Powered by Blogger.
RSS

Tuesday, March 26, 2013

PROL TAPE KEJU DAN BUAH KERING

Posted by mimie at 10:43 AM 14 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb...
salam selasa .............
hari ini mostingin kue berbahan tape lagi... ya..tape lagi.
secara aku emang doyan dengan pangan olahan dari tape.
kebetulan, mbak rina yang cantik (kyk pernah jumpa) mostingin proll tape keju beberapa waktu lalu.
langsung aku catet . 
tergoda dengan penampakan buah2 kering di dalamnya. sedikit berbeda dengan proll tape lainnya.
benar saja.... endang bambang gurindang.
enak...walaupun sedikit lebih padat dari proll tape yang biasa aku buat.
si abang dan si rin juga tadi pagi pada motong kuenya buat bekel di kantor.
senengnya gini kalau buat kue..... semua pada doyan..... ^___^
makasih mb rina..... izin nyontek resepnya ya.... 
sedikit aku modif takaran tepungnya...aku tambah jadi 100 gr dan aku nggak pake sukade. lagi nggak ada stock. aku pake cery yang aku potong2 kecil.

motreknya masih pake BB rin. si mbep masih di medan.
tadi pagi2 bener aku motreknya. pengalaman yang sudah2, motrek pake hp susah bener nangkap cahaya.
so, tadi pagi aku motrek sebelum matahari keluar tapi sudah cukup terang. jadi tidak begitu silau.
nggak pake reflektor ,karena aku motreknya di luar...ya...diluar sodara2.
beratapkan langit biru.....xixixixi









PROL TAPE KEJU DAN BUAH KERING
resep : DAPUR MANIS

Bahan :
500 gr tape singkong yang matang, manis dan empuk
50 ml susu kental manis
2 butir telur
100 gr gula pasir
75 gr tepung terigu
125 gr margarin leleh
150 gr campuran kismis dan sukade
100 gr keju cheddar parut


 Cara membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 20x20cm, alasi kertas roti dan olesi margarin. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.
2. Buang serat tape dan haluskan menggunakan garpu. Tuangi susu kental manis, aduk rata.
3. Dalam wadah lain kocok telur dan gula dengan mixer speed sedang sampai gula larut. masukkan tape halus, kocok sampai rata.
4. Masukkan tepung terigu, kocok perlahan sampai rata. Jika dirasa terlalu berat, matikan mixer dan aduk menggunakan sendok kayu sampai rata.
5. Masukkan margarin leleh, aduk sampai rata. Terakhir masukkan kismis, sukade dan sebagian keju parut, aduk rata.
6. Tuangkan ke dalam loyang, taburi dengan sisa keju. Panggang dalam oven selam 1 jam. Setelah matang, keluarkan dari oven dan dinginkan. Potong potong kemudian sajikan.


Sunday, March 24, 2013

jualan lagi.... roses cake

Posted by mimie at 8:09 PM 11 comments Links to this post




assalammualaikum wwb...
wahhhh...ahirnya nulis entri lg.
kali ini hanya ingin mostingin cake pesenan ...
setelah lama nggak nerima pesenan. maklum.... seleb papan selancar.
sibuk sana ....sibuk sini....hihihi.
yang mesen ingin bunga2. warna merah katanya. buat pacar.
ok deh... aku buat roses cake dengan 3 gradasi warna merah. dan base cakenya pake  resep brokus ny.liem.
lumayan... setelah sekian lama nggak megang spuit... lumayan acakadul... eheheh
terima kasih pesenannya.... semoga suka ya.... ^_^




Tuesday, March 12, 2013

Drop Pumpkin Doughnut

Posted by mimie at 1:01 PM 6 comments Links to this post



Assalammualaikum wwb.......

hari ini postingannya Drop Pumpkin Doughnut.
nemu resepnya di countrydoor .
udah lama penasaran sama resep ini. ternyata kalau kita ini mah godok2....ahahha
tadi..pagi pagi sekali aku bikinnya.
niatnya... untuk bekal si abang dan rin kerja gitu. kan lumayan buat cemilan mereka di kantor.
biar badan mereka nggak cungkring kayak belalang.... -___-"
tapi..... ternyata..... aku nggak tau yang hari ini libur nasional.hari raya nyepi.... #glodak
haduh...haduh......
payah..... biasa jadi penggangguran ya gini...ng tau tanggalan....eheheheh

masih motrek pk BB nya rin...
lumayanlah...lumayan ngeblur....wkwkwk
makhlum....si mbep lagi di reparasi di medan.
dan ayu mardiani bilang, kata mekaniknya si mbep rusak diagframanya...
weleh2.... kirain lensanya yang rusak...mudah2an cepet sembuh ya mbep....
dan untuk ayu..... jazakillah khoiron khatsiron.....
terima kasih atas bantuannya dan kiriman hijabnya...

semoga allah membalas kebaikan ayu...aminnnnn.....
saia tunggu dirimu di kotaku yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...... ^_^




resepnya aku ganti ke ukuran gram....supaya lebih gampang.
dan aku modif sesuai apa yang ada.....

 Drop Pumpkin Doughnut
rujukan resep : countrydoor .


BAHAN :

165 gr tepung terigu
1 butir telur
300 gr labu manis ,kukus haluskan
60 ml susu cair
50 gr gula
1 sdt bumbu spekuk (aku skip)
1 sdt vanilla esens
1 sdt baking powder
 minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT :

campur jadi satu tepung terigu, gula, bumbu spekuk dan baking powder. sisihkan.

di wadah lain campur jadi satu labu manis, susu, telur dan esen vanila.

campurkan bahan cair ke bahan kering, aduk hingga tercampur rata.

dengan bantuan dua buah sendok... bentuk2 bulat dan goreng hingga kuning keemasan .(pake api kecil)

hidangkan dengan taburan gula halus atau gula palem.




Sunday, March 3, 2013

mpek mpek palembang (lagi)

Posted by mimie at 9:43 AM 4 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....
ahirnya..... ngeblog lagi...
kirain setelah kamera sony ku ngadat , bakalan op dulu...xixixi
hari ini berbeda...fotonya aku ambil menggunakan blackberry adekku.
yah..... seadanya.... nggak apa2 ya.
yang penting narsis....


ini juga dalam rangka ikutan nyetor PR group kulkas.
tema bulan maret ,mpek mpek palembang....
resepnya udah sering aku postingin.... di sini







EMPEK EMPEK PALEMBANG

BAHAN:

500 gr ikan, ambil dagingnya, haluskan  
150 gr tepung terigu (gandum)  
450 gr tepung tapioka  #di sesuaikan dengan adonan  
400 ml air mendidih  
1 bonggol bawang putih  
1 butir telur  
penyedap rasa  
garam secukupnya  
telur untuk isi


cara membuat :
haluskan bawang putih bersama garam, penyedap rasa dan telur hingga halus.(pake food processor atau di blender aja kayak aku).

setelah halus, masukkan daging ikan . tambahkan sedikit air agar memudahkan memblender. sisihkan.

sementara itu, campur jadi satu tepung terigu dan air mendidih .(sedikit demi sedikit). aduk2 hingga membentuk bubur . masukkan campuran daging ikan tadi ke dalam adonan terigu. aduk hingga tercampur rata.

masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga bisa di pulung. jangan terlalu keras. sedikit lengket2 di tangan tidak apa2. lumuri saja tangan dengan tapioka agar tidak lengket.

bentuk adonan sesuai dengan kehendak. bisa di bentuk mpek2 kapal selam yang berisi telur atau di bentuk lonjong saja.

rebus di air mendidih hingga mengapung. (jangan lupa air rebusannya di tambah sedikit minyak goreng agar mpek2 tidak lengket satu sama lain )
 
setelah mengapung, angkat .dan masukkan ke baskom yang berisi air dingin. biarkan sebentar. tiriskan dan goreng hingga kulitnya berwarna kekuningan.

hidangkan dengan kuah dan irisan timun.





kuah cuko

bahan :

500 ml air  
250 gr gula aren  
7 siung bawang putih  
5 sdm air asam jawa (sesuai selera)
5-10 butir cabe rawit (sesuai selera)

cara membuat :
haluskan semua bahan kecuali air. rebus hingga mendidih. lakukan tes rasa sesuai selera. sajikan.