Powered by Blogger.
RSS

Tuesday, September 20, 2011

Cheddar Cheese Cake

Posted by mimie at 9:34 AM


kue ini udah luaaamaaaa banget mau ku buat...
tapi karena aku nggak seberapa suka ama keju2an,jadi ku urungkan aja niat mau baking nih kue...
apalagi liat cara bikinnya yg pk steam bake itu.......beuhhh..... neng takut gagal makkkk....#lebay
kemaren.... dolan2 di dapur solia ....kok kayaknya rada gampang ya....
sokkkk......nekat aja..... bismillah...



dan ternyata.....tralala ...trilili.......kueku jadi makkkkkk....wkwkwk
lembut dan lembab....rasanya ngeju banget....
seumur umur baru kali ini makan ciskek.... huawaalllaahhhh...... #girang..
walaupun aku cm makan 2 sendok aja.....tetep lidah ndeso.... seleranya nggak lari dari lemper dan pisang goreng...wkwkwk

sokk...... aku share dah resepnya....
monggo...siapa yang suka ngeju2.....di coba..ng bakalan nyesel...


CHEDDAR CHEESE CAKE


Loyang: 22 cm bulat (untuk adonan) + loyang untuk air rendaman
Waktu memanggang: 80-90 menit, 160 °C, au bain marie (aku pake otang)

Bahan-bahan:Bahan I:
200 ml Susu UHT cair (Ultra)
60 gram Butter (Orchid unsalted)
180 gram Cheddar cheese

Bahan II:
30 gram Tepung terigu
25 gram Maizena
3 buah Kuning telur
1-2 sdt Air jeruk

Bahan III:
5 buah Putih telur
120 gram Gula pasir
1/3 sdt Cream of tar-tar

Bahan IV:
1 sdm Selai strawberry (bisa diganti aprikot atau blueberry)
2 sdm Air matang
Strawberry / peach / orange/ kiwi, sesuai selera





Cara membuat:

1. Siapkan loyang 22 cm, olesi dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, olesi sekali lagi dengan mentega hingga rata. Lapisi bagian luar loyang dengan aluminium foil, pastikan loyang kedap air. Siapkan loyang untuk air rendaman, isi dengan air sampai 1/4-nya (saat memanggang ketinggian air tidak boleh melebihi 1/3 tinggi loyang adonan).

2. Campur mentega, susu cair, dan keju cheddar yang sudah dipotong2 kecil (Bahan I) --
diparut aja -- dalam panci kecil.di masak di api kecil sampai agak hangat.aduk terus supaya tidak gosong.(kalau aku,aku aduk2 hingga keju cukup menyatu dgn susu sebelum di masak di api.jadi kejunya udah agak mencair.)


3. Dalam keadaan krim masih hangat, ayak terigu dan maizena (Bahan II) ke dalamnya. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur. Masukkan air jeruk. Pastikan semua bahan menyatu.

4. Masukkan loyang berisi air ke oven, nyalakan oven dengan suhu 160 °C. Jika Anda menggunakan otang dan tidak punya termometer (seperti saya), nyalakan api kecil saja, asal api birunya menyentuh dasar oven.

5. Kocok putih telur, gula pasir dan cream of tar tar hingga 'soft peak' saja (jangan sampai terlalu kaku lho). Masukkan kocokan ini ke adonan. Aduk hingga rata benar. Tuang adonan ke dalam loyang.

6. Cek loyang apakah sudah cukup hangat. Air rendaman tidak perlu sampai mendidih / bergolak, cukup sampai ada gelembung2 kecil di dasar loyang. Letakkan adonan loyang di atasnya. Penampilan pemanggangan dengan cara au bain marie .

7. Panggang selama 80 menit . Tes dengan tusuk gigi. Jika masih kurang matang, bisa ditambahkan 5-10 menit lagi. Saat matang, permukaan cheese cake tetap kuning (tidak coklat) dan ada semu keemasan.

8. Dalam keadaan hangat, langsung balik adonan. Supaya tidak lengket, gunakan selembar serbet kering untuk membalik. Pelan-pelan ya, karena cheese cake ini lembuuut sekali.

9. Penyelesaian: hangatkan selai aprikot dengan air matang di atas kompor (asal hangat dan bisa diaduk). Olesi permukaan cheese cake dengan selai, hias dengan buah-buahan, krim kocok, atau hiasan lain sesuai selera.

setelah matang.... cake memang agak turun ya...kalu aku kira2 1 senti lah......
tapi menurut yang ku baca2...memang begitu.jadi memang nggak ngembang2 amat...

tips :

1. mengocok putih telur hingga soft peak...artinya tidak sampai kaku sep kita buat chiffon cake itu.jadi putih telurnya masih mengkilat gitu.sebaiknya kocok putih telur dr speed terendah baru step ke speed yang tinggi.masukkan gulanya bertahap.putih telur yang terlalu kaku akan menyebabkan cake mengembang dan turun begitu keluar dari oven

2. karna aku takut gagal,aku pakai loyang bulat tanpa sambungan.takut bocor bo.tp bisa juga memakai aluminium foil.dilapisi hingga 2 atau 3 lapis ya jeng.
atau bisa juga... loyang yang berisi air di taroh rak terbawah.dan loyang adonan di rak tengah

3. mengaduk adonan perlahan2.supaya udaranya tidak terlepas.bisa menyebabkan cake bantat.

4. panggang dengan api kecil.jangan buka oven sampai kue terlihat kuning.
aku kemaren hingga hampir 2 jam....xixixi....kayaknya apinya kekecilan dan takut bener kueku nggak mateng.api yang terlalu panas akan menyebabkan permukaan cake pecah.
Permukaan Cheese Cake yang retak ini karena suhu oven yang terlalu panas. Suhu oven untuk Cheese Cake yang dipanggang Au bain marie sekitar 150C-160C selama 60-75 menit. Tapi kalau masih belum matang,trikku adalah 30 menit pertama dipanggang dengan suhu 180C,setelah itu suhu aku turunkan ke 160C untuk mencegah permukaan retak akibat oven yang terlalu panas. Suhu oven ini tergantung dengan jenis ovennya,karena itu pelajari dan pahami oven masing-masing.

slamat mencoba ya.....................................^_^

0 comments on "Cheddar Cheese Cake"

Post a Comment