Powered by Blogger.
RSS

Monday, September 20, 2010

bolu gulung

Posted by mimie at 7:18 PM 0 comments Links to this post

nggak ada yang buat cemilan...hmmmmm.....buat apa ya...?
jadi pengen aja buat sesuatu yang manis2 gitu....semanis yang buat...ekekkekekke..*eits...nggak boleh protes...^_^.*
pilihan jatuh ke bolu gulung.......hmmmmmmm.....bayangin aja...udah ngences.......
sippppppp.......ngublek2 sebentar......tringggggg....jadilah dua buah bolu gulung yang super jumbo.....
bujug buneng...seumur2,baru kali ini buat bolgul sesukses ini......gede banget.....padahal resepnya sama...........

tak share ya resepnya......^_^
cekidottttt...

bolu gulung

bahanya:
6 butir telur
125 gr gula halus
1 sdt sp
125 gr terigu...(kalau mau rasa coklat,kurangi terigu 25 gr,ganti dgn coklat bubuk)
100 gr mentega dicairkan
1 sdm susu bubuk
selai strabery/blubery

cara membuatnya:

1.kocok telur dan gula ,sp ,hingga kembang
2.masukkan terigu,susu bubuk aduk melipat hingga rata menggunakan spatula
3.masukkan mentega cair aduk rata
4.masukkan ke loyang yang telah dialasi kertas roti
5.panggang dengan api besar (15 menit) hingga permukaan kue kering(jika di tekan tidak berbunyi nyes..nyes)
6.setelah matang angkat,potong bagian pinggirnya
7.panas2 gulung.lepaskan gulungan.olesi dengan selai
8.gulung kembali.dan simpan di lemari es sebentar.

tips:
di panggang dengan api besar supaya kue matang tapi tidak kering.
karna semakin tipis kue yg kita buat,semakin sebentar waktu memanggangnya.

untuk resep di atas itu 6 telur....kalau mau buat dr 5 telur....terigu dan gulanya jadi 100 gr.

oklah plenn......selamat mencoba ya.......
hwaiting....................^_^

Wednesday, September 15, 2010

mpek-mpek palembang

Posted by mimie at 7:55 PM 2 comments Links to this post

makanan khas dari sumatra selatan yang emang endang gurindang.banyak sih resep yang beraneka ragam.aku udah nyoba macem2 resep...ada yang hasilnya keras bedengkang....kalau ntuk lempar maling,bisa semaput......ada juga yang dalemnya nggak mau mateng.....pokoknya udah berapa kali gagal lah......dr resep di tabloid.....ampe resep tetangga.....ta' coba semua.......

ada juga tetangga yang jago banget buatnya...tapi.....huhuhu....pelit banget ama ilmunya.....
behh.....tambah penasaran aku.......
ahirnya.....dapet juga resep yang pas.....dan setelah nyoba beberapa kali......ku dapat cara yang pas biar mpek2nya nggak keras dan rasanya ajib........

karna ilmu itu salah satu yang di hisaf di aherat....makanya aku share resepnya ya.....
cekidotttttttt

mpek-mpek palembang

bahanya:

500 gr ikan tengiri (terserah mau pake ikan apa)
200 gr tepung terigu
5 siung bawang putih
500 gr tepung kanji(tergantung adonan bila masih lembek dapat di tambah)
1 butir putih telur
penyedap rasa secukupnya
garam secukup rasa
air mendidih secukupnya (maaf nggak pernah ku ukur)
4 butir telur kocok buat isian

cara membuat:
1. giling daging ikan bersama bawang putih,garam,penyedap rasa dan putih telur hingga lembut sisihkan.
2. di tempat lain ,taroh terigu di kom (wadah) siram dengan air mendidih hingga menjadi adonan bubur kental (seperti adonan lem)
3.masukkan campuran ikan aduk hingga benar2 rata
4. masukkan tepung kanji ,hingga menjadi doh yang kalis.jangan keras.buat sedikit agak lunak.
5. balur tangan dengan tepung kanji.mulai membentuk.jika ingin buat mpek2 kapal selam,isi dengan telor sekitar satu sendok makan telur kocok.jika ingin lenjer,tinggal buat bentuk lonjong2 saja.rebus hingga mengapung.
6. setelah mengapung angkat dan masukkan ke dalam kom yang berisi air dingin(airnya di tambah sedikit minyak biar nggak lenggket)
7. tiriskan dan goreng hingga matang.....

bahan cuka:

1. 250 gram Gula aren

2. 50 gram Asam jawa, hindari memakai cuka dapur

3. 750 ml air

4. 5 siung Bawang Putih, cincang halus

5. 2 sdm ebi, dihaluskan

6. 1 sdt garam

7. 10 s/d 20 buah cabai rawit, dihaluskan (tergantung selera pedas).

Cara membuatnya:

1. Didihkan gula aren (merah), asam jawa, air lalu saring.

2. Masukkan bawang putih, ebi, cabe rawit dan garam, didihkan kembali lalu angkat.

3. Cuka sudah siap dihidangkan bersama pempek.

selamat mencoba ya..........

hwaiting.............


Tuesday, September 14, 2010

minal aidin walfaizin .........

Posted by mimie at 9:10 AM 0 comments Links to this post
mpek mpek palembang.....resep nyusul ya...

brownies kukus full coklat

black forest cake....masih belum mahir...belepotan...^_^


aidil fitri 2010.....1431 H
saya beserta keluarga mengucapkan selamat hari raya aidil fitri 1431 H....mohon maaf lahir dan batin.....


lebaran ini ,aku buat blackforest dan mpek2 palembang......huhuhu...sedikit mubazir ...kebanyakan.....tapi nggak papa......setaon sekali ma..*bacanya pake logat mei-mei,upin ipin *
ini nih penampakanya...masih rada belepotan...tp rada lumayan dr yg sudah2.........^_^


Saturday, September 4, 2010

sentiling nanas

Posted by mimie at 3:30 PM 0 comments Links to this post

perpaduan rasa nanas dan ubi ......nggak pernah kebayang kan ? jangan di kira ubi trus..kepikiran *ah ubi *......jangan salah ,...kue yang satu ini endang gurindang...buatnya gampang dan nggak pake mahal.....
cucok buat pilihan berbuka puasa atau cemilan.......

ta' share resepnya ya......cekidotttttttt.....

bahan:
1 kg ubi,parut
250 gr gula pasir
1/2 bungkus agar2
1 buah nanas yang sedang ukurannya,parut/blender
sedikit garam
sedikit pewarna orange

kelapa ambil putihnya ,kukus untuk taburan.

cara :
campur semua bahan jadi satu.lapisi loyang dengan plastik dan kukus hingga matang.
jangan lupa lapisi dandang dgn lap kain agar uap air tidak masuk ke adonan.
sebaiknya kue ini di biarkan hingga benar2 dingin,baru di potong.
taburi kelapa yang telah di kukus.

selamat mencoba ya......
semangatttttt.....^_^

Thursday, September 2, 2010

step by step nastar mawar...

Posted by mimie at 2:09 PM 0 comments Links to this post





step by step.....
1.bulat2kan selai nanas hingga membentuk bola kecil
2.bulatkan adonan
3.isi dgn selai
4.mulai membentuk.sepit bagian paling atas membentuk 3 kelopak(berbentuk segitiga)
5.buat 4 kelopak di barisan kedua.
6.buat kelopak di barisan ketiga hingga membentuk 3 lapis kelopak

selamat mencoba......

semangat.....^_^

nastar mawar....

Posted by mimie at 12:55 PM 0 comments Links to this post



nastar ini bagiku sangat istimewa.karna usaha untuk mendapatkan resep yang pas dan cara yang tepat memerlukan waktu lama....satu taon bo.......ya iyalah.....hehee....wong buatnya asal deket mo hari raya doang......howalalahhhhh.....


perlu ketelatenan dan kesabaran luar biasa......baru bisa menghasilkan mahakarya yang spektakuler ini.....hihihi.....bahasaku.....

wes lah....dari pada kalian mulai pening baca tulisannku yang mulai ngawur.....
step by stepnya aku pernah postingin di sini....  
nastar ini jangan terlalu di kocok mixer terlalu berlebihan. cukup mengocok mentega dan gula sekedar tercampur rata saja. 
supaya nastarnya tidak melebar ketika di oven.
dan sebaiknya di masukkan ke kulkas sebentar. tujuannya agar menteganya tidak mencair apabila kena tangan ketika di cetak nantinya.
nih...ta' share resepnya.......cekidot......

bahannya:

bahan selai nanas
1 butir nanas,parut/blender
200 gr gula
sedikit kayu manis(jika suka)
masak hingga kental dan agak keras.masukkan kulkas dan bentuk bulat2 kecil

bahan nastar:
250 gr mentega
50 gr butter(mentega tong)
75 gr gula halus
2 kuning telur
20 gr maizena
25 gr susu bubuk
350 gr terigu

bahan olesan;
1 btr kuning telur+ 1 sdt susu kental manis+ pewarna orange secukupnya

cara membuat:

1.kocok mentega dan gula asal tercampur rata
2.masukkan kuning telor kocok asal rata
3.masukkan terigu,maizena dan susu bubuk.aduk hingga kalis menggunakan sendok kayu
4.bentuk bunga mawar,tata di loyang
5.panggang setengah matang
6.keluarkan oles kuning telur dan panggang kembali hingga matang.



selamat mencoba.....
semangat ya.......hwaiting............