Powered by Blogger.
RSS

Monday, May 30, 2011

lapis terigu

Posted by mimie at 12:02 PM 0 comments Links to this post

iseng aja.....pengen buat yang manis2.....semanis bakul kuenya...wwkkkkwkwk..#protes bisulan :P
pilihan jatuh ke kue lapis.kemaren udah pernah buat kue lapis dari tepung beras.
kali ini aku nyoba kue lapis yang dari tepung terigu...
sipp.......
cekidot yo mbakyu.....

Bahan :

400 gr terigu protein sedang
200 gr tepung sagu
300 gr gula pasir
3/4 sdt garam
1.500 ml santan dari satu butir kelapa rebus dgn 2 lembar daun pandan
pewarna hijau dan merah

cara membuat :

1. Campur terigu, sagu, dan gula pasir, dan garam. Buat lubang di bagian tengahnya.
2. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai gula larut.
3. ambil adonan 1/3 bagian,tambahkan warna hijau dan 1/3 tambahkan warna merah. aduk rata. Sisanya biarkan putih
4. Oles loyang dengan 18x18x7 dengan minyak goreng dan alasi dengan plastik
5. Masukkan loyang ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan. Tuang 2 sdk sayur adonan putih ke loyang. Kukus 10 menit dengan api sedang
6. Tambahkan satu sendok sayur adonan hijau. Kukus 5 menit. Ulangi sampe adonan habis.setelah lapisan terakhir kukus 30 menit sampai matang. Dinginkan. Potong-potong

dari pada beli jenk....mendingan buat deh..lebih bersih dan tentunya lebih hemat....
semangatttttttt...........^_^

Saturday, May 28, 2011

pancake

Posted by mimie at 2:51 PM 0 comments Links to this post
ujung minggu ini ,aku pengen buat pancake...
ngobrak ngabrik mbah google,dapat resep dr detik food ....
kayaknya asyik banget tuh resep....
aku juga liat blog2 lain yg pake resep itu.....testimoninya bagus semua...
sok.....aku buat satu resep aja.....
dan ternyata sodara..sodara.....emang endang gurindang.....menul2 dan lembut.....
tapi menurutku rada kurang tuh manisnya......so besok kalau buat lagi aku mau tambahin gulanya...



ini nih resepnya gall.....aku modif dikit
cekidot...........


bahannya:

150 gram Tepung terigu
1 sdt Baking powder
70 gram gula halus
200 ml susu cair di tambah 2 sdm air jeruk nipis,diamkan 15 menit (butter milk)
1 sdt garam
3 Butir telur, pisahkan kuning dan putih
60 gram Butter, lelehkan


cara membuat :

- Lelehkan butter, dinginkan
- Ayak bahan tepung.
- Kocok kuning telur dan susu cair dengan menggunakan
whisker sampai tercampur rata,
masukkan bahan tepung aduk kembali hingga rata. Masukkan butter, aduk.
- Kocok putih telur hingga kaku, campurkan ke dalam adonan
pancake hingga tercampur rata.

panggang dengan api kecil,menggunakan teflon 13 cm.sesudah keluar buih,balik pancake.
tunggu sampai kuning keemasan.angkat
dapat disantap bersama es cream dan sirup maple..
kalau aku mah cukup pake slai bluebery dan misis coklat wae.....
sok...selamat mencoba.......^_^

Thursday, May 26, 2011

hoby baru euy...........

Posted by mimie at 7:38 PM 0 comments Links to this post

numpang jepret di rumah pak haji depan rumah....


belajar macro dr mas irawan temen FB ku...makasih yo mass...



belajar jepret sanset,belajar sama mas irawan jg....


jamur yang nggak sengaja nemu...yo wes...ta' jepret wae


belajar jepret malam hari,msh berguru ma mas irawan

wahhh.........
udah lama rasanya nggak apdet ni blog....
maklum ....tukang kuenya mendadak jadi artis....bukan sembarangan artis...ini artis papan selancar...hallahhhh....-___-''
aishh...ngaco ah.....
buat sementara emang lagi gantung celemek......ng k dapur dulu....
biarin dah..tuh oven ma kukusan,santai2....biar mereka nyalon2 dulu.....xixixixi
dan aku bisa menyalurkan bakat terpendam ku........hallaahhh gayaaaa....
wong modal senjatanya cuma kamera poked aja kok nyombong.....

tapi walaupun cuma poked......aku udah puas dengan hasilnya....ya iyalah.....jepretan ndiri.....heheh
mau beli kamera DSLR ntu......mahal gellaaaa.....
ya sutra.....pake apa adanya aja....
yang penting jepret .................
hiaaaattttttt.....semangattttttttt..........

Thursday, May 5, 2011

kue lapis beras

Posted by mimie at 12:08 PM 0 comments Links to this post

kue lapis ini banyak macamnya....
ada yg dr tepung beras,terigu ada juga yang dari tepung sagu ......
aku sih kurang suka heheheh.....+_+",tapi orang2 di rumah suka banget.......
kali ini aku mau share resep yang dr tepung beras ja deh...
resep dr bu fatma bahalwan...
heheh....bakul kuenya lg bedmut....males ngetik panjang2.......:P
sok...cekidottt.....^_^"

Bahan:
100 gr tepung sagu
275 gr tepung beras
300 gr gula pasir
1 sdt garam
1,5 ltr santan
3 lbr daun pandan
6 lbr daun jeruk purut
Pewarna merah, secukupnya


Cara membuatnya:
1.
Masak santan, daun pandan dan daun jeruk sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat, dinginkan.
2. Taruh dalam wadah, tepung beras, tepung sagu, garam dan gula pasir, aduk rata, tuangi santan matang sedikit demi sedikit sampai santan habis sambil diuleni, hingga menjadi adonan encer.
3. Bagi adonan menjadi 3. Satu bagian diberi warna merah, satu bagian diberi warna hijau dan satu bagian lagi biarkan putih.
4. Siapkan loyang ukuran 18x18x8cm, poles dengan minyak sayur tipis saja, paling bawah dialas plastik. Beri adonan putih sekitar 100 ml. Kukus dalam dandang yang sudah beruap banyak selama 10 menit.
5. Tuang lagi 100 ml adonan hijau, kukus 10 menit, tuang lagi 100 ml adonan merah, kukus 10 menit. Begitu seterusnya hingga adonan habis. Terakhir kukus 20 menit. Angkat. Dinginkan. Keluarkan dari loyang, potong-potong.

Tuesday, May 3, 2011

dadar gulung

Posted by mimie at 1:40 PM 0 comments Links to this post
binggung mau makan apa.
biasanya sih bikin penylane brownies aja atau brokus buat cemilan di rumah...
tapi kali ini mau buat yang rada beda.
di rumah ada kelapa setengah tua.sok....buat unti aja....bikin dadar gulung kayaknya enak..
kalau ada durian,intinya di tambahin durian.berhubung musim durian baru aja lewat,jadinya unti biasa aja....kasi gula merah dan daun pandan biar harum....
ini aku kasi resepnya....
cekidotttt.....



Bahan-bahan:

Bahan Kulit:
200 gr tepung terigu
1 telur
400 cc santan
1/4 sdt garam
Beberapa tetes pasta pandan dan daun jeruk.

Isi:
100 cc air
250 gr kelapa parut
150 gr gula merah, di iris halus
4 sdm gula pasir
2 lembar daun pandan dan daun jeruk
1/4 sdt garam

Petunjuk
Buat isinya terlebih dahulu.
Aduk bahan menjadi satu masak sampai matang dan air habis.

Kulitnya:
Campur tepung, telur, santan, pandan pasta dan garam, di aduk sampai licin atau di mixer lebih halus.

Panaskan wajan datar berdiameter 20cm, olesi dengan minyak atau margarin, tuangkan adonan sesendok sayur, ratakan. setelah matang angkat

Isi setiap dadar dengan sesendok makan adonan kelapa tadi dan lipat.

selamat mencobaaaaa..............................