Powered by Blogger.
RSS

Monday, January 28, 2013

SAMBAL GORENG HATI DAN KRECEK

Posted by mimie at 9:35 AM 4 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb.....
beberapa hari lalu lihat mbak rina audie mostingin sambal goreng hati dan krecek.
langsung ngidam deh....
secara itu lauk favoritku. di rumah kalau ada acara kenduri atau wirid, pasti lauk ini tidak ketinggalan.
hanya saja kami tidak menggunakan krecek. 
bagi yang tinggal di sumatra ,kita menyebut krecek itu kerupuk jangek.
dan ternyata penambahan si krecek aka kerupuk jangek ini menambah enak sambal gorengnya...
widihhh.....jadi nambah2 deh....^_^
apalagi ada pete...... wahhhhhh....lebih cetar membahana ulala.....xixixixi
agak aku derhakakan dari resep asal sedikit...
aku menambahkan kecap manis dan hati empelanya tidak di rebus. tapi langsung di goreng hingga matang.
hati2 ya ketika menggoreng hati empelanya, karna mudah meletus.
sebaiknya wajanya di tutup supaya tidak mencrot kesana kemari.

ijin naroh resepnya yo mb rina cantik..... ^_^
barakallah ilmunya....







SAMBAL GORENG HATI DAN KRECEK
rujukan resep : DAPUR MANIS

Bahan :

4 butir kentang ukuran sedang, kupas, potong dadu
4 bh ampela ayam, rebus, potong dadu
4 bh hati ayam, rebus, potong dadu
50-75 gr krecek/krupuk kulit
1 papan pete, kupas, potong 2
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
300 ml santan encer (dari sisa perasan santan kental tadi)
2 bh cabe merah besar, potong bulat tipis
3 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam

1 bungkus kecap manis Rp.500 ~aku tambah
1 batang serai, memarkan
sepotong kecil lengkuas
garam, gula, merica bubuk secukupnya


 Bumbu halus :

10 butir bawang merah ~ aku pake 8 siung. yang 2 siung di iris2
5 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar ~ aku pake 5
3 cm kunyit
3 butir kemiri


Cara membuat :


1. Goreng kentang dalam minyak yang banyak sampai matang. Angkat dan tiriskan.


2. Panaskan kembali sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas. Tumis sampai bumbu halus agak matang.


3. Masukkan pete, ampela dan krecek, aduk rata. Biarkan krecek agak layu dan sedikit mengempis. Tuangi santan encer dan biarkan mendidih. Beri garam, gula dan merica.


4. Setelah santan agak menyusut, masukkan kentang, ati dan cabe merah. Tuangi santan kental dan biarkan mendidih. Cek rasanya. Masak sampai bumbunya agak meresap kemudian matikan apinya.

Sunday, January 27, 2013

ES MERAH DELIMA

Posted by mimie at 1:45 PM 2 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....
beberapa waktu lalu, ngelihat temen ku annalisa ummu abel ngeshare ft tentang blog lain yang ngambil foto dari blog beliau tanpa izin dan lebih menyedihkan lagi watermarknya ikut di crop.
huhuhu....sedih ya kalau kayak gitu.
foto2 ku yang acakadut juga banyak di caplok blog lain.
kalau blog2 biasa, blog abal2 mah nggak seberapa. lah ini, blog terkenal dengan iklan segambreng juga ngambil foto ku. lah dalahhhhh.....
itu di crop juga....haisssss...... so rude......

ah..lupakan lah....
males mikirin seperti itu.
pencurian konten blog itu bentuk ketidaktahuan dan ketidakpedulian kalau tidak mau di sebut kebodohan.
#banting adonan roti


kali ini aku postingin es merah delima.
beberapa waktu lalu temen fb ku ayu mardiani ngeaplot bubur biji delima.
mirip banget sama es merah delima. bedanya nggak pake es aja.
jadi kepengen..... ^_^ 
kata mega, enak dan di hokben juga ada.
aku sih baru pertama kali ini bikin. lumayan lah menurutku.
buat selingan waktu panas2 gini.
kalau mega buat menggunakan sirup gula.
kalau aku mah santannya langsung aku kasi gula aja.
nggak repot.
buat yang ingin nyoba resep versi temenku mega, bisa berkunjung ke DAPUR LAVENDER
    


Es MERAH DELIMA

bahan :
500 gr bengkoang
100 gr tepung sagu/kanji
50 gr gula halus
500 santan kental yang di peras dengan air matang
esens vanily
200 gr gula
2 lembar daun pandan
sedikit garam

susu kental manis ~jika suka


cara membuat :
1. potong kotak2 kecil. beri pewarna hingga rata.gulingkan ke tepung sagu yg telah di campur 50 gr gula halus.
rebus hingga mengapung . jika ingin tebal bisa di lakukan 2 kali.
rebus cukup sebentar saja.hingga mengapung saja.jangan terlalu lama. jk terlalu lama, tepung sagu akan terlepas dari bengkoang.
setelah di angkat rendam di air dingin agar tidak bergumpal. sisihkan.

2. jerang santan, gula, garam, esens vanilly dan daun pandan hingga hangat saja sambil di aduk2.
kalau aku .: aku tambahi 1/5 kuntum bunga lawang dan 1cm kayu manis agar lebih harum

3. masukkan bengkoang tadi ke dalam gelas saji. tuang santan dan serutan es.dan susu kental manis

4. ambil sendok... lahap dengan nikmat...hihihihi

BUBUR MUTIARA

Posted by mimie at 12:42 PM 2 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....
happy weekend everyone....^_^
selamat berujung minggu...
panas panas gini minum yang adem2 kayaknya enaknya....
dumai sekarang panas lagi.... kering banget udaranya.
dan karena kemaren ngerebus sagu mutiara rada banyak, sisa buat kue cantik manis itu aku berdayakan aja.
aku bikin bubur mutiara. tapi aku tambahi es batu biar seger.
di tambahi pisang dan roti...aduhai ..ulala.... ^_^
buatnya gampang banget. tinggal merebus sagu mutiara hingga bening.lalu rendam air dingin agar tidak menggumpal. di tambahi santan manis dan bahan tambahan sesuai selera.
done....^_^





BUBUR MUTIARA

 Bahan :

750 ml santan dari 1/2 butir kelapa
3 lembar daun pandan
200 gr gula pasir,

1/2 sdt garam
100gr nangka atau pisang potong dadu
250 gr sagu mutiara kering
air untuk merebus sagu mutiara


cara membuat :

1. Masak santan bersama daun pandan, gula dan garam sampai mendidih sambil aduk-aduk agar santan tidak pecah. .
2. Rebus sagu mutiara dalam air mendidih sampai mengembang, berwarna bening dan matang, angkat, tiriskan. Siram dengan air dingin, sisihkan.
3. Masukkan sagu mutiara rebus ke dalam mangkok, siram dengan kuah santan, beri toping irisan nangka.
4. Bubur sagu mutiara siap disajikan hangat atau dingin.


Note:
*perlu diingat bahwa sagu mutiara ini mudah menyerap cairan, sehingga akan lebih baik apabila pencampuran kuah santan dan sagu mutiara dilakukan apabila bubur ini akan disajikan. 



Saturday, January 26, 2013

KUE CANTIK MANIS

Posted by mimie at 12:44 PM 2 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb...
selamat hari jumat buat semua...
jumat yang mulia... penghulu segala hari...
semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt... dan dapat bertemu jumat2 berikutnya...aminnnn

masih aura kue tradisional...
kali ini aku bikin kue cantik manis....
sesuai namanya, kue satu ini memang terlihat cantik dengan penampaknnya dan tentu saja manis...kayak aku...eheheheh
buatnya juga mudah banget, nggak pake ribet....
perlu di ingat, merebus sagu mutiaranya harus di masukkan setelah air benar benar mendidih.
kalau airnya masih dingin, sagu mutiaranya akan buyar menjadi tepung.
setelah matang, sagu mutiaranya segera rendam dengan air dingin.
setelah itu baru bisa di gunakan.





KUE CANTIK MANIS

bahan:

100 gr tepung hongkue
1/2 bks agar agar no 1
250 gr gula ~sesuai selera

700 ml santan cair
1/2 sdt garam
100 gr sagu mutiara ~ rebus hingga matang
1 lembar daun pandan

cara membuat :

1. rebus sagu mutiara di air mendidih hingga matang. rendam di air dingin

2. larutkan tepung hunkwe dengan 100 ml santan. saring . masukkan ke sisa santan

3. rebus bersama gula garam dan daun pandan . hingga meletup letup dan licin

4. angkat dan masukkan sagu mutiara. aduk aduk supaya sagu mutiara menyebar

4. cetak di cetakan kecil atau bungkus di plstik

5. hidangkan dingin

 

Thursday, January 24, 2013

KUE NAGASARI HUNKWE

Posted by mimie at 4:16 PM 5 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb.....
salam kamis buat semua....... ^_^
selamat maulidul rasull.....
alhamdullilah.... tadi malam , kota dumai di guyur hujan setelah beberapa waktu tidak turun hujan.
hingga pagi ini juga masih gerimis.
bertepatan dengan malam 12 rabiul awal ya.... miracle banget....^_^

belakangan ini aku pengen banget bikin kue2 tradisional indonesia,
kalau lihat di mbah gugel jenisnya banyak banget.
jadi ngublek2 resep2nya....
nemu resep kue nagasari hunkwe di blog mbak HESTI.
nagasarinya unik. berbentuk kerucut.
biasanya kan di bungkus daun pisang ya. 
yo wess...mumpung lagi ada pisang kepok, ya aku eksekusi aja resepnya.
ijin naroh resepnya yo mb hesti.
terimakasih sebelumnya.
semoga berkah ilmunya .... ^_^






NAGASARI HUNKWE
 rujukan resep : yummy for your tummy

BAHAN :

120 gr tepung hunkwe
240 gr gula pasir
700 ml santan dari 1 butir kelapa
140 ml air pandan/suji
1/2 sdt garam
2 buah pisang raja ,iris ~aku pake pisang kepok
daun pisang yang sudah di jemur ~supaya lentur # aku pake kalender yang aku buat kerucut

cara membuat :

1. siapkan  daun pisang yang telah di bersihkan. bentuk cone atau kerucut lalu plaster sambungannya.
letakkan dalam posisi berdiri di dalam gelas.

2. larutkan tepung hunkwe dengan santan dan air pandan. saring .tambahkan gula pasir dan garam

3. masak sambil di aduk.ketika akan mendidih adonan akan menggerindil. aduk cepat sampai licin dan meletup letup.sisihkan

4. tuang sedikit adonan. tata irisan pisang di sekeliling sisi kerucut.tambahkan adonan, lalu tata pisang.
terahir tuang adonan. biarkan uap panasnya hilang. dan simpan di kulkas

5. sajikan dingin lebih nikmat




Wednesday, January 23, 2013

GETUK PISANG

Posted by mimie at 10:15 AM 0 comments Links to this post



Assalammualaikum wwb....
salam rabu buat semua...

getuk pisang....????
biasanya getuk ubi ya.....
aku juga baru nyoba ini.
pernah lihat sekilas di tabloid saji dulu...sudah lama.
seingatku getuk pisang di SAJI berwarna unggu.
katanya, karna merebus pisangnya beserta kulitnya yang menyebabkan warna unggu.
tapi....aku rebus pisangnya beserta kulit kok nggak ada unggu2nya ya...
hmmm...... mau nambahin pewarna kok males. biar aja alami pikirku.




pisangnya aku menggunakan pisang raja nangka.
aku rebus beserta kulitnya. 
ini untungnya tinggal di daerah yang masih banyak kebunnya.
buah2an dan pisang kayaknya nggak ada habisnya.
kemaren bapak menebang pisang nangka dan pisang kepok kuning...
gedenya cetar membahana badai ulala....
sebagian pisang nangkanya di bikin keripik sama mamak.
aku minta di tinggalin 1 sisir buat getuk ini.
hasilnya enak...asem2 pisang nangka berpadu dengan manis dan gurih kelapa.
di buat cemilan pagi hari bareng teh hangat.....ulala..... ^_^




GETUK PISANG

bahan :

6 buah pisang raja nangka~pilih pisang tua yang masih keras
200 gr gula halus
sedikit garam
kelapa parut ~ambil putihnya saja

cara membuat :

rebus pisang beserta kulitnya hingga empuk.
setelah matang tiriskan, buang kulitnya
selagi panas, haluskan. campurkan gula dan garam.
tumbuk hingga halus benar.
padatkan di loyang. potong2 setelah dingin.
hidangkan dengan kelapa parut.




Tuesday, January 22, 2013

TUMIS PEPAYA MUDA EBI

Posted by mimie at 3:07 PM 2 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....
selamat hari selasa......
semalam jalan2 blog mbak yulyan parwati....
abis ku bongkar2 blog beliau...
foto2nya...haduh makkkk..... cakep banget..
sangat menginspirasi.....
dan tadi motrek tumis pepaya muda...
tapi kok ya.... itu kamera jadul kok ngeblur di bagian tengah focus.
akibatnya di bagian tengah "artis" itu ngeblur.
aku cek lensa kameraku..nggak ada debu atau minyak. tapi kok blur ya.
nggak biasanya....hwaaaa.....
ku mohon dengan sangat....duhai kameraku...jangan rusak ya...
aku hanya punya dirimu... kita di ciptakan untuk satu sama lain... #peluk kamera 
tapi.... nggak apa2 deh...mau gimana lagi...
blur2 pun blurlah.... aplot aja...yang penting narsis.....:P







kembali ke tumisnya....
ceritanya semalam ke pasar lihat ibu2 jual pepaya muda di plastik putih setengah kiloan.
udah di serut memanjang....
jadi kepengen numis atau gulai hijau ...pasti enak.
dan pilihanku ahirnya jatuh ke tumis aja.
resepnya standar. pake ebi biar terasa lebih gurih. 

TUMIS PEPAYA MUDA EBI

bahan :

1 buah pepaya muda ~ serut memanjang
50 gr ebi ~ rendam air panas
1 batang daun bawang ~ iris menyerong
1/2 sdt merica
cabe rawit ~ sesuai selera
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 buah kemiri
garam secukupnya

cara membuat :

1. haluskan ebi ,cabe rawit , bawang merah ,bawang putih dan kemiri

2. tumis daun bawang hingga setengah masak. masukkan bumbu halus. tumis hingga wangi.

3. masukkan pepaya muda. aduk2 hingga mengeluarkan air.
kalau kurang air, tambahi air secukupnya.

4. lakukan tes rasa. hidangkan





Saturday, January 19, 2013

PERKEDEL KENTANG

Posted by mimie at 4:15 PM 0 comments Links to this post


assalammualaikum wwb.....
selamat berujung minggu buat semua....

alhamdullilah....setelah beberapa waktu kota dumai gersang nggak ada hujan... 
hari ini mulai di basahi bulir2 air dari langit....#duilah bahasaku.... ^_^
walaupun nggak deres, tapi lumayan bikin udara sejuk.

dan hari ini bikin perkedel kentang juga...
enaknya kalau ada soto ya...
tapi ini di gadoin aja....hihihi
fav di rumah...semua pada doyan.
lagian buatnya gampang dan murah cinnnnn...... ^_^




 PERKEDEL KENTANG

bahan :  

1/2 kg kentang, kupas, potong2 dan goreng. haluskan selagi panas.  
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah  
1 sdt merica
1/4 pala  
1 batang daun bawang , iris tipis daun seledri, rajang halus  
garam  
minyak untuk menumis dan menggoreng  
1 butir telur, kocok lepas untuk mencelup pergedel

cara membuat :  
1. haluskan merica, bawang putih, bawang merah dan buah pala .   
2. tumis daun bawang hingga layu, masukan bumbu halus .tumis hingga wangi.  
3. campurkan tumisan bumbu tadi ke kentang yang telah di haluskan. masukkan juga daun seledri.aduk  hingga tercampur rata.  
4. bentuk bulat2 gepeng.  
5. celupkan ke kocokan telor. goreng hingga kuning keemasan.



Friday, January 18, 2013

gulai nangka muda dalam bingkai satu gambar seribu cerita

Posted by mimie at 10:35 AM 3 comments Links to this post

assalammualaikum wwb.....
mungkin kita pernah mendengar satu gambar seribu cerita ya....
ya benar...di dalam sebuah gambar atau foto memang mempunyai kisahnya tersendiri.
di sini aku hanya ingin bercerita dan berbagi pengalaman yang tak seberapa .
jangan bilang berbagi ilmu ya...karna malu... ilmunya tidak seberapa, masih meraba2, masih tanya sana sini .
tapi semangat tetap menjepret sesuatu itulah yang selalu ada....^_^

aku sering mendapat email ,yang bertanya make kamera apa ???
dan dengan tersenyum2 aku balas...aku masih setia dengan kamera saku sony W350 yang ku beli 7 tahun yang lalu.
aku rada alergi sama kamera DSLR.....alergi harganya maksudnya...ehehehe
selalu berangan2.....kapan ya...kamera DSLR bisa murah ??? eheheh
sering banget terkagum2 dengan hasil jepretan kamera canggih itu.
tapi berhubung fulusnya belum terkumpul2...yah..... rasanya harus cukup senang megang kamera saku.


ok lah....
aku ingin cerita tentang foto2 yang aku jepret semalam ini.
gulai nangka muda...... hayo2....para pria....nangka muda ya....bukan daun muda apalagi bini muda...ahahah
foto ini aku ambil sekitar jam 1 siang.
aku motreknya dengan bayangan di bagian belakang. pernah aku bahas di sini.
dan untuk supaya gulainya dapat cahaya penuh, aku minta tolong bapak megang reflektor agak tinggi di sebelah kanan bawah . jadi gulainya terang sedangkan bagian belakang sedikit gelap.
makasih pak..... lop yu pull.....^_^
karena aku tidak mempunyai tripod, aku menggunakan kaleng kerupuk sebagai "ganjel".
supaya kameranya steady. soalnya tanganku suka gregeli.
ternyata hasilnya memang berbeda, tidak blur.
dan lumayan fokus.....hhihi . 
melas dan sedikit maksa ini ceritanya...
lain kali aku mau nyoba menggunakan timer. agar meminimalkan getaran ketika menekan sutter kamera.
sedangkan alasnya aku menggunakan baju tradisional jawa punya adekku ugi.
dia ngelirik2 aja bajunya aku pake sebagai alas....hihihhi
dan proopnya aku menggunakan piring dan mangkok yang aku beli di pekan baru dengan harga murah banget. sepasang nggak nyampe 20 ribu kok....
sedangkan jar untuk jus di belakang itu aku beli waktu diskon di ramayana.
satu jar dengan 2 gelas di hargai 13.750.....
wahahahah....apalagi....angkutttttttt...:P


nah,,,,mengenai proop dalam food fotograpy....
bagiku...aku nggak terlalu ngoyo .
maksudku,,,aku nggak memaksakan diri untuk membeli segala pernak pernik.
aku sesuaikan dengan budget saja.
asal bagus dan murah.... beli.dan belinya juga hanya satuan.
tapi buat teman2 yang mempunyai kantong tebal.... monggo di borong ....eheheh

dan kali ini aku ingin bilang ,aku seneng dan bangga banget dengan semangat ayu mardiani ,teman fb ku.
walaupun dengan hp...fotonya ajib deh...
keep jepret yo yu....^_^
ternyata alat bukan menentukan hasil ahir sebuah foto.
tapi, orang yang menggunakan alat itulah yang berperan penting.

keep jepret..... ^_^










Thursday, January 17, 2013

acar kuning matang

Posted by mimie at 10:51 AM 2 comments Links to this post


Assalamulaikum wwb....
apakabar ya orang2 di luar sana.....
lihat berita .....duh....turut berduka cita buat warga jakarta yang lagi terkena musibah banjir.
agak ngerih juga kalau tinggi airnya sudah sepinggang orang dewasa.
dan biasanya kalau sudah seperti itu penyakit juga mudah menyebar,.....
mbak rina audie dapur manis dan mega dapur lavender..... semoga baik2 saja ya...^_^
beruntung kota dumai masih aman damai.
kalau banjir pun cuma sedengkul. dan cepat surut.
kalau di rumah banjir paling juga semata kaki... ehehe




dan hari ini postingannya tentang acar kuning matang.
ini sayur kesukaanku.... dan sayur yang di jauhi adekku ugi...hihihi
aneh dia...lha wong sayur enak gini kok nggak suka.
perpaduan masam, manis dan pedes ,sungguh pas banget.
apalagi di temani ikan goreng atau ikan bakar,,,,
wallahhhh....... nambah trussss....^_^
resepnya pernah aku postingin di entry sebelumnya.
dan kali ini motreknya terinspirasi dari blog kak ita masam manis.
tapi.... jangan di banding2in ya.... 
saia masih meraba2...masih belajar....  :)

 


ACAR KUNING MATANG

bahan :

2 buah timun iris memanjang,buang isinya
2 buah wortel potong memanjang
100 gr kacang panjang potong 5 cm
1/2 buah nanas, potong2
500 ml santan cair

bumbu :

2 siung bawang putih *
3 siung bawang merah *
5 butir kemiri*
3 cm kunyit*
4 siung bawang merah belah jadi 4
1 serai di memarkan
2 lbr daun salam
3 sm lengkuas di memarkan
1 sdm cuka
gula
garam


 cara membuat :

1. haluskan bahan yang bertanda *
2. tumis bumbu halus masukkan bumbu yang lain.tumis hingga wangi.
3. masukkan santan. aduk2 supaya santan tidak pecah
4. masukkan sayuran.masak hingga matang

Wednesday, January 16, 2013

MIE ACEH

Posted by mimie at 10:12 AM 2 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb...
hari sabtu yang lalu, lihat acara wisata kuliner di trans tv.
si pak bondan mak nyus nyobain mie aceh titi bobrok di medan.
ngelihat mie yang berkuah kemerahan2 itu ..alamakkkk...
langsung mengidam.... mengalahkan mbak ummu fatima pula aku...
hai umm..... semoga tetap sehat yo umm...^_^ #lambaikan tangan ke jepang

mie aceh ini ,mie yang kaya bumbu.
kalau menurutku kayak mie kari deh. karna bumbunya emang seperti bumbu kari.
apalagi penambahan kepiting.... hadusshhhh....
bayangain wanginya saja bikin nggak sabar pengen coba.
tapi karena aku lagi nggak ada stock kepiting (emang nggak pernah beli...mahal jeng ...:P)
aku pake udang aja,,,,,
walllahhh........ enaknya cetar membahana badai halilintar ulala......
apalagi bikinnya pedes..... mak gobyos deh.....ehheheh

lumayan....dari pada makan mie instan....weeee....ngerih..

sekarang memang lagi mengurangi menyantap yang instan2 atau yang kaleng2an.






MIE ACEH
ala jasmin kitchen

bahan :

250 gr mie telor ~ seduh air panas , tiriskan
250 gr udang ~ buang kepala dan kulitnya. sisakan ekor, kerat bagian atas udang.buang kotoranya.
bakso (meat ball) ~ sesuai selera
1 batang daun bawang ~ iris serong
1 lembar daun salam
1/2 buah tomat ~potong dadu
1 butir telur ~ di buat telur orak arik
bawang goreng
kerupuk
air secukupnya

bumbu halus :

5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
1/4 sdt jintan
1/4 kuntum bunga lawang
1 buah kapulaga
5 buah cabe merah ~sesuai selera
1 sdm ebi ~rendam air panas


cara membuat :

1. tumis daun bawang hingga layu. masukkan bumbu halus .tumis hingga wangi
2. masukkan udang dan bakso. juga daun salam dan tomat.tumis sebentar
3. tuang air secukupnya. biarkan mendidih
4. masukkan mie dan telur orak arik. aduk aduk. 
5.lakukan tes rasa. 
6. hidangkan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk.

Monday, January 14, 2013

krupuk kuah , jajanan dulu2

Posted by mimie at 9:33 AM 4 comments Links to this post


assalammualikum wwb....
tentu kita semua punya jajanan vaforit ketika anak2 ya...
aku sendiri ketika jaman sekolah dasar sangat menyukai kerupuk kuah.
mungkin yang tinggal di sekitar riau dan sumbar nggak asing lagi dengan kerupuk kuah ini.
sebenernya hanya kerupuk ubi(opak) yang di beri kuah sate dan mie goreng.
tapi.. menurutku kok enak banget.
selain murah waktu itu, juga mengenyangkan....eheheh
kalau sekarang sudah sulit menemui jajanan ini.
adapun, kebersihannya di ragukan.... -____-"




so kemaren, iseng aja buat sendiri,
kerupuknya menggunakan kerupuk ubi (opak) yang banyak di jual di pasar.
mie gorengnya aku buat dari so un. biar beda aja....
dan kuah satenya aku pake resep di sajian sedap.aku modif sedikit.
rasanya pas menurutku. kayak kuah sate yang di jual uda2 itu...^_^

KUAH SATE PADANG
sajian sedap 

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah

3 siung bawang putih (aku tambah)
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica
1/4 sendok teh jintan
3 cm kunyit
2 cm jahe


1 cm lengkuas
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh garam 

1 lembar daun salam (aku tambah)
50 gram tepung beras + 50 ml air 
 750 ml. air kaldu

cara membuat :

1. haluskan semua bumbu halus.
2. tumis hingga harum.
3. tambahin air kaldu. masukkan daun salam , lengkuas. biarkan mendidih
4. masukkan campuran tepung beras.
5. aduk2 hingga meletup2.
6. lakukan tes rasa.
7. siap di gunakan.




Monday, January 7, 2013

BROWNIES KUKUS PISANG

Posted by mimie at 4:25 PM 6 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb...
selamat hari senin.....
hari ini nyoba memodif bronies kukus...
karena kebetulan ada pisang yang udah mateng banget di kulkas.
mau buat muffin wilton, kok kayaknya udah sering banget ya.
jadi aku nyoba brokus aja.
ternyata enak banget. lembut dan moist banget.
dan karena lagi nggak punya coklat dark, aku ganti dengan susu kental manis coklat.
nggak ngaruh ternyata, tetep nyoklut.....^_^




BROKUS PISANG
resep : mimie @jasmin kitchen

bahan :

6 butir telur
300 gr gula
1 sdt sp(bisa di skip jika menggunakan telur yang fresh)
150 gr tepung terigu
50 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder (bisa di skip)
1/2 kaleng susu kental manis coklat
175 ml minyak sayur
3 buah pisang ambon ,haluskan
2 buah pisang ambon, iris tipis
misis coklat secukupnya

cara membuat :

1. siapkan dandang yang telah di isi air . jerang hingga mendidih
2. sementara itu ayak jadi satu tepung, coklat bubuk dan baking powder, sisihkan
campur jadi satu susu kental manis coklat dan pisang yang telah di haluskan. sisihkan
3. kocok gula , telur dan sp hingga putih dan mengembang.
4. masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit .aduk balik hingga tercampur rata
5. masukkan campuran susu dan pisang. aduk balik. perlahan2.
6. terahir masukkan minyak. aduk balik hingga dasar adonan hingga benar2 tercampur rata.
7. masukkan ke loyang yang telah di lapisi plastik setengah adonan.
8. kukus menggunakan api sedang hingga matang. atur potongan pisang hingga rata. taburi misis,
tuang sisa adonan.
9. kukus hingga matang.





Saturday, January 5, 2013

ikan nila bakar kecap

Posted by mimie at 1:56 PM 0 comments Links to this post






Friday, January 4, 2013

TOM YAM

Posted by mimie at 11:02 AM 2 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....




tom yam.
siapa yang tak kenal tom yam. makanan khas dari thailand.
asam pedas segar dan bermacam2 isian di dalamnya.
sebenernya sudah lama banget pengen nyoba bikin tom yam ini.
tapi baru kali ini berkesempatan.
resepnya aku dapat di blognya mbak vivi.
makasih ya mbak, izin naroh resepnya di jasmin kitchen...

 kali ini aku buat tomyam dengan isian udang , cumi dan wortel.
seger banget. dan ternyata penggunaan cabe kering menambah cantik warna kuahnya.

TOM YAM
rujukan resep : makan bersama

bahan:

250 gr udang
250 gr cumi
1 buah wortel ukuran besar
3 btg Serai, iris serong tipis  
1 jempol Lengkuas, iris tipis  
3 lbr Daun jeruk, sobek sobek  
5 bh Cabe rawit segar atau kering  
4 sdm Nampla ( Kecap ikan / Fish souce )
4 - 5 sdm Nam Prik Phao / Chilli Paste ( resep di bawah atau gunakan yang siap pakai )  
4 sdm Air jeruk nipis atau lemon Garam secukupnya Daun ketumbar, cincang kasar


Caranya :  
1. siangi dan bersihkan cumi dan udang. potong2 wortel sesuai selera.  
2. Gunakan api sedang, masukan irisan serai, lengkuas, cabe rawit dan sobekan daun jeruk. Diamkan beberapa saat hingga kuah mendidih dan harum.  
3. Masukkan kecap ikan, air jeruk, garam dan nam prik phao ( chilli paste ). Aduk - aduk dan diamkan beberapa menit. Cicipi sampai rasa asin, manis dan asam sudah pas. Matikan api.  
4. Sajikan sup di dalam mangkuk dan taburi dengan daun kerumbar cincang. Siap disajikan bersama Nasi putih hangat.

 Note :  

1. Tambahkan gula pasir sedikit jika rasa manis kurang.  
2. Untuk mendapatkan kuah yang pekat atau lebih suka tidak pekat dapat menambahkan dan mengurangi penggunaan Nam Prik Phao / Chilli Paste.




 Nam Prik Phao ( Chilli Paste )
by Vivi Nowotny

Bahan :  
10 bh Cabe merah kering atau segar.  
10 bh Cabe rawit kering atau segar ( jumlah sesuai selera )  
12 buah Bawang merah, iris tipis  
8 siung Bawang putih, iris tipis  
2 sdm Ebi kering  
2 sdm Gula merah atau gula aren sisir 1 sdm Terasi bakar / matang  
3 sdm pasta asam atau gunakan 
6 sdm Air asam  
3 sdm Kecap ikan / fish souce  
120 ml Minyak sayur

Caranya :  

1. Goreng kering masing masing bawang merah dan bawang putih secara terpisah, dengan 1/2 bagian minyak ( sekitar 60 ml ). Tiriskan.

2. Goreng sebentar ebi kering, sebentar dan tiriskan.

3. Goreng sebentar cabe merah kering dan cabe rawit kering, tiriskan

4. Haluskan : Bawang merah goreng, bawang putih goreng, ebi goreng, cabe merah + cabe rawit goreng, gula merah, terasi matang, dan pasta asam. Dengan menambahkan minyak sayur bekas menggoreng tadi.

5. Gunakan api kecil. Panaskan 1/2 sisa minyak sayur, masukkan bumbu halus, masukkan kecap ikan, aduk - aduk hingga harum. Cicipi. Angkat. Siap di gunakan.



Thursday, January 3, 2013

lala gulai kuning

Posted by mimie at 11:35 AM 2 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....
  waktu liburan di pekan beberapa waktu lalu ...di ajak yin....temennya adekku jalan2.
keliling2 kota pekan baru. dari pasar bawah sampe ke panam...
dan si yin bawa kami ke satu toko .
tokonya cuma jual piring2 dan mangkok aja.
bermacam2 bentuk. piring2 yang bentuknya minimalist....
hwaaaaa.....rambang mata di buatnya...
murah2 pula......
(stttt.....piring yang aku pake ini cm 4000 lho. dan mangkoknya cm 6000)
makasih yin dan iwin..... makasih banyak.
udah mau di repotin, udah mau ngantar sana sini.
hanya allah yang bisa membalasnya....
ayo ..kapan2 datang ke dumai ya...^_^   




Dan kemaren itu nekat juga nemenin mamak ke pasar ikan.
cukup jauh sih, tapi kasian mamak kalau nggak di antar.
pasar ikan bundaran ini memang menjual berbagai macam hasil laut.
ada ikan lokal ada juga ikan dari luar.
dan yang pasti di sini harganya bisa lebih murah dari pasar di dekat rumahku. karena ini memang pasar ikan induk...

dan kebetulan kemaren ada yang jual kerang (aku ngak tau apa namanya). tapi di malaysia kerang itu namanya lala (keseringan nonton TV malaysia)..eheehee.
biasanya aku suka beli siput sedut...tapi nggak pinter ngolahnya.
udah di potong ujungnya pun, tuh siput nggak keluar juga ketika di sedut.
mulut udah ''bengoran'' kepedesan, siputnya nggak keluar juga.
hmmm......curious.... ada yang tau cara ngolah yang bener nggak ya????
dan ahirnya aku beli lala sekilo aja, cm 6000 rupiah. murah kan...?????
di gulai kuning kayaknya enak ya.




gulainya gulai kuning biasa.
yang pasti enak... kuahnya jadi terasa lemak banget...
mungkin karna kaldu lala itu ya.
pernah aku postingin resep gulai kuning di sini,,
tinggal ganti aja bahan utamanya ya....^_*

LALA MASAK GULAI KUNING

BAHAN:

 
1 kg kerang lala
5 lembar daun jeruk 2 lembar daun salam 1 batang serai di keprek 2 cm lengkuas di keprek 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa


 bumbu halus :
5 butir cabe rawit ( bisa di skip jika tidak suka pedas, atau di tambah jika suka pedas) 1/2 cm jahe 1/2 cm kunyit 1 sdm ketumbar 5 butir bawang merah 3 butir bawang putih garam secukupnya penyedap rasa 



cara membuat :
1. tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. 2. tuang santan. biarkan mendidih sambil di aduk supaya santan tidak pecah.
3. masukkan kerang lala. masak hingga matang. lakukan tes rasa. 4. hidangkan.