk manja itulah, seleranya mau yang berkuah dan pedas.
di rumah jadi sering bikin soto dan mie ayam.
dan semalam jalan2 ke blog mbak endang JTT , nemu seblak basah.
duhhhh,,,,, langsung ngidam ala ebes ebes deh eikeh.... hihihi 

dulu pernah buat ,  terkena racun mb rina audie.
soalnya beliau sering banget bikin seblak.
kali ini aku sekali lagi terjatuh dan terperangkap dalam pesona seblak ini..
hayoooo  tanggung jawab mb rina...... :)

resep kali ini masih copas resep mb rina.
kali bener2 ngikutin isi resep. nggak di derhakain.
hanya saja.... cabenya aku tambahin... terinspirasi mie merapi di bandung sana yang katanya pedesnya pecah banget.
untuk kuahnya , aku tambahin air dan setelah matang aku bagi dua . begitu juga dengan kerupuknya.
karna kerupuknya menyerap cairan jika terlalu lama .
jadi, satu bagian aku campur untuk langsung di makan, sisanya uuntuk sore. 
makasih ya mb rina.
izin naroh resepnya.... sayang kamuhhhhhhh ..... hehhehe
 


SEBLAK MERAPI

resep : rina audie DAPUR MANIS


 Bahan :
75 gr makaroni pipa
125 gr kerupuk ikan mentah
2 bh sosis, potong bulat-bulat
4 bh bakso, potong sesuai selera
1 batang daun bawang, iris tipis
100 ml air kaldu
400 ml air biasa (aku 500 ml)
1/2 sdt garam
1/2 sdt gulapasir
1/4 sdt merica bubuk
bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus :
2 butir bawng merah

3 siung bawang putih
5 bh cabe merah keriting (aku 10 buah)
2 bh cabe rawit merah
2 cm kencur 


 Cara membuat :
  1. Rebus makaroni dalam air mendidih dan sedikit garam sampai matang. Angkat dan tiriskan. Rendam dalam air dingin supaya tidak lengket. Tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi dan matang. Aduk-aduk menggunakan api kecil sampai agak kering. Menyusul daun bawang, aduk rata sampai layu. Masukkan kaldu, air dan beri garam, gula serta merica. Biarkan mendidih. Jika suka kaldu bubuk/penyedap rasa boleh ditambahkan.
  3. Masukkan kerupuk mentah dan rebus sampai lunak. Setelah kerupuk matang masukkan makaroni, sosis dan bakso.
  4. Aduk sampai rata. Koreksi rasanya. Jika pada tahap ini kuah dirasa menyusut banyak, tambahkan air panas dan setelah mendidih matikan apinya. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.
 

2 comments on "Seblak Merapi "

Rina Audie on May 16, 2015 at 5:20 AM said...

waduh kuahnya rek, menggoda habis. Perasaan pingin nyeruput aja itu kuah.
Nah seblak kuah yang bener ya gini ini, hehe....kuah punyaku udah habis diisep si kerupuk, jadinya nyemek nyemek

mimie on May 16, 2015 at 3:57 PM said...

to Rina Audie : hhehe...makasih mb resepnya... iya. lbh enak banyak kuahnya ya mbak....

Post a Comment