Powered by Blogger.
RSS

Tuesday, July 31, 2012

patbingsoo , es campur ala korea untuk buka puasa

Posted by mimie at 9:09 AM 0 comments Links to this post

alhamdullilah.....
tadi malam malam ke 10 ramadhan ya....
kita memasuki malam2 pengampunan....
tidak terasa..... cepat benar waktu berlalu.....
untuk iftar semalam, aku buat patbingsoo. patbingso ini reques dari magnae icha.teman fb ku... ^_^.
katanya pengen patbingsoo dan ingin aku buat ala2 indonesia gitu.
ngubek2 mbah gugel....ternyata patbingsoo ini makanan summer.
alias makanan yang di makan waktu musim panas. 
kalau di korea, patbinggsoo itu campuran dari es serut, susu, kiwi, strobery , sweet red bean, kueh beras (moci)dan eskrim. 
kadang di campur piasang juga. pokoknya kayak es buah campur deh.
keliatanya enak dan seger.
cucok kalau buat bukaan.tapi karena di tempatku stroberry dan kiwi muahaalllll....aku ganti fruit cocktail home made aja.
untuk fruit cocktailnya pernah aku postingin di sini.
jadi semalam menyiapkan fruit cocktailnya. pagi2 ke pasar beli buah dan kacang merah.
kesalahanku.... kacang merahnya nggak ku rendam dahulu (waktu mepet).
jadi sewaktu merebus, lamaaaaa banget.
mungkin next time di rendam dulu semalaman.biar cepat empuk.



PATBINGSOO

bahan :

250 gr kacang merah .rendam semalaman. rebus hingga lunak. beri gula sesuai selera. (seperti bubur kental )
kiwi , potong2
strobery , potong2
fruit cocktail
kismis
pisang, iris bulat2 (aku skip)
susu kental manis
es serut
sirup sesuai selera. (aku pake sirup cocopandan )
es krim.(aku pake eskrim coklat)

cara membuat :

di dalam gelas saji, atur es serut di dasar gelas.
setelah itu beri 2 sendok sweet red bean (kacang merah)
beri susu kental manis secukupnya, sesuai selera.
atur buah2an dan kismis. dan beri sirup.
terahir letakkan es krim di atas buah2an tadi.
siap di hidangkan.

gampang banget buatnya...... ^^

Saturday, July 28, 2012

es mentimun dan pastel lapis _iftar ramadhan ke 7

Posted by mimie at 8:45 AM 0 comments Links to this post

assalamualaikum....






alhamdullilahhh......
ramadhan telah menjejakkan kakinya ke hari yang ke 7.
semoga kita semua di beri kesehatan hingga ke ahir ramadhan ya...aminnnn...
kota dumai sudah seminggu ini panasssss benerrr.....
serasa matahari dekat dengan bumi...
tidak ada mendung sedikitpun untuk mengurangi terik panasnya....
bahkan di dalam rumah pun terasa panasnya....huhuhu.
apalagi sedang puasa seperti ini, bertambahlah hangatnya....


oleh karena cuaca yang memang lagi nggak bersahabat....
semalam aku buat pastel lapis dan jus air mentimus saja,.....segerrrrrrr banget.
lagian buatnya gampang banget.... ^_^
untuk pastelnya...aku pernah postingin http://mimiekesuma.blogspot.com/2011/10/pastel-lapis.html



JUS AIR MENTIMUN


bahan :


2 buah timun. kupas kulitnya. serut halus. jangan sampai bijinya ikut.
sirup rasa melon secukupnya
500 ml air
1 buah jeruk nipis , peras airnya
es batu


cara membuat :


dalam wadah, satukan timun yang telah di serut, air ,sirup melon, air jeruk nipis dan es batu.
masukkan ke dalam kulkas.
sajikan dingin.
untuk manisnya...di sesuaikan dengan selera masing2 ya......




Thursday, July 26, 2012

BUBUR CANDIL UBI UNGU iftar ramadhan ke 5

Posted by mimie at 10:11 AM 2 comments Links to this post
 assalammualaikum......
selamat hari rabu..... ^^
selamat menjalankan puasa...semoga lancar2 jaya puasanya....
alhamdullilah udah hari ke 5 ya.....
cepat bener waktu berlalu.... ntar nggak kerasa sudah di ahir ramadhan saja...
bila sudah di ahir ramadhan...sayu....sedih hati.... rasanya kayak mau berpisah dengan pujaan hati.... 
entah tahun depan dapat bersua lagi entah tidak.....
apapun..... semoga bisa di isi dengan sebaik2nya...aminnnn



untuk iftar semalam, aku buat bubur candil ubi ungu.
buat teman2 di malaysia mungkin biasa menyebutnya kledek ...
resepnya ku dapat dari dapur mbak hesti. 
izin copas yo mbak...barakallah.... ^^
sedikit aku derhakakan dari resep asal.... ubi ungu nya aku tambahin dikit eh banyak...xixixixi
soalnya aku suka banget dengan kledek. supaya lebih kerasa aja kledeknya...
ampun mbak hesti.....aku sudah memporakporandakan resepmu..... :)
tapi hasilnya enak banget...kenyal2 gitu.
untuk kuahnya, aku pake santan encer aja. merebus santannya juga asal mendidih aja, langsung aku matiin.
aku suka eneg kalau makan kolak atau bubur santannya kental dan berminyak....
dan aku tambahin 1 sdm tepung beras ke kuahnya. supaya tidak terlalu encer






BUBUR CANDIL UBI UNGU


bahan candil :


150 gr tepung ketan
100 gr ubi (kledek) ungu, rebus dan haluskan selagi panas #aku tambah hingga 300 gr.
1/4 sdt garam
100-125 air #aku kurangi, karena kledek aku tambah.




bahan kuah :

500 ml santan dari 1/2 butir kelapa (aku peras menggunakan air matang)
1 sdm tepung beras (larutkan dgn sedikit santan)
200 gr gula (sesuai selera)
2 lembar daun pandan (remas dan ikat simpul)
1/2 sdt garam


cara membuat :


1. aduk rata tepung dan garam.tambahkan ubi ungu yang sudah di haluskan. aduk menggunakan tangan.
2. tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan bisa di pulung dengan tangan.
3. bentuk bulat2 atau sesuai selera. hingga selesai semua
4. rebus di air mendidih hingga bola2 ubi mengapung. angkat tiriskan.
5. untuk kuah : campur semua bahan . rebus asal mendidih saja. masukkan bola2 ubi ungu.
6. hidangkan hangat2.

Wednesday, July 25, 2012

es cendol untuk iftar ramadhan ke 4

Posted by mimie at 9:37 AM 0 comments Links to this post

alhamdullilah.......
sudah puasa yang ke 5 hari ini....
semoga di mudahkan dan dapat mengisi hari ini dengan amal sebanyak2nya.
terasa rugi jika melewatkan ramadhan begitu saja.
bagi ku ini puasa yang pertama....heheh... allah kasi cuti beberapa hari.
tapi, buat wanita2 di luar sana....kita sebenernya di sayang allah lebih dari laki2.
begitu mudahnya kita mendapat pahala. dengan menyiapkan juadah untuk orang berpuasa saja, mendapat pahala yang sama dengan yang berpuasa. alhamdullilah yah....










dan untuk iftar puasa ke 4 semalam...... dirumah simpel2 aja. nggak terlalu berlebihan.
es cendol dan bakwan plus semur ayam dan gulai buncis taoco.
sebenernya aku mau buat bubur candil ubi ungu. kledek ungu juga udah aku beli.
tapi si ugi adekku minta di buatin es cendol.
jadi di dahulukan es cendolnya deh. bubur candil ubi ungunya buat hari ini aja.
dan senengnya lagi...semalam snap photonya dapet banget feelnya.
terinspirasi es cendol kak ita masam manis . tapi kalau dibandingkan beliau....kalah jauhhhhh.
kayak becak dan mobil merci....ihihhih
photo beliau ajib benerrrrr...... ^_^




ES CENDOL


bahan :


1 bungkus tape ubi
1 bungkus cendol
1 bungkus cincau, potong kotak
250 ml santan dari 1/2 btr kelapa


sirup gula :
500 gr gula di rebus dengan 250 ml air. tambahkan 2 sdm banana esens dan pewarna merah


 cara membuat :


1. peras kelapa menggunakan air hangat. beri sedikit garam. sishkan.
2. tata cendol , cincau dan tape ubi di gelas saji.
3. tuang santan dan sirup gula.
4. tambahkan es batu. hidangkan.



Thursday, July 19, 2012

cake ultah buat ayah # pesanan

Posted by mimie at 2:34 PM 0 comments Links to this post


cake pesanan mekanik yang selalu perbaiki jaringan net.
untuk ayah  katanya...
cakenya pake resep bolu hongkong, dan butter cream vanilla,
mintanya yang simple2 aja...
semoga berkenan dengan cakenya ya.....

Monday, July 16, 2012

APAM SNOW WHITE (APEM NASI)

Posted by mimie at 2:37 PM 0 comments Links to this post


apam snow white.......
nama yang cantik kan.....heheheheh
mungkin karna penampakannya yang putih bersih gitu di namakan apam snow white.
kue ini ,kue yang ku buat sewaktu kenduri megeng puasa tadi malam.
alasanya..... murah meriah, satu resep jadi sekitar 60 buah . menggunakan cucing kecil2 yang ku beli di TBK besta beberapa waktu lalu. dan buatnya gampang banget. anti gagal deh pokoknya...
alasan lainya...karna yang mengadiri kenduri para bapak2 yang sudah berumur....jadi di sesuaikan juga dengan selera mereka. 
orang tua nggak suka yang manis2 kayak cake dan semacamnya..biasanya yang seperti ini yang laris manis kalau ada kenduri dirumah.... ^^




sebenernya aku biasa buat apam yang menggunakan tape nasi dan adem sari itu.
cuma karena resep itu memerlukan waktu fermentasi yang cukup lama ( 8 jam) dan aku lagi nggak punya tape nasi, maka aku nyoba resep yang ini.
resep ini ku temukan di MY RESEPI . seperti ku bilang, resepnya murah meriah dan hanya membutuhkan waktu fermentasi 1 jam.
so, kalau ada acara yang waktunya mendadak, bisa nyoba resep yang satu ini.
tentang rasa, kalau menurutku masih enak apam yang menggunakan tape nasi sih.
harum santan dan tapenya .....semriwingggg......
dan lebih kaya rasa .
tapi apam snow white ini juga enak, lembuttttt.... cuma tidak seperti apam yang menggunakan tape nasi, apem ini nggak mekrok. nggak ada rekahannya.
apem nya gundul mulus....hahhahaah
dan teksturya pun sedikit agak basah. tapi kalau sudah semalaman jadi enak lho.
nggak kering seperti apem yang menggunakan tape. apem ini malah enak kalau sudah semalaman. jadi nggak perlu ngukus2 lagi.
kalau seandainya di tambahin tape nasi gimana ya ???? atau airnya di ganti air kelapa atau santan ???
hmmmm....laen waktu mau nyoba....





APAM SNOW WHITE
resep : my resepi


bahan :


3 gelas tepung beras
1 cawan tepung terigu
2 gelas gula pasir
2 cawan nasi
3 cawan air
1 bungkus fermipan


cara membuat :


1. masukkan semua bahan selain nasi dan air ke dalam mangkok .aduk hingga tercampuran rata
2. blender nasi dan air hingga halus.
3. campur nasi yang telah di haluskan ke dalam mangkok yang berisi tepung.
4. diamkan selama kurleb 1 jam. jangan lupa tutup dengan kain serbet
5. olesi cucing dengan minyak tipis2 saja. masukkan adonan, dan kukus kurleb 15 menit hingga matang
6. hidangkan dengan kelapa parut .

Sunday, July 15, 2012

bolu sarang semut...errrggg jadinya bolu sarang tebuan aka tawon

Posted by mimie at 5:08 PM 0 comments Links to this post



assalamualaikum wwb.....
minggu terahir di bulan syaban..... dan seminggu lagi  kita ke bulan mulia ramadhan....
kayaknya baru semalam kita di bulan rajab...eh... tanpa terasa udah di ambang ramadhan ya...
bumi semakin cepat berputar.... ^^
masih ingat nggak, tahun lalu kita berpuasa lebih sehari....
nah....ini yang nanggung dosa pak mentri agama dan mereka yang memutuskan untuk berpuasa lebih sehari.
kita rakyat biasa mah nurut aja, dan ahirnya.... berpuasa di hari raya...huhuhu
mana ketupat rendang dan yang lainnya udah siap semua....
eh....tau tau , pengumuman dari pak mentri....hari raya di undur....
xixixixi..... 
baru kali ini ngalami hari raya nggak jadi, hari rayanya di undur... ^^
kalau kata si alit mah " karena setitik hilal, rusak gulai sebelanga".....heheheheh


lllllll

dan tadi malam..... keluarga ku mengadakan kenduri ...
sudah jadi kayak kebiasaan setiap mau bulan ramadhan , kami ngadain kenduri ngirim luhur.
mengirim doa buat mbah2 dan arwah leluhur yang telah berpulang.
walaupun ada sesetengah pihak yang tidak setuju dengan acara kenduri seperti ini....
tapi berbalik lagi ke kitanya.... niatnya hanya ingin mengirim doa saja.
semoga arwah mbah2 dan keluarga yang telah berpulang di lapangkan kuburnya, di ringankan kesalahanya..aminnnnnnnnnn




untuk kenduri tadi malam, aku buat cake sarang semut dan apam salju....
kali ini , adonan cakenya aku diamkan 1 jam lebih. 
karna aku ada baca , ada teman2 blogger yang mendiamkan sampai 3 jam. dan hasilnya bersarang cantik.
tapi punya ku kok nggak seberapa ya.
padahal kalau biasanya aku cm mendiamkan selama 15 menit saja. dan hasilnya bersarang cantik.
mungkin ini rada tricky..... heheheh
tapi still sedappppp...... 
laris manis ... ini emang kue kesukaan para orang tua...nggak eneg .... dan nggak bau telor ( bapak bilang begitu ).... ^^
resepnya pernah aku postingin di sini.....
untuk resep ini, karna menggunakan 8 telur maka cakenya lumayan tinggi.
suka ilpil liat bolu sarang semut yang nggak tinggi...kayak nggak sreg aja ngeliatnya...
tapi , kalau yang punya loyang kecil bisa di coba 1/2 resep saja.
kali ini nggak mut mau ngetik2 lagi.... :P





Friday, July 13, 2012

SUP KERANG

Posted by mimie at 8:28 PM 0 comments Links to this post


alhamdullilah.....sampai kita di hari jumat....
penghulu segala hari........^^
hari ini hujan sejak tadi malam....errrkkk.....yang hujan tadi malam tuh, aku nggak sadar...hihihi
sadar bangun subuh tadi udah ademmmm banget.... kata mamak hujan dari tadi malam.....heh????
kok aku nggak tau ya...tidur mati...hehheeh...
kata mamak, kalau di angkut di pindah ke lapangan belakang pun , aku pasti nggak sadar juga...eheheh
memang tadi malam tidur nyenyak banget .... ^^






semalam ada kejadian yang bikin aku sedikit esmosi......
gimana tidak... order tanah buat nimbun samping net, pesannya yang ada kerikilnya.
eh yang di antar tanah biasa.... aje gilleeee....... ><
udah gitu harganya melenceng dari kesepakatan awal...itu truck drivernya bikin harga baru pulak...
terpaksa telpon si bossnya....
halllahhhh....jadi males nih kayak gini.... esmosi menguras hati......istigfar mimie...... huhuhu
apapun kemaren emang nggak bisa mengontrol esmosi....
peneng saia...... mau di balikin rasanya tuh tanah...tapi nggak mungkin....''emang beli cabe ''????
mamak bilang....ya udalah... mau gimana lagi.... tapi aku udah terlanjur kesel...... #gigit mega lavender xandrya .....xxiixixixi






lupakan kekesalan semalam....
biarkan di bawa hujan dan hanyut ke laut..... #lebay
hari ini mau cerita tentang sup kerang,,,,,, kalau nggak salah ini jenis kerang darah. mungkin karena bagian dalam kerang yang masih hidup berwarna merah ya ????
sebenernya aku nggak seberapa demen sih....repot cin makannya.... kalau rin dan kang adi suka bangettt.
biasanya aku nggak makan jadi lauk....aku ratah saja...alias aku makan gitu aja...
satu hal yang bikin asik makan kerang ini adalah...kita menghisap kerang tersebut sebelum membukannya...
slluuurrrrppppp....... enak banget kaldu yang keluar dari kerang.
dan sebaiknya mencuci kerang di bawah air keran yang mengalir.... di gosok2 pake brus...supaya kotoran dan pasir2 ikut keluar bersama air.
kalau nggak bersih, ntar kayak ada pasir2nya . dan kalau nggak di brus .... penampakan kerangnya bulik gitu...eheheh...bikin nggak selera aja kalau warnanya buluk.... :P





SOUP KERANG


Bahan :


1 kg kerang darah
2 buah tomat
1 buah bawang prai (daun bawang), iris serong
daun seledri , potong2
2 lembar daun salam
500 air
bawang goreng


BUMBU HALUS :

5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1 sdm merica
1/4 pala
1 buah buah kapulaga
2 cm jahe
garam secukupnya

CARA MEMBUAT :

1. cuci bersih kerang di air mengalir, sisihkan
2. haluskan bumbu halus. tumis hingga wangi. masukkan juga daun salam.
3. tuang air  . biarkan mendidih. masukkan kerang dan daun bawang. masak hingga kerang matang .
4. masukkan tomat , seledri dan bawang goreng,
5. sajikan hangat.





Wednesday, July 11, 2012

gulai buncis tauco

Posted by mimie at 5:52 PM 0 comments Links to this post


gulai buncis...... 
di rumah ini adalah sayur favorit.
tapi...walaupun namanya gulai buncis taoco, nggak ada taoconya.
nggak tau kok bisa jadi gulai tauco walaupun nggak pake tauco.... #peneng .... --___--"
ini yang belanja bahan2nya juga eikeh.....xixixi
jarang2 saia ke pasar....tapi dek karena mamak lagi sakit.... saia gagahkan kaki ini ke pasar ikan yang jauhnya ngajubilleh dan beceknya ..ampunnnn....
selama seminggu ini mengabsenkan muka ke pasar.....hehhe
tapi alhamdullilah.... mamak yang kemaren kena cacar api juga gula darahnya kambuh, sudah beransur sembuh...
tinggal nunggu kering aja cacarnya..... ^^
dan seumur2 baru kali ini ,aku baru liat ''cacar api''.... beda banget dengan ''cacar air''.
duh...jauh2in ya allah....








kali ini gulai buncisnya nggak pedes....menurut lidahku....karna biasanya kami menggunakan cabe yang jumlahnya fantastis nan bombastis deh.....heeeeee
kali ini pedesnya ''ukur ukur'' ... ^_^
dan santannya juga encer aja, biar nggak eneug.....
dengan bumbu yang juga nggak seberapa, tambahan tempe dan jeroan ayam ( hati dan empela) membuat gulai ini istimewa. cocok deh kalau buat teman makan lontong atau ketupat.
rasanya nggak berat..... but still yummy.... ^^

dan liat deh piring yang aku gunakan..... keliatan gempil kan...????
hwaaaa.....setelah liat2 blog che mat gebu... yang selalu menggunakan piring yang sama, baru tersadar mamak ku juga punya . tapi bongkar2 tinggal 1 buah ...toktilllll..... gempil pulakkk
tapi tak pa...gempil , gempillah.... tayang jeeee...... eit dah ... mendadak berbahasa melayu... ^^



GULAI BUNCIS TAOCO


bahan :


250 gr buncis , siangi dan iris serong
1 buah tempe, potong kotak dan goreng setengah matang 
4 pasang hati empela ayam (bisa di ganti daging ), potong 2 cm, goreng hingga matang
50 gr cabe keriting hijau , iris serong
5 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 batang serai di keprek
2 cm lengkuas di keprek
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa


bumbu halus :


5 butir cabe rawit ( bisa di skip jika tidak suka pedas, atau di tambah jika suka pedas)
1/2 cm jahe
1/2 cm kunyit
1 sdm ketumbar
5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
garam secukupnya
penyedap rasa 

cara membuat :

1. tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai.
2. masukkan buncis dan tempe juga hati rempela. aduk aduk sebentar.
3. tuang santan. biarkan mendidih sambil di aduk supaya santan tidak pecah.
4. hidangkan.





onde onde ketawa coklat...lagi ?????

Posted by mimie at 10:57 AM 0 comments Links to this post

assalamualaikum wwb....
postingan hari ini nggak pake mukadimah panjang2....
masih onde2 ketawa juga...
ini ku buat tadi malam, atas req adekku rin....
minta di buatin kue onde2 lagi...
ya sutra..... uplak uplek sebentar di dapur deh....
cuma bedanya , kali ini aku tambahin coklat bubuk dan pasta coklat..
jadi penampakanya rada coklat ya...tapi tidak gosong lho.... ^^
rasanya tetep endang bambang gurindang deh,....... 







resepnya udah pernah aku postingin...
tapi karna aku baik hati nan mempesona imut sedunia aherat.....aku tulis lagi deh....hihihi... :P


ONDE ONDE KETAWA
rujukan resep : budi boga


bahan :


350 gr tepung
1/4 sdt garam
1/4 sdt baking powder
1 butir telur
1 1/2 sdm minyak sayur (mentega cair)
175 gr gula
100 ml air
10 gr coklat bubuk (aku tambah)
1 sdm coklat pasta


bahan lain :
1 mangkok air
100 gr wijen


cara membuat :


1.didihkan air dan gula hingga gula larut. sisihkan .biarkan dingin
2. kocok asal rata telur dan minyak hingga tercampur rata.
3. masukkan air gula ke kocokan telur.
4. masukkan campuran tepung dan baking powder ke adonan telur.
5. aduk2 hingga kalis dan tidak lengket di tangan.kalau masih lengket tambahi tepung sedikit demi sedikit.
6. pulung2 sebesar bola pimpong. celup ke air sebentar dan balur ke wijen hingga tertutup rata,
7. goreng dalam minyak yang banyak menggunakan api kecil. hingga matang dan merekah.

Tuesday, July 10, 2012

onde onde ketawa yang tak seberapa ketawa :)

Posted by mimie at 9:28 PM 4 comments Links to this post
assalamualaikum wwb....
selasa barokah di bulan syaban.... ^^
semasa N3 ini di ketik, hujan baru saja berhenti.... dumai sejuk terasa..... ^^
kalau aku.... aku lebih suka wet season kayak gini....hujan aja setiap hari....ademmm ...
tapi ya itu.....sana sini becek nggak ada ojekkk #ala cinta laura... :P
bukan apa, aku nggak seberapa tahan dengan cuaca panas...cepet capek dan gampang masuk angin..heheh






dan senen semalam itu ...katanya....ini katanya lho.....
aku baca di yahoo.... ada kiamat internet getoh.....
nggak mudeng aku....yang pasti katanya akan ada penyebaran virus komputer...
aje gileeeeeeeee...... takut juga saia....keder juga...
gimana kalau nyebar ke para kompi ku itu....bisa kiamat deh bonggol warnet....xixixixi
jadi untuk jaga2....semalam nggak buka warnet dan nggak ol juga.....
padahal anak2 yang biasa tenetan di tempatku pada hilir mudik...
ya maap dekkk..... saia tutup sehari aja..... ^^
alhamdullilah....hari ini udah buka seperti biasa..... ^^



hari ini postingannya ''onde onde ketawa "
hiihi...lucu ya namanya..... 
sebenernya di kede kami, ada yang nitip kue ini.
rasanya tuh garing dan wangi. manisnya 'ukur ukur' alias manis2 jambu gitu.
rin dan aku juga seneng makan nih kue...
jadi dari pada ''beli'' ...mending buat sendiri.
gugling sana sini ada 2 resep yang berbeda.
ada dr NCC dan resep tradisional.
dari testimoni resep NCC yang kubaca.... kue ketawa dari resep ncc akan terasa lembap dan lembut.rada kayak bolu padat gitu.
sementara resep yang tradisional akan garing.
karna aku suka yang garing , so aku nyoba resep yang tradisional aja.





awalnya aku ikuti step by stepnya...
tapi ketika semua tepung sudah ku masukkan,,,, kok masih agak lembek ya...
jadi aku tambahi sedikit tepung agar nggak lembek banget.
ketika memulung adonan menjadi bola2, hendaknya taburi telapak tangan dengan tepung. supaya adonan tidak lengket di tangan.
di resep itu di sebutkan, menggoreng dalam minyak banyak dan panas.
kemaren aku nyoba satu buah..... ku goreng dengan minyak yang panas....tapi aje gileeee...
belum sempet ketawa ,onde2nya udah rada hangus.
jadi mungkin aja harus pake api kecil supaya nggak panas banget.
dan benar ternyata, menggoreng dengan api kecil banget buat onde2nya matang sempurna dan merekah cantik.
walaupun tidak semerekah onde2 yang di titip di kede ....
tapi..... dalam sekejap.....onde2 yang udah siap di goreng , hilang di pandangan mata....
bwehhhh..... orang di rumah pada doyan ternyata....
senengnya gini kalau buat kue.....mereka pada doyan..... ^^




ONDE ONDE KETAWA
rujukan resep : budi boga


bahan :


350 gr tepung
1/4 sdt garam
1/4 sdt baking powder
1 butir telur
1 1/2 sdm minyak sayur (mentega cair)
175 gr gula
100 ml air


bahan lain :
1 mangkok air
100 gr wijen


cara membuat :


1.didihkan air dan gula hingga gula larut. sisihkan .biarkan dingin
2. kocok asal rata telur dan minyak hingga tercampur rata.
3. masukkan air gula ke kocokan telur.
4. masukkan campuran tepung dan baking powder ke adonan telur.
5. aduk2 hingga kalis dan tidak lengket di tangan.kalau masih lengket tambahi tepung sedikit demi sedikit.
6. pulung2 sebesar bola pimpong. celup ke air sebentar dan balur ke wijen hingga tertutup rata,
7. goreng dalam minyak yang banyak menggunakan api kecil. hingga matang dan merekah.







Wednesday, July 4, 2012

risoles

Posted by mimie at 12:34 PM 0 comments Links to this post

hari ini postingannya tentang risoles.
udah lama banget sih pengen buat risoles, baru semalam kesampean.
dari pada beli..... yang jualan dekat rumah ada sih...cuma rasanya nggak sregg di hati.....
ini juga buat buka puasa semalam. aku buat sekitar setengah resep aja.
soalnya di rumah juga dikit orangnya.
dan sedihnya, bulan ini mamak sakit....
cepat sembuh ya makk....jangan bandel lagi... kalau dilarang makan yang manis2.... nurut atuhhh.....
kalau sakit gini kan ,kami sedih... :(
mungkin salahku juga......
tiap buat kue...seringnya cake lagi ...cake lagi...
dan mamak pun nyempil sepotong.... padahal mamak ada diabetes...
kalau di ingatin.... beliau bilang..."cuma dikit "....
aku nggak sampe hati...yah.... dikit nggak apalah.
tapiii...... ahirnya seperti ini.....
yang penting ...cepat sembuh.... makannya di jaga banget...
biar kadar gulanya normal lagi.


oleh karna itu, kali ini aku buat cemilan yang gurih2.
biar mamak bisa makan juga....... ^_^






untuk kali ini aku oles risolnya menggunakan telur kocok utuh.
putih dan kuningnya aku campur gitu....aku kasi sedikit garam untuk rasanya,
ternyata risolesnya jadi lain rasanya ketimbang hanya di oles dengan putih telur saja.
seperti rasa kulit pergedel....gurih banget...
biasanya orang buat risoles, sesudah di oles telur di lapisi lagi dengan tepung panir/bread crumb.
tapi aku nggak. selain ribet, minyak jadi kotor gitu....hiihi. penyakit malas #jangan ikut.. :P


bahan: isi

1/2 kg kentang potong kotak kecil2
1 buah wortel ukuran besar potong kotak kecil2
250 gr daging ayam tanpa kulit,di cincang
1 batang bawang prei di iris serong
4 butir bawang merah
2 butir bawang putih
1 sdm merica
penyedap rasa
garam secukupnya 


olesan: 2 butir putih telur 
 


  •  BAHAN KULIT :

  • 250 gr tepung protein tinggi
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt Baking Powder
  • 40 gr Susu Bubuk
  • garam
  • 650 cc air
  • 1 sdm munjung margarine/mentega, dicairkan
CARA MEMBUAT :
  
1.haluskan merica,bawang merah dan bawang putih.
2.tumis bawang prai hingga harum,masukkan bumbu yang telah di haluskan 
3.masukkan ayam,tumis hingga matang. 
4.masukkan kentang dan wortel .beri penyedap rasa.tumis hingga matang. 


kulit....  
campur bahan jadi satu.
blender hingga halus 
buat kulit satu persatu menggunakan wajan anti lengket.kayak dadar telor gitu.
beri isi..lipat seperti amplop kalau ingin martabak mini....dan jika ingin risoles...di gulung
oles putih telur 
goreng hingga matang