Powered by Blogger.
RSS

Thursday, June 20, 2013

KABUT ASAP MENYELIPUTI KOTA DUMAI

Posted by mimie at 9:49 AM 10 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....
sebenernya nggak niat mau ngeblog buat sementara.
tapi.... aku ingin share saja bagaimana keadaan kami di kota dumai sekarang.
berkabut asap pekat sekali.
bahkan jarang pandang menjadi terbatas. mungkin hanya sekitar 50-100 m saja.
itu pun tergantung angin. jika angin yang datang membawa asap , maka lebih parah lagi.

anak2 sekolah  pun sementara di liburkan.
bayangkan saja jika asap itu sudah sampai ke  negara tetangga seperti singapura dan malaysia.
di sana saja mereka mengeluh akan kabut asap itu. kami yang di dumai bagaimana....
10 kali lipat dari mereka. menghirup udara saja terasa sesak sekali.
kemana2 harus memakai masker. matahari tak tampak sudah seminggu lamanya.
ya allah.. ampuni dosa kami.

mudah2an hujan segera turun. agar asap dapat berkurang.
dan mudah2an pemerintah , pemerintah setempat khususnya dapat segera menanggulangi bencana ini.
dan dapat menindak tegas mereka yang tidak bertanggung jawab cuai, teledor atau pun faktor kesengajaan dalam pembakaran lahan di wilayah kota dumai.






siang hari...langit di kota dumai berwarna kuning, tertutup asap .seperti mendung.



jam 9 pagi,..... jalanan sepi. karena anak2 di sekitar rumahku di larang main2 di luar rumah



jalan putri tujuh. jalan tersibuk di kota dumai. karena ini jalan di wilayah industri.
jam 7 pagi, ... serasa kayak di negeri dongeng... :(


kilang pertamina UP II dumai. tertutup asap pekat.

Sunday, June 16, 2013

spagheti abal abal

Posted by mimie at 1:23 PM 5 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb......
beberapa waktu lalu aku bikin spagheti... hallah....spagheti siap pakai itu.
bukan giling sendiri.
abis...penasaran sama rasa makanan khas italia ini.
saosnya pun aku buat pake saos nstan juga.
hanya aku tambahi bawang bombai dan sekaleng kornet saja.
ternyata oh ternyata......
walaupun muka internasional , selera saya interlokal....eheheh (abaikan)
saia nggak doyan... orang tua dan adekku juga nggak doyan... bwehhhh
bagi ku.... mie tiau goreng 10 kali lebih enak dari spagheti.... :P
payah yah...seleranya ndeso banget.....
tapi tak apa....sekurangnya udah nyoba....

ini juga mungkin postingan terahir untuk beberapa waktu.
ada proyek yang harus di urus...
saia dapat proyek bangun jembatan sumatra jawa sodara2...ahahahah
gayanya bilang proyek.
tapi, intinya butuh perhatian dan tenaga yang tidak sedikit.
jadi... ngeblognya di tunda dulu.
allahumma yassir wala tu'assir.... semoga allah beri kemudahan
sekalian... karena ini bulan sya'ban....
mendekati 15 sya'ban.... ana mohon maap dari hujung rambut sampai hujung jempol kaki.
bila ada kata2 ana , komentar2 ana di blog temen2 semua yang tidak berkenan. mohon di makhlumi dan di maapkan #bacanya pake logat arab yo..... ^_^
lopyu pulllll........ ^_^

SELAMAT MENJAMU MATA YA.... ^_^





Thursday, June 13, 2013

HOMEMADE CHOCOLATE ICE CREAM and BANANA ICE CREAM

Posted by mimie at 10:43 AM 10 comments Links to this post

assalammualaikum wwb.....
sudah lama ingin buat eskrim sendiri.
apalagi cuaca dumai yang panas belakangan ini. entah berapa bulan kemarau. hujan hanya sesekali.
di tambah kalau buat sendiri, lebih murah dapatnya banyak dan terjamin .
ngubek2 mbah gugel, nemu banyak resep eskrim.
rata2 caranya sama saja. pake whipped cream , susu dan kuning telur.
awalnya agak ragu.... takut amis karena penggunaan kuning telur.
tapi setelah di buat, nggak amis sama sekali. 
yang tercium bau wangi susu dan coklat...
di sini aku mengganti whipped cream cair dengan bubuk.karena di dumai nggak ada whipped cream cair.
hasilnya tetap enak..lembutttt......manis .....kayak aku....eheheheheh
aku cuma 2 kali mixer lho...dan hasilnya sudah lembut kayak yang dijual2 itu... ^_^

aku buat dua versi.....
yang coklat eskrim menggunakan susu. sedangkan yang merah jambu itu aku buat dari pisang.( pernah lihat di blog mb anandina )
ya..hanya pisang...di bekukan...trus di blender dengan selai strobery....
rasanya..... ???? ya enaklahhhh..... hanya saja tidak bisa selembut eskrim coklat yang menggunakan whippedcream....







HOMEMADE CHOCOLATE ICE CREAM
RESEP : cakefever

300 ml susu cair full cream
1/2 sdt esens vanili (aku pakai vanila extract)
30 gram coklat bubuk
6 kuning telur
175 gram gula pasir
600 ml krim kental (aku pakai 200 whippedcream bubuk dicampur 600 ml air dingin)
250 gram dark cooking chocolate, cincang kasar


Jerang susu cair dan esense vanili dalam panci dengan api kecil. Ambil sekitar 50 ml susu untuk dicampur dengan coklat bubuk, aduk sampai coklat bubuknya larut, lalu tuangkan ke dalam panci susu. Masak sambil diaduk hingga mendidi perlahan, angkat.

Kocok kuning telur bersama gula pasir dengan mikser kecepatan sedang selama 3 menit (tergantung mikser masing-masing ya) sampai mengental dan berwarna pucat.

Tuang larutan susu-coklat ke dalam kocokan kuning telur yang telah mengental, adu dengan spatula/whisk hingga rata. masukkan kembali campuran ini kedalam panci bekas merebus susu, jerang di atas api kecil selama 3-4 menit hingga adonan mengental (jangan sampai mendidih)

Masak krim kental di panci dengan api kecil. Ketika sudah timbul gelembung-gelembung kecil, masukkan dcc cincang. Angkat pancinya lalu aduk hingga seluruh coklat meleleh dan adonan terlihat licin.

Masukkan adonan susu-telur ke dalam adonan krim-coklat, aduk rata. Biarkan hingga dingin. Selesai fase ini, aku langsung memasukkan adonan ke ice cream maker dan diaduk-aduk sampai 1 jam sebelum akhirnya menjadi es krim. 

Untuk yang belum punya ice cream maker, maka masukkan adonan dalam freezer kira-kira sampai 3 jam, keluarkan lalu kocok dengan mixer sampai lembut selama 5 menit. Ulangi proses ini sampai 3-4 kali hingga diperoleh adonan yang lembut.






BANANA ICE CREAM

bahan :
pisang ambon ~ iris dan bekukan di kulkas
selai kesukaan ~ selai kacang, coklat atau strobery
2 sdm susu kental manis
2 sdm madu

blender semua bahan jadi satu.
bekukan di freezer. keluarkan. mixer hingga lembut.
lakukan beberapa kali hingga eskrim lembut.

Wednesday, June 12, 2013

SOTO MEDAN untuk kesekian kalinya

Posted by mimie at 9:46 AM 0 comments Links to this post

assalammualaikum wwb...

indonesia itu kaya akan kuliner,
bayangin aja...untuk soto saja, setiap daerah punya ciri khasnya masing2.
ada soto madura, soto betawi, soto padang ,soto makasar juga soto medan.
nggak kesebut semuanya... karena pasti banyak banget... ^_^

di rumah, kalau pada nggak selera makan, bosan dengan menu yang itu2 aja, biasanya mentoknya bikin soto atau mie ayam.
pokoknya yang ada kuah dan seger2 gitu. 
pake sambal dan pergedel kentang. nggak ketinggalan kerupuk..... makjanggggg.... deliosso tenan.

dan ini percobaan keduaku. pertama kali bikin beberapa waktu lalu.
dan kata si ayuk mardiyani manis...aku ketinggalan jintannya.
so kali ini aku tambahin jintan...
sotonya jadi lebih wangi..... ^_^
thanks ya yukkkk......muach...muach.......

so.... nyoto yokkkkk emaknyaaaaaaa......... :)





SOTO MEDAN

bahan : 
 
500 gr ayam
500 ml santan cair
250 gr suun ,rendam air panas tiriskan
bawang merah goreng buat taburan
sambal ijo
jeruk nipis
daun seledri
kacang tanah goreng  
bahan yang dihaluskan:

8 butir bawang merah
4 butir bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdm merica
1 sdt ketumbar
1/2 sdt jintan
garam secukupnya
1 sdt gula
1/2 buah pala

ikut di tumis:

5 cm lengkuas di keprek
1 batang serai di keprek
1 batang daun bawang iris halus
5 lembar daun jeruk purut
3 lembar daun salam
1/2 bunga lawang
2 btr kapulaga








 cara membuat :


  1. tumis bumbu halus hingga harum , masukkan bahan2 lain seperti daun salam dan yang lainnya. masak hingga harum
  2. tuang santan cair.masak hingga mendidih
  3. masukkan ayam . sampai ayam matang.angkat. goreng hingga bagian luarnya berwarna kecoklatan. suir2 .
  4. Atur mie suun , toge, suiran ayam dalam mangkuk saji, tuang kuah
  5. Taburi daun seledri dan bawang merah goreng.
  6. Sajikan hangat dengan pelengkapnya.

Monday, June 10, 2013

MOIST BANANA CAKE

Posted by mimie at 7:59 PM 13 comments Links to this post

Assalammualaikum wwb.....
apa kabar sodara sodara.....
lagi lagi entry tertunda.
banana cakenya aku buat udah beberapa minggu yang lalu... tapi karena niat mau ngetik2nya nggak kunjung tiba. jadi sekarang di buat postingan...
apa....apa    .nggak dengar saya..... kalian kangen sama dirikuhh????
mengerti..mengerti..... saia udah muncul..so jangan kangen lagi ya....#hallahhh guayanya..... ahahah

balik ke banana cakenya.
resepnya aku pernah postingin DISINI. 
hanya saja kali ini, aku mengganti 50 gr tepung terigunya dengan tepung maizena.
sudah pasti hasilnya lembuttttt banget....manis...kayak aku.... #protes masuk angin...:P
dan satu hal lagi...aku mengocok telurnya sampe bener2 kental,.sampe jambul petruk.
dan ternyata jika mengocok telur hingga seperti itu, ketika terigu di masukkan adonan tidak akan turun...
baca tipsnya di blog bunda rikhe...makasih bun... ^_^
baru tau selama ini aku kurang lama mengocok telur... 
so....yang suka cake2 dari pisang....hayokkkk mbaknyaaaa....di bikin..... ^_^







MOIST BANANA CAKE
 resep : jasmin kitchen

6 butir telor
200 gr gula palem+ 50 gr gula halus
200 gr terigu ( 150 terigu + 50 gr tepung jagung)
150 ml minyak goreng
6 buah pisang mas di haluskan ( 4 buah pisang ambon)
1 sdt baking powder
3 buah pisang di iris2 untuk hiasan di atas cake


cara membuat :

1. kocok telur dan gula palem+gula halus hingga putih mengembang
2. masukkan terigu yang telah di campur baking powder.masukkan dengan cara mengayak di atas adonan. masukkan dalam 3 tahap.aduk balik hingga rata.
3. masukkan minyak, aduk balik hingga benar2 tercampur rata.
4. terahir masukkan pisang yg telah di haluskan. aduk perlahan hingga rata
5. masukkan ke loyang beri potongan pisang.
6. bakar hingga matang.


Monday, June 3, 2013

Puding Pina Colada

Posted by mimie at 11:40 AM 16 comments Links to this post


Assalammualaikum.....
belakangan ini kota dumai cuacanya memang panas banget.
pengennya yang manis dan dingin2.
so kemaren aku buat puding nanas. atau bahasa googlenya pina colada.
puding campuran nanas yang di blender dan santan....
terasa lemak dari santan dan manis asem dari nanas .
aku buat 2 versi. satu pake santan dan satu pake susu segar.
aku lebih suka yang pake susu. segar rasanya.
resepnya aku nemu di blog mbak yulyan parwati
izin naroh resepnya di sini ya mbak.... terima kasih sebelumnya.... ^_^





 PUDING PINA COLADA

resep : Cooking With Love


bahan : 

500 gr nanas, kupas

150 ml air

300 ml santan

150 gr santan kental

150 gr gula pasir 

1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk putih

50 ml rhum ( aku skip )

25 gr kelapa parut kasar, sangrai kering, besta dengan gula pasir (aku skip)

Nanas potong untuk hiasan (aku skip)

Manisan ceri merah untuk hiasan 
CARA MEMBUAT :
  1. Siapkan 4-6 gelas berkaki dan bermulut lebar, basahi dengan sedikit air. Cincang kasar nanas, masukkan ke dalam blender. Tambahkan air, lalu proses hingga halus, angkat, saring hingga diperoleh 600 ml jus nanas, buang ampasnya. 

  2. Campur jus nanas, santan kental, gula pasir, dan agar-agar putih dalam panci, aduk rata. Jerang diatas api sedang, masak terus hingga mendidih dan gula larut, angkat. Aduk terus hingga agak dingin, tambahkan rhum, aduk rata.
  3.  
  4. Tuang adonan puding ke dalam setiap gelas hingga 3/4 penuh. Biarkan hingga puding mengeras.
  5.  
  6. Taburi puding dengan kelapa parut dan hias dengan potongan nanas serta manisan ceri, hidangkan.

Tips : Kalau jus nanas yang dihasilkan kurang dari 600 ml, tambahkan saja air. Dan jangan lupa untuk selalu mengaduk saat puding dimasak agar santan tidak pecah.


Sunday, June 2, 2013

GADO GADO PADANG

Posted by mimie at 8:28 PM 17 comments Links to this post

Assalammualaikum wwb...
kali ini postingannya gado2.
mungkin di tempat lain hampir sama saja gado gado.
potongan tahu, kentang kukus, selada timun, toge dan telur rebus. bumbunya pun di ulek(giling mentah) kecuali kacang tentunya.
tapi di tempatku sedikit berbeda. gado gado ada mie kuning nya.
dan bumbunya di masak bersama santan.
dan baru tau ternyata namanya gado2 padang. 
kirain semua gado2 sama namanya...eheheh

resepnya sih aku lihat di sajian sedap.
tapi aku modif sesuai cara di tempatku
cabe dan bawangnya aku goreng terlebih dahulu. baru di giling.
setelah itu di tumis dan tuangi santan dan kacang.
bumbu kacangnya menjadi sedikit berminyak dan kental.
hayukkkkkk mbaknyaaaa....di coba...
sebut namaku 3 kali... di jamin enak.....hihihihi... :P        





 GADO GADO PADANG
resep : sajian sedap

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

150 gram kol, diiris halus
5 lonjor kacang panjang, dipotong 3 cm, direbus
6 lembar daun selada, disobek-sobek
100 gram taoge, diseduh air panas sebentar
1 buah ketimun, dipotong 4 memanjang, dipotong-potong
100 gram kentang, dikukus, dipotong kotak
telur rebus, dipotong-potong
100 gram mi telur, direbus
kerupuk merah
bawang goreng untuk taburan 



Bahan Saus Kacang:
250 gram kacang tanah, digoreng, dihaluskan
5 buah cabai merah keriting
2 buah cabai merah besar
1/2 sendok teh terasi, digoreng (aku skip)
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica (aku skip)
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 1/2 sendok teh garam
2 sendok teh gula merah
2 sendok teh air asam, (dari 2 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air)
550 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis 





Cara Pengolahan:

  1. Saus kacang: haluskan cabai merah keriting, cabai merah besar, terasi, bawang merah, bawang putih, dan merica.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Tambahkan kacang tanah. Aduk rata.
  3. Masukkan santan, garam, gula merah, dan air asam. Masak sampai kental.
  4. Sajikan bahan dengan disiram saus kacang. Tabur bawang goreng dan kerupuk merah.


Saturday, June 1, 2013

french toast bread

Posted by mimie at 2:16 PM 10 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....
wew....nggak terasa ya udah masuk bulan juni.
ntar nggak kerasa juga udah masuk bulan ramadhan.... 
haduh2.... bumi semakin kencang saja berputar.... :)
roti bakar ini udah lama aku buat. 
hanya saja mut mau ngeblog nggak datang2.
ada banyak foto makanan yang sempat aku ambil.
tapi ya itu... mau buat satu entry aja, malesnya nggak ketulungan. eheheh



roti bakarnya kali ini sederhana saja.
hanya mengoles (menggunakan kuas ) roti dengan campuran sedikit susu dan telur.
trus di panggang di teflon yang telah di olesi mentega.
jadi deh...
aku sengaja mengoles saja tidak mencelupkan ke adonan telur supaya rotinya tidak terlalu basah.
tapi banyak resep yang mencelup roti ke adonan telur.
so, ikut gampangnya aja ya.... ^_^




french toast bread
ala jasmin kitchen

bahan :

roti tawar
3 butir telur
50 ml susu segar
mentega untuk mengoles teflon
selai kesukaan.

cara membuat :

aduk jadi satu telur dan susu segar.
oleskan dengan menggunakan kuas besar ke roti.
panggang ke teflon yang telah di olesi mentega hingga kuning kecoklatan.
hidangkan bersama selai fav...