Powered by Blogger.
RSS

Friday, December 28, 2012

MIE TEKTEK

Posted by mimie at 4:51 PM 4 comments Links to this post



Assalammualaikum wwb....
masih aura liburan ya.....
dan aku sehabis liburan malah terserang flue dan batuk.
tenggorokan rasanya seperti terbakar dan badanku panas.
hayyah....ketularan pak sopir kemaren. sepanjang jalan batuk2 sopirnya.
tapi kok si rin adekku nggak ketularan ya....
hmmmm...mungkin daya tahan tubuhku memang lagi rentan.
mudah2an cepet sembuh ...ng tahan juga kalau harus batuk2 terus....

waktu liburan ke pekan baru kemaren, aku nyoba mie tektek.
murah meriah tapi enak dan mengenyangkan.
mie yang sedikit manis dan ada kuah dikit.
enak deh pokoknya.
di dumai kayaknya belum ada yang jual deh.
so gugling2 ,ternyata resepnya gampang banget.
seperti bumbu mie goreng biasa.hanya saja ada penambahan kemiri.





resepnya pake kira2 aja. sesuai seleraku.eheheh
soalnya aku nggak berapa suka manis, jadi cabenya aku tambahin.
jadi terasa pedas dan sedikit manis.
untuk satu resep ini bisa untuk 2 porsi (porsi perutku)

MIE TEKTEK

bahan :

250 gr mie kuning basah
100 gr ayam, cincang
1 buah daun bawang ~ iris serong
1/2 sdt merica
3 buah cabe merah
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 bua kemiri
sawi caisim ~ iris2 (sesuai selera)
kol ~ iris2  (sesuai selera)
1 butir telur
1 gelas air
 2 sdm kecap
2 sdm saos sambal
bawang goreng (pelengkap)
kerupuk (pelengkap)

cara membuat:

1. haluskan merica, bawang merah,bawang putih, cabe merah dan kemiri.sisihkan

2. tumis  daun bawang hingga harum, masukkan bumbu halus.
tumis hingga matang dan tercium wangi.
masukkan ayam.masak hingga matang.

3. masukkan sawi dan kol , masak lagi hingga matang. ceplokkan telur.
aduk2 cepat.

4. tuangkan air. biarkan mendidih.tambahkan kecap dan saos sambal.
masukkan mie kuning. biarkan mendidih dan matang.

5. lakukan tes rasa.
angkat dan hidangkan bersama bawang goreng dan kerupuk.
 




Thursday, December 27, 2012

CHOCOLATE BANANA WILTON MUFFIN

Posted by mimie at 10:07 AM 4 comments Links to this post


assalammualaikum wwb.
huaaahhh...ahirnya ngadep PC lagi setelah beberapa hari meliburkan diri....
selama 4 hari liburan bareng adekku rin ke pekan baru.
sekalian hunting piring buat motrek2, sekalian bersilaturahmi ke rumah magnae icha.
alhamdullilah berkesempatan berkunjung,dan merasa soto buatan icha.
sedap pake bangettt..... ^_^

walaupun perjalanan ke pekan baru yang bikin tulang belakang bengkok.
apa tidak, kalau perjalanan yang seharusnya 5 jam menjadi 8 jam.
makkk aiiii.....macet..parah banget macetnya.
dari duri hingga kandis.
sepanjang jalan kenangan macetnya...huuhuhu.
tapi alhamdullilah perjalanan pulang lancar.
liburan yang bikin tulang serasa rontok, serontok fulus yang mengalir sampai jauh....eheheheh









dan untuk oleh2 ke pekan kemaren aku buat CHOCOLATE BANANA WILTON MUFFIN
buatnya gampang banget.
rasa pisang dan coklat itu loh....muantabbbb banget.
pernah aku postingin di sini beberapa waktu lalu.
untuk resep ini tinggal menambahkan pisang ambon 3 buah yang di haluskan.

MUFFIN WILTON
resep : mbak ruri 
Bahan :
250 gr tepung terigu
230 butter
110 cc air
2 gr garam (klo dah pake butter salted, gak usah pake garam)
200 gr telor (timbang gak pake kulit)
300 gr gula (bisa dikurangi sampai 30%)
8 gr baking powder
50 gr bahan tambahan sesuka hati (Coklat chip, keju, atau aneka selai)

3 buah pisang ambon yang matang ,haluskan
2 sdm coklat bubuk

Cara membuat :
1. Rebus butter, air, dan garam sampai mendidih.
2. Masukkan tepung terigu ke dalam kom mixer, masukkan bahan campuran butter panas-panas lalu dimixer dengan kecepatan sedang sampai hangat, memasukkan campuran butter sambil dikucuri gitu, jangan langsung dituang sekaligus.
3. Masukkan Vanili
4. Masukkan telor satu persatu
5. Campur gula pasir dan baking powder sampai rata. Lalu masukkan kedalaman adonan, kocok sampai cukup rata.
6. Masukkan bahan tambahan.
7. Masukkan adonan kedalam piping bag, potong ujungnya.
8. Semprotkan kedalam cetakan muffin, taburi atasnya dengan sisa bahan tambahan.
 
9. bakar hingga matang. 


 tips:
1. Oven harus sangat panas, klo bisa 15 menit sebelum, begitu adonan masuk turunkan suhunya.
2. Pada saat memasukkan bahan campuran margarine panas - panas sambil dimixer dengan kecepatan sedang sampai hangat. Masukkan dengan sambil dikucurin, jangan sekaligus.
3. Agar mendapatkan muffin yang seperti gunung, masukkan adonan tepat ditengah cetakan.

4. setelah mentega dan tepung di mixer, biarkan adonan sedikit dingin. (hangat kuku) . baru masukkan telur. agar telur tidak matang.

Sunday, December 23, 2012

KARI AYAM PEDAS

Posted by mimie at 12:45 PM 2 comments Links to this post


assalammualaikum wwb....
selamat berujung minggu...
selamat libur panjang.....^_^




hari ini 22 desember ..bertepatan hari ibu di indonesia...
di kesempatan ini juga aku ingin mengucapkan ke mamak ku....
makk....selamat hari mamak yo....
semoga selalu sehat, di limpahi keberkahan oleh yang kuasa....aminnnn.
terimakasih atas segala pengorbananmu selama ini...
setetespun dari keringatmu tak akan pernah terganti...
lop yu makkk..... 
juga buat ibu2...emak2....ummi2 di luar sana....
selamat hari ibu .... ^_^


kali ini aku uplot kari ayam.
di rumahku karinya memang pedas...super pedas.
kata temanku yang orang minang saja, kami kalau masak kari lebih dari orang minang sendiri.
pedesnya lepel aherat.....xixixixi
apalagi menggunakan ayam kampung... tambah leker tuh kari....
resepnya pernah aku postingin beberapa waktu lalu di sini,
kali ini aku copasin lagi deh. jika tidak suka pedes, bisa dikurangi jumlah cabenya ya.


 kari ayam/daging

bahan:

500 gr daging atau ayam.potong2 sesuai selera
1 bh bawang bombai, cincang halus
2 bh tomat potong 4
4 siung bawang putih *
5 siung bawang merah *
1 ruas jari jahe *
1 ruas kunyit *
4 bh cengkih
1 sdm ketumbar, haluskan *
1 sdt jintan *
100 gr cabe merah kering .rendam air panas*
100 gr cabe merah keriting **sesuai selera***
½ sdm kari bubuk
500 ml santan kental
160 ml kaldu
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 batang serai
4 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam


 cara membuat:

1. haluskan semua bahan yang bertanda *
2. tumis bawang bombay hingga layu. masukkan bahan2 yang telah di haluskan
3. masukkan cengkih kari bubuk serai dan merica. tuang kaldu bubuk.
4. tumis hingga harum,masukkan daging ayam .tuang kaldu
5. masukkan santan daun jeruk dan daun salam.
6. terahir masukkan tomat.
7. masak hingga matang



Friday, December 21, 2012

alit @shitlicious

Posted by mimie at 10:05 AM 0 comments Links to this post




hari ini lagi nggak mostingin masak masak.
pengen ngenalin blog yang menjadi fav ku. http://www.shitlicious.com/
blog ini bisa membuat aku tertawa hingga menangis haru.
yang punya blog alit susanto sih nggak cakep2 amat....:P
seorang mahasiswa abadi, alias kuliahnya nggak tamat2....xixixixi
kalau di lihat umurnya sih...udah nggak layak duduk di bangku kuliah lagi...wahahaah...pisss litttt.
tapi walaupun begitu si alit ini juga seorang penulis buku.
aku malah udah punya 1 dari bukunya.
di setiap postigannya , walaupun terkadang lucu gila, tapi mempunyai pesan moral.
itu yang aku suka sama blogger yang satu ini.

dan hari ini, si alit berjaya membuat aku menangis terharu.
postingan ""firasat '' itu....meluluh lantakkan hatiku.,
ah...alit...tega bener..buat pembacanya mewek2....eheheh
ada twitt dari alit yang selalu aku ingat : '' seandainya kamu tau betapa tidak mudahnya membuat orang lain tertawa di saat hati sendiri sedang cidera "
yuppss....bener lit....... bener banget..... 

apapun....semoga si mas alit ini, tetep sukses....
akan ada buku buku berikutnya.....amin
dan cepet wisuda yo..... 
ganbatte lit...... ^_^

silahkan ke blognya shitlicious deh...kalau mau tau betapa gilanya si alit... ^_^ 





Tuesday, December 18, 2012

pao #bakpao#steam bun

Posted by mimie at 8:04 PM 5 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....
salam pao sedunia.....#lambai tangan ala miss sejagat raya.... eheheh
aihhh.....aihhhh.....lihat..lihat pao ku.....
hmmmmm......mau bilang manis kayak aku....paonya nggak manis..... ah...batal.
mau bilang putih kayak aku......akunya nggak putih....hallah...batal....
tapi yang pasti ada sahabatku mega ,yang buanggganya minta amir...nyebut2 pipinya kayak pao...
hai mega..... xixixixi

pao ini aku buat hari minggu kemaren.
bukan apa,setelah tau ''menguli'' adonan roti.... aku jadi keranjingan bikin roti,donat dan pao ini.
pokoknya...kalau ntar beli baju....pasti deh... lengannya sempit sebelah....
abis...kebanyakan nguli. lengan pun jadi kekar sebelah.....wahahahahaha
ya allah.... tuhan yang maha pengasih.
jika ia jauh dekatkanlah. 
jika ia dekat , rapat kanlah.
jika ia mahal, murahkanlah...aminnnn #bayangin mixer kitchen aid.



kembali cerita tentang pao.aku pernah postingin di sini beberapa waktu lalu.
kali ini aku menambahkan tepung pao mix  ke adonan paonya.
bukan tepung pao siap jadi. tapi memang tepung khusus untuk pao.
berwarna putih seperti tepung ubi. 
tapi aku baca di boxnya untuk melembutkan pao.
dan ternyata benar sodara sodara.
paonya jadi lembuttttt...... gebusssss....gebussss.....
kayak yang dijual2 babang2 itu.

tips yang ku dapat dari mbah gugel dan sudah aku praktekin...
bahwa mengukusnya gunakan api sedang saja. dan tidak boleh lebih dari 10 menit.
agar pao yang di hasilkan mulus. tidak keriput.
soalnya paonya tidak menggunakan anti aging bu.....eeheheh#jaskiding..... ^_^

dan untuk isian dalamnya aku menggunakan misis coklat, abon dan unti kelapa.
maknyussss lah pokoe....
murah meriah , hegienis dan dapat segambreng.



PAO #STEAM BUN

resep : kak fida my recepy 

 bahan:
400 gram tepung terigu

100 gram pao mix
50 gr gula halus
250 ml air hangat
1 bks yis instan
1 sdm baking powder
1 sdt garam halus
40 gr shortening

isi : misis, abon dan unti kelapa

 cara membuat :

1. campur jadi satu terigu ,gula halus , yis instan ,baking powder dan air suam.
2. uleni hingga setengah kalis.
3. masukkan shortening dan garam halus.uleni hingga kalis.jika masih lengket tambahkan sedikit terigu hingga adonan kalis.
4. istirahatkan adonan 30 menit.jangan lupa tutup dengan plastik atau serbet basah
5. kempeskan adonan.ambil sdkt adonan ** 40 gr**.leperkan.isi dengan isian.bentuk bulat
6. alasi dengan kertas atau daun pisang. diamkan lagi hingga dua kali ganda besarnya.
7. kukus 10 menit di kukusan yang telah banyak uap airnya. jangan terlebih mengukus. ntar paonya keriput...:p


JAMUR CRISPY

Posted by mimie at 11:22 AM 2 comments Links to this post


assalammualaikum wwb.....
jamur crispy.......
ya....aku mungkin orang yang terlewat banget tau bahwa jamur di goreng itu enaknya lepel aherat...
ya..enaknya pake lepel aherat....xixixixi
sebelumnya hanya lihat2 aja resepnya di mbah google.
pikirku....jamur kok di goreng..... apa rasanya.....hmmmmm....pikiran orang udik ya....eheheeh
tapi......setelah tau...setelah lidah udik ku ini merasa.....
hwaaaa......... kayak ke ep ci..... sumpah nggak boong.....
demi hidung peseknya sule aku berkata jujur.
kriyuk2.....apalagi di santap hangat.... di cocol saos cabe pula...
alamakkkkkk.....lupa dunia...
(tulisan lebey .....silahkan muntah kalau bacanya bikin eneg)....wahahahahahaha




jamurnya aku menggunakan jamur tiram.
murah meriah dan menyehatkan...
kalau di tempatku satu packet isi 250 gr di hargai 5000 rupiah...
murah kan...... ^_^
resepnya juga guampanggggg pake banget.
aku share deh......

JAMUR CRISPY

bahan:

250 gr jamur tiram, bersihkan
1 butir telur
1 bungkus tepung bumbu siap saji (tepung KFC)
minyak untuk menggoreng

cara membuat :

celup jamur ke telur.
balurkan ke tepung bumbu hingga tertutup rata.
goreng hingga matang menggunakan api sedang
sajikan bersama saos kesukaan.



Friday, December 14, 2012

PERKEDEL JAGUNG

Posted by mimie at 5:25 PM 0 comments Links to this post


assalammualaikum.....
salam pergedel sedunia....xixixixi
sudah lama sih ingin buat cemilan yang satu ini...
sering lihat jagung muda di pasar pagi.tapi sekedar lihat aja. nggak ada niat mau buat.
dan karena semalam ingin buat cemilan yang rada beda, aku niat2in beli jagung deh.
jagungnya gede pake banget.....eheheh
dan warnanya agak putih...bukan kuning.
teksturnya lembut dan manis .
waktu si sisir pake pisau juga lembutttttt banget.


sebenernya , pergedel yang aku buat ini juga tidak bisa di bilang sejenis pergedel.
kalau aku bilang sih lebih mirip bakwan.
bumbu yang aku gunakan juga seperti bakwan(cucur udang). hanya tidak menggunakan udang saja.
buatnya juga nggak pake timbang2. pake kira2 aja.cemplang cemplung. 
yang aku ingat, aku menggunakan 3 buah jagung ukuran besar yang aku sisir pake pisau, bukan aku pipil.
ku tambahi 150 gr terigu  ,bumbu untuk bakwan , 1 butir telur dan air secukupnya.
goreng dengan bantuan dua buah sendok...
taraaaaa......jadi deh. di santap bersama cabe rawit waktu hujan2 gini..... so heaven.... ^_^



Wednesday, December 12, 2012

MOIST AND RICH CHOCOLATE BANANA BREAD

Posted by mimie at 2:46 PM 0 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....
hari ini bikin moist and rich chocolate banana bread.
ini requess 2 orang adekku itu.
si abang minta di buatin cake pisang yang lembap dan si ragil minta di bikinin kue untuk oleh2 ke kantornya.
hallah....dek....dek..
makanya cuti ya cuti aja.
jangan pake alasan pulang kampung segala. kan mereka minta oleh2 jadinya....hihihi




cake ini memang beda dengan cake pisang yang lainnya.
lembut dan lembap banget.
di tambah dengan coklat chip yang meleleh di dalamnya...
alamakkkk...jadi nambah2 deh....
cucok banget buat mereka yang suka coklat.
seperti kata mbak rina audie. pisang dengan coklat emang nggak ada matinya....
haiiii mbak.... ayo dibuat ... #manas2in
dan resepnya pernah juga aku postingin di sini beberapa waktu lalu.




RICH AND MOIST CHOCOLATE BANANA BREAD

Rujukan : hesti yummy for your tummy 
dan ita masam manis


BAHAN:


100 gm butter
120 gm gula
1 buah telur
5 buah pisang raja ~ aku pake 4 buah
 
1/2 sdt esen vanilla
150 gm tepung
1 sdt soda bikarbonat
2 sdm serbuk coklat
1/2 cup sour cream ~aku pake 1/2 cup butter milk (118 ml)
1 cup coklat cip ( 185 gr )


CARA MEMBUAT :

 Panaskan oven pada suhu 175C bergantung pada kepanasan oven
Sediakan loyang brownies ukuran 30x10 cm, oleskan dengan sedikit butter dan lapis dasar loyang dengan kertas roti.
 
haluskan pisang hingga lumat ~ ketepikan
Ayak tepung, soda dan serbuk coklat ~ sisihkan

Dalam baskom  mixer butter dan gula hingga tercampur rata.
Tambahkan telur dan mixer lagi hingga rata. Tambahkan esen vanilla, pisang dan sour crem dan terus mixer hingga tercampur rata.
Tambahkan campuran tepung, soda dan coklat bubuk yang telah di ayak dan aduk  balik dengan spatula hingga rata.
Tambahkan  coklat cip aduk rata rata.
Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan
taburkan coklat cip di atasnya .


 bakar dalam oven pada suhu 170C dengan api bawah selama 1 jam
Setelah cake masak, biarkan cake dingin atas rak kawat  sebelum dipotong
cake akak naik dalam oven dan turun sedikit setelah dingin
 Enak di makan panas atau dingin





Tuesday, December 11, 2012

char kway teow aka mie teow goreng

Posted by mimie at 8:25 PM 0 comments Links to this post


ASSALAMMUALAIKUM WWB
hari ini mostingin mie tiau goreng.
kalau di rumah memang aku yang paling doyan mie yang satu ini.
buatnya juga gampang banget. 
teksturnya yang kenyal plus mengenyangkan inilah yang membuat aku suka.
apalagi di tambahin cabe lebih.... maknyuss... ^_^



resepnya pernah aku up di sini.
tapi aku ketik copas lagi deh...
bisa juga di tambahin ayam, udang atau jamur sesuai selera.
kali ini aku nggak pake ayam atau jamur. aku tambahin sawi putih saja. karena kebetulan sawi caisimnya lagi nggak punya.
tapi tetep enak.... ^_^


 CHAR KWAY TEOW

BAHAN :

500 gr mie tiau  
1 buah daun bawang , iris sawi secukupnya, potong2  
tauge ,siangi  
1/2 sdt merica  
7 buah cabe kritng  
2 siung bawang putih  
4 siung bawang merah  
2 sendok makan kecap manis  
garam secukupnya  
1 butir telur

cara membuat :
1. haluskan merica ,bawang putih, bawang merah dan cabe.  
2. tumis daun bawang hingga wangi, masukkan bumbu halus. tumis hingga wangi  
3. masukkan kecap manis. setelah itu masukkan sawi .tumis hingga sawi matang  
4. masukkan mie tiau. aduk2 hingga bumbu tercampur rata. ceplokan telor .aduk cepat dan tercampur rata.  
5. terahir masukkan toge. aduk2 sebentar saja.
6. angkat dan hidangkan.




Monday, December 10, 2012

KROKET KENTANG

Posted by mimie at 10:57 AM 2 comments Links to this post


assalammualaikum wwb....
sudah beberapa hari ini kota dumai mendung hujan..mendung hujan...
dan karena kota dumai berada di pinggir laut, ketika air laut pasang dan hujan turun dengan lebat pula, dapat di pastikan akan banjir.
hwaaa....... sana sini air tergenang.
bersyukur wilayah di sekitar rumahku agak tinggi.
jadi airnya hanya lewat saja.
tapi tetep nggak enak kalau banjir. kasian adekku kalau berangkat kerja.
motornya suka mogok kejebak banjir....uhuhuhu....



dan karena cuacanya emang sejuk2 aja.
enaknya memang bikin cemilan yang gurih dan hangat2 ya.
dan karena mamak kemaren beli kentang lumayan banyak. selain aku buat donat kentang, aku buat kroket juga.
di cocol sama saos sambel maknyussss...... ^_^
resepnya mah hasil modif2. hampir sama dengan resep pergedel sih. hanya saja tidak menggunakan jahe.
kali ini kroketnya tidak ada isinya .tapi aku campuri serutan wortel di adonannya.
tetep enak....^_^
tapi jika ingin di isi , bisa di isi dengan rogout sayuran , daging atau tuna.
seseuaikan dengan selera saja....:)

KROKET KENTANG
 resep : jasmin kitchen

bahan :

500 gr kentang
2 butir kuning telur
20 gr susu bubuk
100 gr tepung terigu

bumbu halus:
1/2 sdt merica halus
1/4 pala di haluskan
2 siung bawang putih.
2 siung bawang merah
1 buah wortel serut.

bahan panir :

2 putih telur
tepung pangko
minyak untuk menggoreng




cara membuat :

1. potong2 kentang . goreng hingga berkurang buih2nya.itu menandakan kadar airnya telah berkurang.
tidak perlu hingga kulitnya kecoklatan. haluskan selagi panas.
campur kentang , susu bubuk dan tepung . aduk hingga tercampur rata.sisihkan

2. haluskan bumbu halus.kecuali wortel.
tumis bumbu hingga wangi. masukkan wortel. tumis hingga matang.

3. campur jadi satu adonan kentang dan bumbu halus.
bentuk oval lonjong. hingga adonan habis

4. celup ke putih telur. gulingkan ke tepung panir(pangko).
ulangi sekali lagi.
diamkan sebentar di kulkas agar tepung panir melekat sempurna.

5. goreng hingga matang

Sunday, December 9, 2012

DONAT KENTANG

Posted by mimie at 5:52 PM 2 comments Links to this post


assalammualaikum wwb...
salam donat sedunia......eheheheh
siapa yang tidak kenal donat....
cemilan berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya.
sekarang pun donat ada bermacam2 bahan tambahan.
dari kentang, labu manis, dan ketela rambat (kledek).
tapi hanya donat kentang yang baru aku coba.
yang lain menyusul..... nggak tahan nguli buuuuu.... lenganku udah besar sebelah ini....xixixi

awalnya....dulu... 
kalau buat donat kentang, ngembang sih ngembang....
tapi nggak bisa lembut kayak yang di jual2...
karna dulu ketika memasukkan menteganya, adonannya kok menjadi berminyakkkkkk banget,
pikirku....karna kebanyakan mentega. jadi aku tambahin tepung.
mungkin itu yang menyebapkan donat ku ng lembut. 

tapi, setelah beberapa waktu lalu aku belajar buat roti.
jadi tau cara menguli yang benar.
kali ini aku uli di triplek yang tebal dan ku alasi plastik.
aku uli seperti mencuci baju. caranya menekan adonan ke arah luar(menjauh dr tubuh). dan lipat kembali adonan ke dalam.(mendekat ke tubuh)
lakukan berulang2. sesekali di banting. 
ketika memasukkan mentega ke adonan, adonan memang akan berminyak dan jadi lembek banget.
tidak apa apa. tetap uli . lama kelamaan adonan akan kalis dan mentega akan menyatu dengan adonan.





donatnya empuk .dan ketika menggoreng akan tercium bau kentang goreng...
hmmmmm..... it's worthed
kali ini donat kentangnya aku beri topping keju dan misis(coklat beras) saja.
karena kebetulan hanya itu yang ada ...

lain kali ingin aku tambah komposisi kentangnya....
biar lebih kerasa kentangnya....
semoga berhasil....





DONAT KENTANG NCC
resep : NCC  
:: Penulis : Fatmah Bahalwan 

Bahan:
500 gr   tepung terigu protein tinggi
50 gr     susu bubuk
11 gr     ragi instant
200 gr   kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr   gula psir
75 gr     mentega
½ sdt    garam
4 btr      kuning telur
100 ml   air dingin


Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat. 
  6.  

Thursday, December 6, 2012

kari /gulai ikan tongkol

Posted by mimie at 4:37 PM 6 comments Links to this post


assalammualaikum wwb.....

Dari Abu Hurairah r.a., katanya: “Rasulullah s.a.w. itu tidak pernah mencela sama sekali pada sesuatu makanan. Jikalau beliau s.a.w. ingin pada makanan itu beliaupun memakannya dan jikalau tidak menyukainya, maka beliau tinggalkan – tanpa mengucapkan celaan padanya.” (Muttafaq ‘alaih)

oleh karena itu, aku tidak akan bilang ,ikan tongkol itu tidak enak.
ya enak lah....buat yang suka.
jujur ..aku nggak suka ikan tongkol.
entah kenapa. dari dulu memang menghindari si ikan yang satu ini.
untung , mamak selalu mengerti.
selalu menyediakan lauk yang lain ....xixixxi
lap yu makkkk..... #hug





resepnya gulai kari ikan ini standar yah.
bumbu gulai biasa. hanya saja, di keluargaku selalu menggunakan cabe dalam jumlah yang fantastis...eheheh
kalau nggak pedes nggak selera..... ^_^
resepnya sama dengan resep gulai jengkol yang pernah aku postingin beberapa waktu lalu....
tinggal mengganti jengkol dengan ikan  saja.
kalau aku, ikannya di goreng tapi setengah matang saja.

baru di masukkan ke santan yang telah mendidih.
happy cooking ya.... ^_^

Tuesday, December 4, 2012

empek-empek lenggang *digoreng

Posted by mimie at 9:13 AM 0 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb...
hari ini masih aura empek2 palembang ....
secara kemaren bikin mpek2nya lumayan banyak.
ada yang mpek2 kapal selam dan lenjer juga.
jadi sebagian empek2 lenjernya aku bikin empek2 lenggang saja.
empek2 lenggang ini ada 2 macam.
ada yang di panggang/di bakar di atas bara api, dan ada yang di goreng.
aku buat yang di gireng saja.tidak terlalu repot.
buat empek2 lenggang sangat mudah. seperti mendadar telur biasa.
tinggal menambahkan empek2 lenjer yang telah di iris2 saja.
di santap bersama kuah cuko dan potongan timun.



EMPEK-EMPEK LENGGANG

BAHAN :

2 buah empek2 lenjer , iris2
2 butir telur
1 batang daun bawang , iris2
2 siung bawang putih , haluskan
garam
penyedap rasa
kuah cuko

CARA MEMBUAT :

campur semua bahan jadi satu kecuali kuah cuko.
dadar hingga matang.
sajikan bersama kuah cuko .

 


Sunday, December 2, 2012

MPEK-MPEK kapal titanic...ekekekek

Posted by mimie at 1:06 PM 4 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb.....

Empek-empek adalah makanan khas palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di sumatra selatan memproduksinya. 
Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). 

Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam", yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.



hari ini aku buat empek2 kapal titanic selam dan empek2 lenjer saja.
aku sebut empek2 titanic, karena waktu masukin telurnya, adonanya kekecilan.
alhasil...percobaan mpek2 yang awal, pecah dan karam .
kayak kapal titanic...ehehheeh
tapi setelahnya aku sudah tau porsinya. jadi nggak ada yang pecah lagi.

dalam pembuatanya kali ini aku menggunakan ikan tete.
kalau di tempat lain aku nggak tau tuh ikan namanya apa. tapi ikan tete ini berbentuk agak panjang dengan tubuh bulat dan berdaging banyak.

dagingnya pun putih bersih. jadi empek2 yang di hasilkan pun berwarna putih.
selain ikan tete, empek2 juga bisa menggunakan ikan tenggiri ( yang harganya bikin emak2 puyeng ), atau ikan gabus juga bisa.
tapi menurutku menggunakan ikan gabus rada ribet, secara ikannya licin sekali.
aku juga pernah menggunakan ikan caru (cencaru). dari segi rasa tidak berpengaruh. tetap enak.
hanya saja empek2 yang dihasilkan akan sedikit berwarna kehitaman.

satu tips, agar mudah memisahkan daging ikan dari duri2nya, sebaiknya diamkan ikan di freezer hingga ikan sedikit agak keras.
tinggal sayat bagian tengah ikan dari atas ke bawah. dan tarik dagingnya....mudah



EMPEK EMPEK PALEMBANG

BAHAN:

500 gr ikan, ambil dagingnya, haluskan
150 gr tepung terigu (gandum)
450 gr tepung tapioka  #di sesuaikan dengan adonan
400 ml air mendidih
1 bonggol bawang putih
1 butir telur
penyedap rasa
garam secukupnya
telur untuk isi

cara membuat :

haluskan bawang putih bersama garam, penyedap rasa dan telur hingga halus.(pake food processor atau di blender aja kayak aku).

setelah halus, masukkan daging ikan . tambahkan sedikit air agar memudahkan memblender.
sisihkan.

sementara itu, campur jadi satu tepung terigu dan air mendidih .(sedikit demi sedikit).
aduk2 hingga membentuk bubur .
masukkan campuran daging ikan tadi ke dalam adonan terigu. aduk hingga tercampur rata.

masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga bisa di pulung.
jangan terlalu keras.
sedikit lengket2 di tangan tidak apa2. lumuri saja tangan dengan tapioka agar tidak lengket.

bentuk adonan sesuai dengan kehendak.
bisa di bentuk mpek2 kapal selam yang berisi telur atau di bentuk lonjong saja.

rebus di air mendidih hingga mengapung. (jangan lupa air rebusannya di tambah sedikit minyak goreng agar mpek2 tidak lengket satu sama lain )

setelah mengapung, angkat .dan masukkan ke baskom yang berisi air dingin.
biarkan sebentar. tiriskan dan goreng hingga kulitnya berwarna kekuningan.

hidangkan dengan kuah dan irisan timun.







kuah cuko

bahan :

500 ml air
250 gr gula aren
7 siung bawang putih
5 sdm air asam jawa (sesuai selera)
5-10 butir cabe rawit (sesuai selera)

cara membuat :

haluskan semua bahan kecuali air.
rebus hingga mendidih.
lakukan tes rasa sesuai selera.
sajikan.