Powered by Blogger.
RSS

Friday, November 30, 2012

BUBUR KETAN HITAM

Posted by mimie at 12:42 PM 0 comments Links to this post


Assalammualikum wwb....
selamat hari jumat... penghulu segala hari....
bubur ketan hitam....
hmmmm...kebayang legit dan wangi ya..
bubur yang terbuat dari beras ketan hitam, direbus dengan garam dan gula, dimakan dengan ditambah santan rebus.
buatnya simpel banget, di jadikan sarapan atau untuk teman minum kopi di sore hari memang  pas.
hanya saja, buat mereka yang memiliki sakit maag (gastrik) sebaiknya di  hindari.
karena ketan ini akan menyebabkan kembung...
atau bisa saja makan nasi terlebih dahulu sebelum menyantap bubur ketan supaya perut tidak kembung.


tapi.... kalau aku...
dari kecil kalau makan bubur...segala bubur
bubur kacang hjau atau bubur ketan hitam , sering mules.
kenapa ya... aku juga nggak tau.
tapi mulesnya tidak lama. mungkin perutku agak sensitif dengan bubur...eheheheh

memasak bubur ketan hitam tergolong mudah.
dan untuk mempercepat proses perebusan , rendam ketan hitam terlebih dahulu.(semalaman)
ini akan melunakkan ketan .
setelah itu , tinggal merebus ketan hingga menjadi bubur. tambah gula sesuai selera dan tidak ketinggalan kuah santan yang sedikit terasa asin gurih..
perpaduan yang pas deh....



 BUBUR KETAN HITAM

BAHAN :

250 gr ketan hitam ( rendam semalaman)
1 liter santan cair
2 lembar daun pandan, simpulkan
sedikit garam
150 gr gula merah
gula pasir secukupnya



saus santan

250 ml santan kental (peras dengan air hangat)
garam secukupnya


cara membuat :


1. Didihkan santan cair, masukkan ketan dan pandan sampai mendidih kembali
2. Kecilkan api, biarkan sampai ketan menjadi bubur, aduk sesekali
3. Tambahkan air sedikit2 sesuai kekentalan dan kelembutan yang diinginkan
4. Masukkan gula merah dan garam, aduk, tambahkan gula pasir jika kurang manis
5. Saus santan: peras kelapa menggunakan air hangat. tambahkan garam.
6. Sajikan bubur hangat atau dingin, disiram saus santan.








Thursday, November 29, 2012

GULAI IKAN SEPAT SALAI

Posted by mimie at 9:06 AM 0 comments Links to this post


assalammualaikum wwb....
salam hari kamis ya....
buat yang shaum sunat hari ini, semoga di mudahkan aminnn.... ^_^

hari ini cerita tentang gulai ikan sepat salai .
ikan sepat ini merupakan ikan air tawar. khususnya ikan yang ada di sungai bergambut.
alias tanah gambut.
air sungai gambut ini berwarna agak kehitam2an. tapi tetap jernih lho.
dan karena dumai terletak di dataran rendah, yang berbatasan dengan laut serta bertanah gambut.
jadi sungai2 yang ada di sekitar kota dumai ya seperti aku sebutkan tadi.

di kotaku, ikan sepat, lompong (gabus) , toman sangat sering di jumpai di pasar2 tradisional.
biasanya di rumah , ikan ini di salai (di asap) terlebih dahulu sebelum di olah.
kata mamak ku, supaya mengurangi amisnya dan lebih gurih.

bener juga sih..kalau di gulai, ada bau khas di kuah gulainya.
lebih gurih dan khas banget... :)







GULAI IKAN SEPAT SALAI

bahan :

1/2 kg ikan sepat, bersihkan dan asapkan/bakar menggunakan api kecil hingga kering
500 ml santan kental
3 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
1 buah serai/sereh di keprek
lengkuas secukupnya

bumbu halus :

50 gram cabe rawit (sesuai selera)
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
3 cm kunyit
2 cm jahe
garam
penyedap rasa
minyak untuk menumis

cara membuat:

1. haluskan bumbu halus. tumis hingga wangi.
masukkan daun jeruk, daun salam , serai dan lengkuas.

2. masukkan santan. aduk2 supaya santan tidak pecah.

3. setelah mendidih , masukkan ikan sepat salai.
masak sebentar saja. karena ikan sudah matang ketika di salai

4. hidangkan


Tuesday, November 27, 2012

MIE AYAM

Posted by mimie at 3:56 PM 4 comments Links to this post


assalammualaikum wwb....
mie ayam.....
siapa yang tak kenal mie ayam....
panganan alternatif orang indonesia selain nasi....:)
mie kuah yang di lengkapi semur ayam, rebusan sawi caisim, sambal cabe rawit, dan bawang goreng.
terkadang di lengkapi pangsit juga...
di santap ketika musim hujan seperti sekarang..... so heaven ^___^




sudah lama banget ingin makan mie ayam.
rasanya terahir makan mie ayam lebaran kemaren.
bikin mie ayam sampe 3 hari berturut2....xixixixi
alhamdullilah...tamu bilang enak... ^_^
so hari ini bikin mie ayam deh.... ^_^
kali ini aku menggunakan mie kuning biasa.
tidak menggunakan mie yang khusus untuk mie ayam itu.
kehabisan....eheheh
tapi hasilnya tetep enak kok...
tapi lebih enak pake mie khusus mie ayam itu deh...
lebih kenyal ....
resepnya pernah aku postingin di sini.
kali ini hanya ingin share fotonya aja...
happy cooking yo..... ^______^











Monday, November 26, 2012

HOKKAIDO CHIFFON CUPCAKES

Posted by mimie at 9:57 AM 3 comments Links to this post


assalammualaikum wwb....
happy monday yo.... ^_^



hokkaido chiffon cupcakes....
kapkek yang fenomenal.... sepertinya kue yang satu ini sudah hilir mudik di dunia perbakingan....#eleh
kak ita masam manis, che mat dapur tanpa sepadan hingga kak rima Bisous A Toi pun sudah mencobanya.
dan kesannya kue ini lembut, moist dan manis....
ai makkkkk..... aku jadi tergoda karenanya.
lumayan memberdayakan  putih telur  sisa bikin soft bread kemaren...^_^

ada berbagai macam resep HCCC ini....
dan menggunakan cream yang berbeda untuk fillingnya.
ada yang dari whipped cream dan ada yang custard cream.
pasti bertambah enak yo.... :)
tapi aku nggak pake filling2an....

polos gitu aja udah uenakkkk puollll....
lembuttt....lembap.... kayak kapas....hallah.... berlebihan pula bahasaku.....^_^

untuk resep aku ambil dari blog kak rima Bisous A Toi ...
langsung aku ganti ukuran cup ke gram.
mungkin ada yang sedikit berbeda hitunganya...
tapi hasilnya tetap top markotop
hanya saja semalam sepertinya ukuran otang (oven tangkring) ku nggak mencukupi untuk menampung semua cupcakes ini.
karna aku masukkin ke cup kertas biasa bukan cup kertas tebal itu (emang nggak punya).
hasilnya lumayan banyak. jadi sebagian aku taroh di rak paling atas.
tapi setelah yang rak bagian atas kekuningan , aku tukar.
kue yang di rak tengah aku pindah ke atas. 
hasilnya...mebeles.... sama aja. matang sempurna
lain kali mungkin buat 1/2 resep saja agar pas di oven.





HOKKAIDO CHIFFON CUPCAKES
rujukan resep : kak rima bisous A toi

bahan :

250 gr tepung terigu
180 gr gula halus
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder
245 ml susu cair
110 gr minyak
1 sdt esens vanilla
5 butir kuning telur
8 butir putih telur
1/2 sdt crean of tar tar

cara membuat :

ayak jadi satu tepung terigu, baking powder dan garam . sisihkan.

di wadah lain ,campur jadi satu susu cair ,minyak ,150 gr gula , esens vanilla dan kuning telur.
kocok menggunakan whisker hingga tercampur rata dan gula larut. 
tuang ke campuran terigu.
aduk hingga tercampur rata dan halus.(tidak bergerindil ). pelan2 saja.
atau bisa juga di saring.
sisihkan.

di wadah yang besih, kocok putih telur hingga berbusa menggunakan kecepatan rendah.
masukkan cream of tar2 dan 30 gr gula secara bertahap.
mixer dengan kecepatan tinggi hingga kaku.
jika baskom di telungkupkan , adonan tidak tumpah.

campur putih telur ke adonan terigu yang telah di campur tadi dalam 3 tahap.
aduk melipat hingga tercampur rata.
masukkan dalam cup.
bakar hingga matang (bagian atas kuning keemasan.)
 



Sunday, November 25, 2012

SOFT BREAD NCC * lagi dan lagi

Posted by mimie at 1:42 PM 0 comments Links to this post


assalammulaikum wwb....
selamat berujung minggu ya.... ^_^




hari ini aku buat soft bread NCC yang udah terkenal akan kelembutannya itu....
ketagihan setelah beberapa waktu lalu mencoba resep ini.(di postongan ini)
hasilnya ya pasti lembut dong.... kayak merk2 terkenal itu ....xixixi
walaupun mengulinya pake tangan, hasil roti tetep lembut.
yang penting adonan roti kalis elastis.
di tarik tipis tidak koyak.
kalau aku, aku uli seperti orang mencuci itu.
sesekali aku banting2.... mueheheheh....
alhamdullilahhhh.....hasil roti tidak mengecewakan.
dan kali ini juga , kuning telur aku campur ke air. supaya telur menyatu sempurna di adonan.
dan lebih gampang mengulinya.

 

dan dari percobaan ke dua kalinya ini, aku mencoba mengikuti waktu mendiamkan adonan sesuai resep.
atau hingga 2 kali besarnya adonan.
agar roti yang di hasilkan berpori2 halus.
atau bisa juga mengetes dengan cara menekan adonan, bila ketika di tekan tidak membal, berarti waktu fermentasi sudah selesai.
mengoven roti juga jangan terlalu lama.
pengovenan yang terlalu lama menyebabkan roti yang lembut menjadi garing.
jadi di sesuaikan lagi dengan keadaan oven masing2... ^_^

 


roti di atas aku olesi selai dan ku pilin.
mencoba2 membentuk style roti baru....:)
belum rapi... ^_^
 

 roti yang ku bentuk menyerupai ulat bulu ini berisi misis coklat.
pastinya nyoklat banget lho.  ... ^_^

 




roti ini aku ini misis yang banyak di tambah selai strobery...
tidak tau kenapa, rotinya meledak....dan keluar lelehan coklatnya... :(
tapi dari segi rasa..... so deliosso.... ^_^

Thursday, November 22, 2012

KUPAT TAHU

Posted by mimie at 3:25 PM 0 comments Links to this post


assalammualaikum wwb.....
selamat hari kamis yaaaa.......winggggg

beberapa waktu lalu , kami di kasi kupat tahu .pemberian tetangga ....
mbak nonong namanya.......orangnya baik.... ^_^
makasih yo mbak...
hanya saja, kupat tahu si mbak ini beda sama kupat tahu yang biasa kami buat...
kuahnya banyak dan encer.
sedangkan kebiasaan di rumah kalau buat kupat tahu kuahnya dikit, kental dan pedessss banget.
rasa kupat tahu si mbak nonong juga seger...manis dan nggak seberapa pedes.
ah....jadi terjatuh cinta dengan rasanya....
so, tadi nanya2 resepnya .....hohoho...alhamdullilah di kasi pencerahan sama beliau... :)




Kupat tahu atau ketupat tahu ini sebenarnya panganan yang terbuat dari campuran ketupat dan tahu goreng yang dipotong-potong kecil lalu diberi bumbu kacang yang khas.
Menu kupat tahu biasanya adalah kupat tahu biasa dan kupat tahu bumbu kacang. Kupat tahu ini biasanya disantap dengan lontong.
nahhh.....kali ini aku postingin kupat tahu yang mempunyai kuah encer dari rebusan gula merah dan cabe rebus.
rasanya lebih segar dan deliosso....#menurutku



KUPAT TAHU

bahan:

5 buah tahu , goreng , iris kotak
kacang tanah , goreng garing
lontong /ketupat
1 buah timun , iiris2
50 gr toge, siangi
bawang goreng
daun saledri , iris 
kerupuk

bahan kuah :

250 gr gula merah
7 buah cabe rawit (sesuai selera)
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdm air asam jawa
500 ml air
1 sdm kecap
garam secukupnya

cara membuat :

rebus bawang merah, bawang putih dan cabe rawit hingga matang. haluskan

di wadah lain, rebus gula merah hingga larut.
masukkan air asam jawa, kecap ,garam dan cabe yang telah di haluskan 

rebus lagi hingga mendidih. saring

penyelesaian :

atur lontong, tahu , toge ,timun dan kacang tanah di piring.
siram dengan kuah.
taburi bawang goreng dan seledri
hidangkan



Monday, November 19, 2012

sambal tanak / sambal cabe hijau padang

Posted by mimie at 9:18 AM 4 comments Links to this post


Assalammualaikum wwb....
selamat hari senin... ^_^

sambal hijau ini merupakan sambal yang wajib di rumah makan padang.
atau barangkali di setiap rumah orang padang, setiap hari akan buat sambal ini...xixixi #sok tau
tapi aku aja yang bukan orang padang doyan dan suka banget sama sambal ini.
sambal yang terbuat dari cabe keriting yang masih hijau, di campur teri tawar atau kadang di campur pete dan jengkol muda.
rasanya jangan tanya deh...uenakkkk ppolll.... ^_^
sambal ini tidak seberapa pedas dan sedikit terasa asam. karna penggunaan tomat hijau atau air jeruk nipis.
teksturnya juga kasar2 saja, tidak di giling halus.
ciri khas sambal ini menggunakan minyak yang banyak, dan sambal tidak di tumis.
melainkan cukup menyiram sambal dengan minyak panas saja.
tapi, ini yang membuat rasa sambal ini beda dengan sambal2 lainnya.
di santap dengan nasi hangat saja sudah mak nyussss..... ^_^




SAMBAL CABE HIJAU PADANG

bahan :

100 gr cabe kriting hijau
50 gr teri tawar (aku pake ikan asin gonjeng)
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah tomat hijau
pete atau (jengkol muda di rebus dan di potong kotak )
garam dan gula sesuai selera

cara membuat :

goreng teri hingga matang. sisihkan

rebus cabe, bawang merah , bawang putih dan tomat hingga matang.

tumbuk kasar bahan2 yang telah di rebus tadi.

panaskan minyak bekas menggoreng teri hingga panas benar. matikan api.
masukkan sambal yang telah di tumbuk kasar tadi, masukkan juga teri dan pete.
aduk rata.

sajikan



Sunday, November 18, 2012

soft bread NCC

Posted by mimie at 4:43 PM 4 comments Links to this post


assalammualaikum wwb.
happy weekend.... ^_^





sudah lama ingin buat roti.
tapi mengingat proses yang emang memerlukan tenaga super itu membuyarkan niat itu.
maklum belum punya mixer yang bisa untuk mengadon roti.
punyanya hanya jari2 imut yang udah berbentuk kayak jempol semua...hihhi

tapi karena terhasut dan terprovokasi sahabatku mega, yang mengompori2 eikeh..... ya... aku pun  terhanyut ... :P
hai mega..... ^_^
so hari minggu kemaren nyoba 1 resep. resepnya aku pake soft bread NCC.
bismillah aja. lumayan kan... melatih lengan yang biasanya manja banget.
siapa tau bisa kayak lengannya agung hercules..jiakakakaka

awalnya sebelum di masukkan mentega sih adonan ok2 saja.
tapi ketika di masukkan mentega, kok adonan jd lembekkkkkk banget dan berminyak karena mentega.
ahhh.....udah putus asa duluan.
tapi tetep aku uli.tarikkkk.....banting2 tuh adonan.
kayak orang nyuci baju itu,,,,
dan ahirnya...adonan itu tidak berminyak lagi...justru menjadi lembut dan soft.
horrreeeeeeee #joget gangnam style....
setelah aku diamkan pun adonan mengembang sempurna.
aku bentuk macem2.
dari yang isi abon, isi coklat cip sampe bentuk ulat bulu (caterpillar bread).
sukses.......
setelah matang, rotinya empukkkkkk...
dan setelah semalaman pun masih tetap empuk...
makasih ya bu fat....barakallah ilmunya.... ^_^
dan aku nemu blog yang lengkap banget tentang roti2an.
kapan2 mau nyoba lagi...
silahkan ke home baking untuk lebih lengkapnya... 

 


Soft Bread NCC
by Fatmah Bahalwan

Bahan :
500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
100 gr  mentega
11 gr    ragi instant
½ sdt    bread improver ( skip)
4 btr     kuning telor
200 ml  air es
½ sdt    garam

 Cara membuat:

Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
Taruh adonan di panci lalu tutup cling wrap biarkan 30-45 menit hingga 2x ukuran semula.
Kempiskan adonan dan timbang2 lalu isi sesuai selera.olesi susu evaporate.
Panggang dengan suhu 170 C selama 12 menit, di rak bagian tengah. 

note :

aku bentuk bermacam2 .
dari roti abon sampe caterpillar bread yang kayak ulat buku itu ...



roti yang aku isi choco cip dan taburan keju




roti abon

Thursday, November 15, 2012

pancake durian/ durian crepe

Posted by mimie at 1:57 PM 2 comments Links to this post


assalammualaikum wwb.
hari bertepatan dengan 1 muharram 1434 H.
salam maal hijriah buat semua umat muslim....
semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya....
aminnnnn......

dan hari ini aku nyoba buat durian crepe.
pernah lihat di blog kak ita masam manis.
izin copi paste ya kak.....terima kasih sebelumnya.
hanya saja, untuk filingnya aku tidak menggunakan wipped cream.
aku menggunakan filing custard,
lumayan enak....bau susu dan duriannya maknyusssss......





 pancake durian/ durian crepe
 rujukan resep : kak ita masam manis

bahan :


250 gm tepung terigu
3 biji telur
500 ml santan
1/2 sudu teh garam
1 sudu teh esens pandan (aku pake air pandan)
1 sudu teh pewarna hijau

cara membuat crepe :

satukan semua bahan .
aduk hingga rata dan blender hingga halus.


Sediakan kuali datar untuk membuat crepe yang tidak lengket (teflon)
Panaskan hingga teflon benar-benar panas
Oleskan sedikit minyak pada teflon
Kemudian kecilkan api
buat crepe dengan cara mendadar tipis adonan (sep dadar gulung)
Adunan tak perlu di balikkan
Bila permukaan atasnya telah kering ,angkat
Buat sehingga habis

durian filing
 
1 cup Non dairy Whipping Cream
Isi durian secukupnya

mixer Whipping Cream dalam mixer hingga kental
Pisahkan isi durian dari bijinya. Lumatkan sedikit
 Bentangkan 1 keping crepe
letakkan Whipping Cream di tengahnya
Letakkan isi durian
Tutupkan semula dengan Whipping Cream
Lipatlah crepe
Kemudian simpan dalam kulkas sebentar
Enak di hidangkan dingin




durian custard

35 gr tepung maizena
35 gr tepung terigu
125 gr gula
500 ml susu cair
1 sdm butter
1 sdt esens vanilla
1 kuning telur
5 buah daging duriian. haluskan

cara membuat :

satukan semua bahan kecuali butter dan esens vanilla
aduk hingga tidak bergumpal2.
rebus hingga meletup2.
angkat. masukkan butter dan esen vanilla
siap di gunakan.

Saturday, November 10, 2012

double chocolate banana wilton muffin

Posted by mimie at 10:53 AM 0 comments Links to this post

assalammualaikum wwb....
salam muffin menggunung ......^_^




sejak pertama kali bikin muffin wilton ini beberapa waktu lalu, langsung jatuh hati.
teksturnya yang lembut itu telah meluluh lantakkan hatiku, mengabaikan resep muffin yang lain...xiixixi
sumpah demi hidung peseknya sule aku nggak bohong.
enak bener, apalagi wangi butternya.... aduhai.... 
kali ini aku buat muffin pisang coklat.
hmmmm....wangi pisang dan coklatnya semerbak....
tapi kali ini muffin nya nggak seberapa pecah. 
kemaren setelah aku oven, aku tinggal dan aku minta tolong mamak angkat setelah muffin mengembang,
dan ternyata setelah mengembang, mamak angkat.
waaaa......muffinnya belum pecah.....
tapi nggak apa deh....tetep deliossoooo..... ^_^



kali ini aku sedikit menderhaka dari resep asal....
di resep asal gula di masukkan setelah telor.
tapi kali ini , gulanya aku rebus bersama gula dan butter.
supaya tidak terlalu banyak mengaduk adonan...
ternyata, hasilnya lembutttt....malah seperti butter cake... pokoe maknyuuuuuss...
di resep ini aku menambahkan 3 buah pisang barangan dan 2 sendok makan coklat bubuk.
atasnya aku taburi coklat chip...
satu tips....memasukkan telur, tunggu hingga adonan tepung butternya agak dingin.(prinsip kue sus).
supaya telor tidak matang dan muffin bisa mengembang sempurna.
resepnya pernah aku postingin di sini...
happy baking ya.... ^___^






Friday, November 9, 2012

bihun goreng jamur tiram

Posted by mimie at 5:32 PM 2 comments Links to this post


assalammualaikum wwb....
salam jumat semua..... ^_^



tadi bikin bihun goreng....
gerimis2 kayaknya enak banget makan mie goreng...
mie nya aku pake mie jagung bukan bihun biasa.lebih halus dan lebih enak kalau aku bilang.
bihun gorengnya aku tambahin jamur tiram...
jadi kerasa ada kenyal2 gitu...
tapi yang di potrek fotonya ,nggak keliatan jamurnya....
si adekkku ugi udah milihin semua jamurnya....xixixixi
jadi nggak ada lagi jamur yang tersisa di piring.... 
 

resepnya standar....
cuma bahan2 biasa aja....
kali ini minimalis aja bahannya.nggak pake sawi atau toge. apa yang ada aja....
sebelumnya mie goreng pernah juga aku postingin di sini....
kalau mau di tambah ayam atau udang juga enak...malah lebih enakk... ^_^
di sesuaikan dengan selera aja... :)

 

 BIHUN GORENG

 BAHAN :

500 gr bihun , rendam air panas, tiriskan

1 buah daun bawang , iris

sawi secukupnya, potong2

tauge ,siangi

1/2 sdt merica

7 buah cabe kritng

2 siung bawang putih

4 siung bawang merah

2 sendok makan kecap manis

garam secukupnya

1 butir telur


cara membuat :


1. haluskan merica ,bawang putih, bawang merah dan cabe.

2. tumis daun bawang hingga wangi, masukkan bumbu halus. tumis hingga wangi

3. masukkan kecap manis. setelah itu masukkan sawi .tumis hingga sawi matang

4. masukkan mie . aduk2 hingga bumbu tercampur rata. ceplokan telor .aduk cepat dan tercampur rata.

5. terahir masukkan toge. aduk2 sebentar saja.

6. angkat dan hidangkan.




Tuesday, November 6, 2012

MARTABAK MESIR

Posted by mimie at 10:45 AM 0 comments Links to this post


assalammualaikum wwb....



martabak mesir ini kesukaan orang2 di rumah, kecuali bapak... :)
karena kolesterol si mbah kakung yang tidak memungkinkan untuk merasa si martabak mesir ini.
kebetulan.... ah....kok nggak kebeneran aja ya....#kayak sule... :)
kebeneran lagi ada stock daging di kulkas. 
jadi kemaren buat 1 resep.
aku udah beberapa kali buat martabak ini sebelumnya (di postingan ini). awalnya aku belajar dulu cara buat kulitnya.
roti canai namanya. atau roti prata.
setelah bisa , baru deh belajar bikin martabak  mesirnya.
alhamdullilah ....walaupun sedikit ribet ketika menuang campuran telor dan daging, tapi sukses juga.

hanya saja , kalau babang2 yang jual martabak mesir di luar sana, memasukkan adonan telur daging langsung di atas pan lebar khusus itu dan di atas api.
kalau aku, karena tidak mempunyai pan seperti itu, punyanya hanya teflon biasa, ya sesudah aku buat kulitnya aku tuang adoanan telur langsung aku lipat.
baru aku pindahkan ke teflon .hati2 sekali. karena kulitnya mudah bocor.



 MARTABAK MESIR


BAHAN:

250 gr terigu
1 btr telur ,kocok lepas
135 ml air
50 gr mentega
1 bks royco
500 ml minyak untuk merendam.

cara membuat adonan kulit :
campur semua bahan .uleni hingga kalis. hingga tidak melekat di tangan.
bentuk bulat ,bagi jadi beberapa bagian.
rendam 2 jam hingga tertutup minyak keseluruhan (aku semalaman)


ambil 1 buah adonan kulit.
lebarkan hingga tipis dengan cara di tarik tarik. jangan sampai koyak.
(lumuri tangan dengan minyak )



 BAHAN ISI:

(A)
300 gr daging(ayam) cincang
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah

1 sdt merica
1/2 buah bunga lawang
1/4 buah pala
5 buah cabe merah
1/2 sdt jintan
1/2 cm kayu manis 
2 sdm bubuk kari
air secukupnya

(B)
3 butir telur
2 batang daun bawang prai , iris
1 butir bawang bombay , iris
garam secukupnya.

cara membuat :
1. haluskan semua bahan kecuali daging . tumis hingga wangi.
2. masukkan bubuk kari . terahir masukan daging.masak hingga matang dan airnya kering.
3. dalam satu wadah campur bahan A dan B
4. lebarkan adonan kulit hingga tipis benar.jangan sampai koyak
5. tuangkan isi secukupnya.lipat bentuk amplop.
6. goreng dgn sdkt minyak di wajan datar hingga matang
7. sajikan dengan saus gula merah dan acar timun

bahan kuah :

  
250 ml air*
100 gr gula merah (sesuai selera)*
1 sdt garam*
1 sdm cuka*
2 siung bawang putih ,iris *
2 siung bawang merah, iris *
timun , potong kotak
cabe rawit, iris2

cara membuat :
rebus semua bahan yang bertanda * hingga mendidih.
sajikan dengan timun dan cabe rawit.




Monday, November 5, 2012

CUMI MASAM MANIS NANAS

Posted by mimie at 8:57 AM 4 comments Links to this post


assalammualaikum wwb...
salam monday ..... ^_^
ahir2 ini cuaca kok kayak nggak menentu ya....
kadang panassss......cungguhhh #ala abegeh....xixixxi
tapi tiba2 hujan dengan membawa guruh petir yang dasyat....
rumah sampe bergetar....
mudah2an tidak bersama angin kencang...
ngerih juga kalau lihat berita di tv, rumah pada rubuh terkena angin kencang.
mudah2an allah melindungi kita semua...aminnnnn



semalam buat cumi masam manis nanas.
biasanya sih menggunakan ikan. tapi kali ini ingin beda aja.
resepnya di ajarin adekku yang cowo. kami memanggilnya abang ugi.
karena dulu membiasakan adekku yang bungsu supaya manggil abang ugi juga. ...^_^
si abang ini sewaktu kuliah, nyambi kerja di hotel. dari waitress ampe asisten chef di lakoninya.
dan yang membuatku bangga, biaya kuliah tidak pernah minta ke orang tua.
so proud of you .... ^_^

karna dia kerjanya di dapur hotel, sedikit sebanyak dia tau masak.
so kemaren dia ngajarin bikin cumi masam manis ini.
cuminya di kerat2 dan di celup telor , di balur tepung baru di goreng.
katanya ini akan membuat cumi gurih. tapi menggorengnya tidak boleh terlalu lama. supaya cuminya tidak liat.
rasa asam saus nya juga di dapat dari potongan nanas. 
asam, manis pedes.... perpaduan rasa yang oceh beybeh pokoe.... :)




CUMI MASAM MANIS NANAS

bahan:

1/2 kg cumi segar , bersihkan ,kerat2
1 butir telur 
royco 
50 gr tepung terigu
50 gr tepung beras

cara membuat :

campur telor dan royco . sisihkan
campur tepung terigu dan tepung beras . sisihkan
celupkan cumi (sotong) ke telur.
balurkan ke campuran tepung.
goreng hingga tepung garing. jangan terlalu lama.
tiriskan.

SAUS MASAM MANIS NANAS

bahan : 

1/2 buah bawang bombay (bawang besar) ~ iris iris
1 buah tomat ~ potong kotak
1/2 sdt merica bubuk
1/2 buah nanas ~ potong kotak kecil
5 sdm saos cabe
5 sdm saos tomat
1 sdt cuka
garam dan penyedap rasa  secukupnya
air secukupnya


satukan semua bahan.
masak hingga mendidih dan kental.
siramkan ke cumi yang telah di goreng garing
hidangkan.

Sunday, November 4, 2012

RICH AND MOIST CHOCOLATE BANANA BREAD

Posted by mimie at 3:20 PM 4 comments Links to this post



assalammualaikum wwb......
happy weekend buat semua... ^_^

RICH AND MOIST CHOCOLATE BANANA BREAD
cake yang satu ini sudah lama banget aku simpan di hati..... ehheh
pernah lihat mbak HESTI memposting cake ini.... 
dan kemudian kak ITA masam manis juga telah mencoba resep ini....
aduh makkk..... tergoda diriku... :)
apalagi baca komentar mereka yang telah mencoba juga....
yang bilang cake ini mebeles ...mak nyusss
bertambah menggebu2 hati ingin mencoba.....



dan hari minggu , mumpung ada waktu aku nyobain deh.
nggak tanggung2 aku buat 2 resep.
karena kakang mau datang sama ponakan. biar buat oleh2 kakang ku tercayong ku itu nanti... :)
dan benar.... seperti kata mbak hesti , cake ini moist dan lembab. harum pisang banget.
apalagi penggunaan coklat chip yang cukup banyak membuat cake ini nyokluttt banget.....
makasih resepnya mbak....
aku izin naroh resepnya di jasmin kitchen yo mbak....
barakallah ilmunya.... ^_^
hanya saja aku tidak menggunakan sour cream. di dumai kagak ada sour cream.
aku ganti butter milk buatan sendiri . susu cair yang aku beri cuka dan didiamkan 15 menit.
    

RICH AND MOIST CHOCOLATE BANANA BREAD
Rujukan : hesti yummy for your tummy 

dan ita masam manis

100 gm butter
120 gm gula
1 buah telur
5 buah pisang raja ~ aku pake 4 buah

1/2 sdt esen vanilla
150 gm tepung
1 sdt soda bikarbonat
2 sdm serbuk coklat
1/2 cup sour cream ~aku pake 1/2 cup butter milk (118 ml)
1 cup coklat cip ( 185 gr )


CARA MEMBUAT :

 Panaskan oven pada suhu 175C bergantung pada kepanasan oven
Sediakan loyang brownies ukuran 30x10 cm, oleskan dengan sedikit butter dan lapis dasar loyang dengan kertas roti.
 

haluskan pisang hingga lumat ~ ketepikan
Ayak tepung, soda dan serbuk coklat ~ ketepikan

Dalam baskom  mixer butter dan gula hingga tercampur rata.

Tambahkan telur dan mixer lagi hingga rata.
Tambahkan esen vanilla, pisang dan sour crem dan terus mixer hingga tercampur rata.

Tambahkan campuran tepung, soda dan coklat bubuk yang telah di ayak dan aduk  balik dengan spatula hingga rata.
Tambahkan  coklat cip aduk rata rata.
Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan
taburkan coklat cip di atasnya .

bakar dalam oven pada suhu 170C dengan api bawah selama 1 jam
Setelah cake masak, biarkan cake dingin atas rak kawat  sebelum dipotong

cake akak naik dalam oven dan turun sedikit setelah dingin
 Enak di makan panas atau dingin



Saturday, November 3, 2012

muffin wilton

Posted by mimie at 2:40 PM 0 comments Links to this post


assalammualaikum wwb....
salam sabtu.....
salam ahir pekan..... ^_^



kali ini pengen cerita tentang muffin yang ku buat kemaren.
baru sempat postingin hari ini... 
muffin ini udah kesohor...membahana.... membabi buta pesonanya...
sering kali lihat muffin ini di mbah gugel, tapi niat untuk membuatnya tak kunjung tiba.
resepnya milik allmarhummah mbak ruri.
subhanallah....resepmu bikin aku menuai pujian mbak....
uenakk...lembut ...teksturnya sponggy ...nggak padet kayak muffin yang pake tehnik aduk2 itu.
terima kasih mbak.... semoga arwahmu di tempatkan di sisi orang2 sholeh ..amin....allahumma amin.

dan kemaren itu ...ceritanya aku ngasi resep muffin wilton ini ke sahabatku mega.
dan setelah si mega bikin.... dengan gumbiranya dia ngabarin... muffinnya uenak banget...
terprovokasi si mega, aku bikin juga satu resep.
bener.... 
di rumah langsung laris manis. 
muffinnya aku tambahin keju parut aja. terasa gurih dan wangi keju.



 MUFFIN WILTON

resep : mbak ruri 

Bahan :

250 gr tepung terigu
230 butter
110 cc air
2 gr garam (klo dah pake butter salted, gak usah pake garam)
200 gr telor (timbang gak pake kulit)
300 gr gula (bisa dikurangi sampai 30%)
8 gr baking powder
50 gr bahan tambahan sesuka hati (Coklat chip, keju, atau aneka selai)

Cara membuat :
1. Rebus butter, air, dan garam sampai mendidih.
2. Masukkan tepung terigu ke dalam kom mixer, masukkan bahan campuran butter panas-panas lalu dimixer dengan kecepatan sedang sampai hangat, memasukkan campuran butter sambil dikucuri gitu, jangan langsung dituang sekaligus.
3. Masukkan Vanili
4. Masukkan telor satu persatu
5. Campur gula pasir dan baking powder sampai rata. Lalu masukkan kedalaman adonan, kocok sampai cukup rata.
6. Masukkan bahan tambahan.
7. Masukkan adonan kedalam piping bag, potong ujungnya.
8. Semprotkan kedalam cetakan muffin, taburi atasnya dengan sisa bahan tambahan.

9. bakar hingga matang.

tips:

1. Oven harus sangat panas, klo bisa 15 menit sebelum, begitu adonan masuk turunkan suhunya.
2. Pada saat memasukkan bahan campuran margarine panas - panas sambil dimixer dengan kecepatan sedang sampai hangat. Masukkan dengan sambil dikucurin, jangan sekaligus.
3. Agar mendapatkan muffin yang seperti gunung, masukkan adonan tepat ditengah cetakan.

4. setelah mentega dan tepung di mixer, biarkan adonan sedikit dingin. (hangat kuku) .
baru masukkan telur. agar telur tidak matang.